Cara Transfer SMS Banking BRI dan Alasan Menggunakan Layanan Tersebut

  • Whatsapp
Cara Transfer SMS Banking BRI

Cara Transfer SMS Banking BRI – Saat ini proses transaksi rekening Bank BRI semakin dimudahkan. Pasalnya, kamu tidak perlu lagi repot-repot ke ATM atau kantor cabang BRI terdekat ketika ingin transfer uang. Sebab, kamu bisa melakukannya dari rumah melalui SMS Banking BRI.

Dalam rangka memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi, pihak Bank BRI menyediakan layanan SMS Banking. Cukup dengan menggunakan smartphone, kamu selaku nasabah bisa mentransfer uang ke sesama BRI maupun bank lainnya.

Read More

Hanya saja, kamu baru bisa menggunakan layanan SMS Banking BRI setelah mengaktifkan layanan tersebut terlebih dahulu. Lantas bagaimanakah cara mengaktifkannya? Yuk simak detail ulasannya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Layanan SMS Banking BRI

Cara Transfer SMS Banking BRI

Untuk mengaktifkan layanan SMS Banking BRI, kamu bisa menempuh salah satu cari dua cara di bawah ini :

Melalui Kantor Cabang BRI

Solusi pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan layanan yang disebutkan di atas adalah dengan mendatangi kantor Cabang BRI secara langsung. Nantinya pihak Bank BRI akan membantu kamu untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Sebelum mendatangi kantor Cabang BRI, kamu harus mempersiapkan syarat-syarat berikut ini :

  • Fotocopy KTP yang masih berlaku.
  • Fotocopy kartu ATM BRI.
  • Membawa buku rekening (Buat jaga-jaga barangkali dibutuhkan).
  • Nomor ponsel yang didaftarkan.

Setelah tiba di kantor Cabang BRI dengan membawa semua persyaratan di atas, tentu saja kamu harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu dan menunggu sampai nama kamu dipanggil. Setelah dipanggil, kamu tinggal menyampaian kepada pihak bank atau customer service yang melayani bahwa kamu ingin mengaktifkan layanan SMS Banking.

Setelah itu, kamu tinggal menunggu pihak bank mengaktifkan layanan tersebut. Tidak lama kok, hanya beberapa menit saja setelah kamu dilayani.

Melalui ATM BRI

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan layanan SMS Banking BRI adalah dengan mengaktifkannya melalui ATM. Jadi, kamu hanya perlu mendatangi mesin ATM dan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, masukkan terlebih dahulu kartu ATM kamu.
  • Selanjutnya login dengan memasukkan PIN ATM.
  • Setelah login, pilihlah menu “Transaksi lainnya” dan pilihlah menu “Registrasi”.
  • Lanjutkan dengan memilih menu “SMS Banking”.
  • Selanjutnya, masukkan nomor ponsel yang nantinya kamu gunakan untuk transaksi SMS Banking.
  • Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk mengisi PIN sebanyak 6 digit.
  • Selesai.

Setelah kamu selesai melakukan langkah-langkah di atas, akan muncul struk berisi informasi kalau kamu telah berhasil melakukan pendaftaran SMS Banking. Setelah selesai mengaktifkannya, tentu kamu sudah bisa menggunakan layanan SMS Banking untuk melakukan transaksi ke sesama Bank BRI atau bank lainnya tanpa harus repot-repot mendatangi mesin ATM atau ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

Bagaimana Cara Melakukan Transfernya?

Cara Transfer SMS Banking BRI

Setelah layanan SMS Banking BRI sudah kamu aktifkan, sekarang saatnya kamu menggunakannya untuk bertransaksi. Salah satu layanan yang seringkali dilakukan menggunakan SMS Banking BRI adalah transfer uang.

Terlebih lagi di masa sekarang ini, di mana orang-orang lebih senang berbelanja secara online. Jika kamu termasuk orang yang terlibat dalam jual beli online baik sebagai penjual atau pembeli, tentu transaksi transfer uang akan semakin mudah dan cepat jika dilakukan menggunakan SMS Banking. Karena jika kamu hanya mengandalkan transfer melalui ATM, bisa dibayangan betapa repotnya kamu karena harus bolak-balik mendatangi mesin ATM jika melakukan transaksi lebih dari sekali dalam sehari.

Baiklah, untuk transfer uang menggunakan layanan SMS Banking BRI, kamu hanya perlu mengikuti tutorial yang akan saya sebutkan di bawah ini :

Cara Transfer Ke Sesama BRI

Jika kamu ingin mentransfer ke sesama Bank BRI menggunakan layanan SMS Banking BRI, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Ketikkan format : TRANSFER<spasi>BRI(No Rek Tujuan)<spasi>Nominal<spasi>PIN di fitur SMS ponsel kamu. Contoh : TRANSFER BRI321456768 150000 234467
  • Lanjutkan dengan mengirim format SMS tersebut ke nomor 3300.

Cara Transfer Ke Bank Lain

Untuk kebutuhan transfer SMS Banking BRI ke rekening bank lainnya, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Ketikkan format : TRANSFER<spasi>KodeBankTujuan+NoRekening<spasi>Nominal<spasi>PIN di fitur SMS ponsel kamu. Contoh : TRANSFER 0083214567890 200000 234467
  • Lanjutkan dengan mengirim format SMS tersebut ke nomor 3300.

Demikianlah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan jika ingin mentransfer uang menggunakan SMS Banking BRI ke sesama Bank BRI atau rekening lainnya.

Oh ya, selain untuk kebutuhan transfer, tentu saja masih banyak lagi aktifitas yang bisa kamu lakukan menggunakan layanan SMS Banking tersebut, di antaranya adalah melakukan pengecekan saldo, pembelian token listrik, pengisian pulsa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Artikel lain terkait Bank BRI :

Mengapa Harus Menggunakan Layanan SMS Banking BRI?

Pertanyaan di atas mungkin pernah terbetik di benak kamu. Wajar sih kalau kamu menanyakannya. Pasalnya,  tidak mungkin kamu menggunakan sebuah layanan tertentu tanpa mengetahui tujuan penggunaannya. Jika tidak mengetahui alasannya, bagaimana mau mencari tahu cara transfer SMS Banking BRI?

Salah satu alasan utama mengapa orang lebih senang menggunakan layanan SMS Banking BRI tidak lain karena kemudahan yang didapatkan ketika menggunakan layanan tersebut. Bayangkan saja jika kamu hanya mengandalkan transfer melalui kantor cabang Bank BRI. Betapa repotnya jika kamu harus bolak-balik ke kantor cabang setiap kali ingin mentransfer uang atau melakukan aktifitas lainnya.

Tidak jauh berbeda dengan penggunaan kartu ATM, meskipun masih jauh lebih mudah dibandingkan harus mendatangi kantor cabang Bank BRI. Hanya saja, kamu masih harus keluar rumah dan mendatangi mesin ATM untuk bisa bertransaksi.

Bayangkan betapa repotnya ketika kamu harus bolak-balik ke mesin ATM, khususnya ketika hujan lagi turun, cuaca sedang dingin, atau kondisi tengah malam.

Berbeda halnya jika kamu menggunakan layanan SMS Banking BRI, di mana kamu hanya memerlukan perangkat smartphone dan jaringan internet yang stabil untuk melakukannya. Di manapun berada, kamu bisa transfer uang atau melakukan transaksi lainnya selama kamu memiliki smartphone dan jaringan internet yang stabil.

Meskipun harus melakukan banyak transaksi dalam sehari, kamu bisa melakukannya dengan mudah dan tidak terbebani harus ke luar rumah. Tentu ini merupakan kemudahan yang sayang jika dilewatkan bagi kamu yang merupakan nasabah Bank BNI.

Alasan lainnya mengapa kamu perlu menggunakan layanan SMS Banking BRI tidak lain karena proses transaksinya cepat. Bagi kamu yang terjun ke dalam bisnis online yang membutuhkan proses transaksi cepat, tentu keberadaan layanan ini sangatlah penting.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan mengenai cara transfer SMS Banking BRI dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Keberadaan SMS Banking merupakan salah satu komitmen dari pihak BRI untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya. Oleh karena itu, sayang sekali jika kamu selaku nasabah BRI tidak memanfaatkan layanan tersebut, khususnya di era digital saat ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *