Telegram Rilis Pembaruan Versi 8.0.1, Hadirkan Fitur – Fitur Baru Yang Menarik

  • Whatsapp
Fitur Baru Telegram

Pembaruan yang dirilis oleh Telegram hampir selalu datang dengan fitur baru yang menarik, sama seperti pembaruan Telegram versi 8.0.1. yang baru saja hadir. Versi terbaru ini menghadirkan tema obrolan yang disinkronkan mirip Facebook Messenger, emoji interaktif, tanda terima baca mengalami peningkatan, serta pilihan untuk merekam secara streaming langsung.

Fitur Baru Telegram Versi 8.0.1

Fitur Baru Telegram

Obrolan One-to-one

Ini merupakan opsi untuk menerapkan tema baru yang terpisah dari opsi tema aplikasi sehingga hanya akan merujuk pada satu obrolan individual. Telegram telah menyiapkan total delapan tema baru yang dapat diterapkan pada percakapan one-to-one. Masing-masing tema dilengkapi dengan gelembung pesan gradien, latar belakang animasi, dan pola latar belakang yang unik.

Read More

Nantinya, ketika satu pengguna menerapkan sebuah tema maka tema tersebut juga akan tampil dalam kolom chat teman obrolan mereka. Jelas ini akan membuat sepasang pengguna lebih merasa terhubung dan juga membantu pengguna menghindari pengiriman pesan sensitif secara tidak sengaja ke obrolan yang salah. Setiap tema hadir dengan versi siang dan malam dan dapat diatur dengan mengetuk tajuk obrolan dan kemudian menu tiga titik, di mana pengguna akan menemukan opsi Ubah Warna baru.

Tema obrolan bukan satu-satunya hal yang ingin disinkronkan Telegram antara pengguna dan teman obrolannya. Ketika keduanya online, kedua pengguna dapat saling berbagi animasi emoji layar penuh satu sama lain, lengkap dengan animasi getaran.

Obrolan grup

Untuk obrolan grup, versi terbaru Telegram ini menghadirkan tanda terima baca yang lebih baik. Seperti sebelumnya, pesan grup ditandai sebagai telah dibaca dengan dua tanda centang setelah hanya satu anggota grup yang melihatnya. Namun sekarang, Anda juga dapat mengetuk dan menahan pesan untuk melihat siapa yang sebenarnya telah melihat pesan dan siapa yang belum. Telegram juga akan menghapus tanda terima baca ini secara otomatis setelah tujuh hari karena alasan privasi.

Telegram juga telah menambahkan sebuah opsi untuk merekam streaming langsung dan obrolan video. Fitur ini akan memberikan anggota yang absen pada sebuah acara untuk mengejar ketertingglan. Hanya admin grup yang dapat memulai perekaman, dengan opsi untuk hanya menyimpan audio atau video dan audio.

Sebelum memulai merekam, admin grup harus memilih orientasi untuk file video, potret, atau lanskap. Ketika merekam, titik merah akan muncul di sebelah judul siaran dan setelah acara selesai, file akan disimpan dan secara otomatis untuk kemudian diunggah ke dalam pesan yang disimpan oleh admin.

Baca Juga:

Hal teknis lain

Pendiri Telegram, Pavel Durov, dalam sebuah rilisan juga mengungkapkan bahwa versi Telegram terbaru ini merupakan kali pertama yang menggunakan arsitektur penyimpanan 64-bit untuk obrolan, pesan, dan skrip. Ini disebabkan karena Telegram telah dengan cepat mendekati jumlah maksimum ID 32-bit, yaitu sekitar 2,1 miliar.

Dengan hal tersebut, versi terbaru akan memungkinkan aplikasi obrolan untuk terus berkembang, karena memberi ruang bagi lebih banyak pengguna dan grup. Efek samping dari pembaruan ini adalah Telegram harus membangun kembali basis data lokalnya di ponsel Anda untuk bekerja dengan sistem 64-bit yang baru.

Itulah sebabnya mungkin perlu satu atau dua menit hingga aplikasi siap digunakan ketika pengguna pertama kali membukanya setelah pembaruan. Telegram juga sedang menyelidiki beberapa masalah koneksi yang dilaporkan pengguna Android setelah pembaruan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *