Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Yang di Hack

  • Whatsapp
Mengembalikan Akun Whatsapp Yang di Hack

Sobat! Akun Whatsapp sobat di hack dan melakukan hal-hal yang tidak mengenakan? Sobat harus ambil alih akunnya kembali! Sobat bisa simak cara mengembalikan akun Whatsapp yang di hack pada pembahasan di bawah ini!!

Saat in sedang ramai-ramainya rumor bahwa whatsapp akan dan sudah menjual data pribadi para penggunanya. Tentu ini menjadi pertimbangan banyak penggunanya apakah ingin tetap lanjut atau hijrah ke platform lain.

Read More

Di situasi begini, ada saja oknum yang iseng memanfaatkan kepanikan pengguna awam yang masih kurang mengerti. Oknum tersebut mengambil alih Whatsapp pengguna melalui verifikasi yang dikirimkan. Dan pengguna yang belum mengerti malah meng-iyakan.

Tentu whatsapp merupakan komunikasi utama kebanyakan pengguna smartphone di Indonesia. Hal ini memang wajar, karena whatsapp sendiri memberikan kemudahan dengan fitur-fiturnya yang membantu. Tapi jika sobat saat ini sedang mengalami akun yang kena hack, sobat bisa langsung simak ulasan cara mengembalikan akun whatsapp yang di hack di bawah ini!

Apa Ciri-Ciri WhatsApp yang Ingin dan Sudah di Hack?

Mengembalikan Akun Whatsapp Yang di Hack

Sobat Airmod perlu ketahui, bahwasanya pada beberapa kasus terdahulu terdapat Ciri-ciri whatsapp yang akan di hack maupun yang sudah di hack. Biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WA.

Nah isi pesan tersebut kira-kira seperti ini:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.”

Setelah pesan tersebt, nantinya langsung muncul pop up d layar whatsapp seperti itu, dan pada bagian bawah akan tersedia dua opsi yaitu “verifikasi” atau “Ok”.

Kuncinya adalah disini! Jika sobat memilih opsi “Ok” maka secara otomatis mau tidak mau akun WhatsApp sobat akan beralih ke hacker atau oknum yang jail tersebut.

nah sebaliknya, jika memilih opsi kedua yaitu “verifikasi”, maka WhatsApp akan mengirimkan sobat kode atau pin kira-kira 6 digit ke SMS sobat. Disini sobat AirMod dapat memasukkan atau meng-input pin atau kode tersebut di kolom yang tersedia di Whatsapp, dan sobat dapat mengambil alih akun sobat secara otomatis!

Ada juga ciri-ciri lainnya, yang mana menurut pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto yang di wartakan Kumparan.com, pengguna Whatsapp harus memastikan apakah perangkat mereka bebas dari spyware atau tidak, sebelum pengguna masuk kembali ke akun WhatsApp.

“Untuk sadar atau enggak (adanya spyware), cara paling gampang itu monitor penggunaan data kita harian,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan, lonjakan penggunaan internet itu disebabkan oleh upload data secara otomatis dari aplikasi spyware di ponsel pengguna ke server milik hacker.

Maka dari itu, pengguna bisa mengecek riwayat penggunaan data internet melalui Pengaturan > Data > Riwayat Penggunaan Data.

Jika pengguna dirasa menemukan ada lonjakan data internet yang tidak wajar dan tidak dirasakan sebelumnya, besar kemungkinan HP pengguna telah tertanam spyware.

Dengan demikian, Teguh menganjurkan agar melakukan reset factory (reset pabrik) sebelum masuk kembali ke akun WhatsApp kembali. Memang apa tujuannya? Tujuannya sendiri agar hp sobat bebas dari aplikasi spyware yang terinstal di ponsel. Nah untuk cara mengembalikan akun whatsapp yang di hack, di bawah ini penjelasannya.

Bagaimana Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang di hack?

Mengembalikan Akun Whatsapp Yang di Hack

Menurut pakar dari firma keamanan siber Vaksincom, Alfons Tanujaya, ada tiga tahapan sederhana untuk Sobat mengembalikan kembali akun yang telah dibajak hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Caranya simpel. Pertama install ulang WhatsApp. Kedua, masukkan nomor HP Anda. Ketiga, ketika terima SMS notifikasi segera disetujui untuk mengambil kembali akun Anda. Akun akan otomatis kembali dan logout dari perangkat lain,” kata Alfons, kepada kumparan, Rabu (13/5).

Nah lebih jelasnya, berikut langkah-langkah sobat untuk mengembalikan akun Whatsapp sobat yang dibajak, silahkan ikuti ya :

  • Pertama, silahkan sobat buka WhatsApp di HP sobat
  • kemudian, sobat bisa Login dengan nomor telepon yang telah didaftarkan.
  • pastikan nomor tersebut aktif dan dapat di hubungi ya! Karena nomor tersebut untuk menerima verifikasi.
  • Nah jika sudah, silahkan sobat masukkan kode 6 digit yang WhatsApp kirim ke SMS untuk verifikasi nomor.
  • Yup, maka secara otomatis oknum yang membajak atau meretas akun Whatsapp sobat akan kehilangan akses ke akun sobat. disini sobat sudah mengambil alih akses akun Whatsapp.
  • Silahkan sobat amankan akun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah (2-step authentication).
  • Selesai!

Tips Menjaga WhatsApp Agar Tidak Mudah di Hack

Mengembalikan Akun Whatsapp Yang di Hack

Sobat AirMod! Agar WhatsApp tetap aman untuk digunakan dan dijauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan yang di lakukan oleh hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab, silahkan coba tips-tips yang kami berikan berikut ini :

  • Tidak mengakses web berisi konten tidak jelas dengan embel-embel memasukkan data untuk mendapat reward.
  • Tidak Menginstall aplikasi yang tidak resmi dan tidak jelas kegunaannya
  • Bisa abaikan jika ada pesan masuk untuk verifikasi, jika bukan dengan pihak whatsapp resmi. Jangan sesekali klik OK jika bukan dari kita sendiri yang memindahkan akun Whatsappnya.
  • Jika mendaftar salah satu aplikasi yang membutuhkan kode OTP / verfikasi, jika saat melakukan verifikasi mereka mengirimkan Kode OTP lewat whatsapp. Jangan pernah membagikan kode OTP kepada orang lain.
  • Kunci ganda perangkat, bisa menggunakan PIN, Sidik Jari, dan sebagainya.
  • Selalu Log out setelah menggunakan whatsapp web di komputer atau laptop. Terutama computer di public misal warnet, perpustakaan, ataupun lab computer sekolah atau kampus.
  • Tidak menggunakan Whatsapp MOD.

Berikut tips yang kami berikan yang kebanyakan penyebab dari adanya serangan hacker ke berbagai akun Whatsapp pengguna melalui celah yang dibuka oleh penggunanya sendiri.

Sobat bisa membaca trik Whatsapp lainnya seperti Cara Mengganti Nomor Whatsapp dan mengetahui apa itu GB WhatsApp di artikel beberapa waktu lalu.

Akhir Kata

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan cara mengembalikan akun Whatsapp yang di hack? Silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya serta kenali pencegahannya melalui tips yang kami berikan ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments