Cara Back up yang Benar dan Manfaatnya Bagi Tubuh

  • Whatsapp
cara Back up

Cara Back up yang Benar – Salah satu gerakan olahraga yang sangat bermanfaat untuk menguatkan otot pinggang dan perut adalah back up. Jenis gerakan yang satu ini sangat penting dilakukan oleh siapapun yang membutuhkan kekuatan otot pinggang dalam beraktivitas, misalnya pemain bulu tangkis dan bola voli.

Tentunya gerakan yang satu ini tidak hanya dibutuhkan oleh para pemain dari kedua cabang olahraga yang disebutkan di atas. Sobat yang memiliki lemak berlebih di bagian perut dan pinggang sangat butuh untuk melakukan gerakan back up. Pasalnya, gerakan ini terbukti efektif membakar lemak di perut dan menguatkan otot perut.

Read More

Back up adalah olahraga yang dilakukan dengan posisi tengkurap, dengan meletakkan kedua tangan di kepala. Setelah itu, tubuh bagian depan diangkat bersamaan dengan kedua kaki bagian belakang, lalu dikembalikan ke posisi semula.

Manfaat Melakukan Olahraga Back up

Jika latihan back up dilakukan dengan gerakan benar dan rutin, sobat akan merasakan manfaatnya yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Lantas apa sajakah manfaatnya? Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Salah satu manfaat yang akan sobat rasakan setelah melakukan cara back up yang benar secara rutin adalah menjaga kesehatan tubuh. Sebab, olahraga ini membutuhkan tenaga untuk melakukannya, sehingga keringat akan membanjiri tubuh sobat. Saat itu terjadi, tubuh sobat akan terasa lebih segar dan bugar. Selain itu, kualitas tidur juga akan mengalami peningkatan.

Mengecilkan Perut Bagian bawah

Sobat dibuat pusing tujuh keliling dengan perut bagian bawah yang membuncit? Jika iya, coba deh sobat melakukan gerakan back up yang benar secara rutin. Sebab, gerakan back up akan memperkuat otot di bagian pinggang dan menyebabkan terjadinya pembakaran lemak pada perut bagian bawah. Lambat laun akan terasa perut bagian bawah sobat mulai mengecil.

Membakar Lemak Seluruh Tubuh

Meskipun tekanan yang diberikan pada gerakan yang satu ini lebih terfokus di bagian perut dan pinggang, tetapi proses pembakaran lemak juga akan terjadi di seluruh bagian tubuh. Oleh karena itu, bagi sobat yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih, melakukan gerakan back up merupakan salah satu cara untuk mengatasinya.

Mengecilkan Perut Bagian Samping        

Sudah disinggung sebelumnya di atas kalau melakukan cara back up yang benar dan rutin akan menguatkan otot di bagian pinggang. Hal itu tentu saja akan terwujud setelah terjadinya pembakaran lemak yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengecilkan perut bagian samping adalah dengan melakukan gerakan olahraga yang satu ini.

Mengencangkan Otot

Saat berat badan sobat menurun drastis, otomatis kulit akan mengendur akibat kehilangan cadangan lemaknya selama ini. Nah, salah satu solusi terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan olahraga back up yang benar.

Jika sobat mengetahui cara melakukan back up yang benar dan mampu melakukannya secara rutin, otomatis berat badan akan berkurang dan otot akan mengencang, bukan mengendur.

Membentuk Otot-otot Tubuh

Melakukan gerakan olahraga yang satu ini tidak hanya bermanfaat membantu mengencangkan otot, tapi juga membentuknya. Sebagai seorang pria, tentu sobat ingin memiliki tubuh dengan otot-otot yang kencang bukan? Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan olahraga back up dengan benar dan teratur.

Mencegah Osteoporosis

Salah satu gangguan kesehatan yang seringkali dialami oleh orang yang sudah berusia lanjut adalah osteoporosis atau tulang rapuh. Untuk mencegahnya, sobat perlu mengonsumsi makanan yang memiliki kaya akan zat besi.

Selain itu, berolahraga secara rutin dan teratur juga merupakan salah satu cara yang bisa sobat tempuh. Dari sekian banyak jenis olahraga, melakukan gerakan back up merupakan salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Meningkatkan Metabolisme

Manfaat lain yang bakal sobat dapatkan dari melakukan gerakan olahraga yang satu ini adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembakaran lemak yang berlangsung sempurna.

Melancarkan Peredaran Darah

Gumpalan lemak di dalam tubuh sangat mengganggu kelancaran peredaran darah di dalam tubuh. Untuk mengatasinya, berolahraga secara rutin dan teratur merupakan pilihan yang tepat. Nah, salah satu olahraga yang tepat untuk sobat lakukan untuk itu adalah melakukan back up dengan benar dan teratur.

Keseimbangan Tubuh

Tubuh yang seimbang akan menjadikan seseorang senantiasa dalam keadaan fit. Saat keseimbangan tubuh berkurang, akan menimbulkan efek negatif berupa rasa pusing dan tubuh terasa ringan. Oleh karena itu, sobat perlu menyeimbangkan kembali kondisi tubuh.

Selain istirahat yang cukup, berolahraga secara rutin dan teratur juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengembalikan kesimbangan tubuh. Nah, melakukan gerakan back up termasuk salah solusi yang tepat bagi sobat.

Baca Juga : Pengertian Lari Jarak Pendek dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Cara Back Up yang Benar

Sebagaimana yang telah disinggung di atas bahwa manfaat gerakan ini bagi kesehatan tubuh hanya bisa sobat dapatkan jika mengetahui cara back up yang benar dan melakukannya secara rutin. Selain itu, melakukannya dengan benar juga akan membantu mencegah terjadinya cedera.

Adapun detail cara back up yang benar untuk sobat lakukan adalah sebagai berikut :

Sikap Awal

Sikap awal yang harus dilakukan untuk melakukan gerakan olahraga yang satu ini adalah dengan memposisikan badan telungkup di atas matras atau alas lainnya. Pastikan badan dan kedua kaki sobat dalam keadaan lurus.

Selanjutnya letakkan kedua tangan sobat di atas kepala, atau bisa juga menekuk kedua siku sehingga ujung tangan masing-masing memegang pelipis kiri dan kanan.

Gerakan Back Up

Setelah melakukan sikap awal, sobat hanya perlu melanjutkan gerakan tersebut dengan mengangkat dada dan kedua kaki secara bersamaan. Tahan beberapa saat sebelum kembali ke posisi semula. Sobat juga bisa mengangkat badan tanpa harus mengangkat kedua kaki. Jadi posisi kedua kaki tetap lurus di belakang.

Turunkan Badan

Setelah melakukan gerakan back up yang telah disebutkan pada poin no.2, sobat hanya perlu menurunkan badan sehingga kembali ke posisi semula.

Ulangi Gerakan

Setelah sobat melakukan gerakan yang disebutkan di atas, tinggal ulangi lagi selama beberapa kali. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang kamsimal. Ingat, jangan berlebihan agar sobat tidak mengalami cedera.

Selain melakukan cara back up dengan benar sebagaimana yang telah disebutkan di atas, sobat juga perlu memperhatikan beberapa hal penting yang tidak boleh diabaikan. Di antaranya adalah selalu melakukan pemanasan sebelum melakukan back up, tidak melakukannya dalam keadaan dehidrasi, serta selalu memastikan posisi tubuh dan kaki betul-betul lurus.

Akhir Kata

Demikianlah tata cara back up dengan benar dan manfaatnya yang sangat banyak bagi kesehatan tubuh. Tentu sobat tidak kesulitan lagi melakukan gerakan olahraga yang satu ini bukan? Sobat hanya perlu melakukannya secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *