Berita  

13 Daftar Merk dan Harga Set Top Box TV Digital Rekomendasi Kominfo

Set Top Box TV Digital

Set Top Box TV Digital atau disingkat dari STB sekarang ini menjadi buruan masyarakat Indonesia, bagiamana tidak, sekarang untuk menonton TV harus mamiliki perangatk STB untuk menangkap sinyal digital.

Siaran TV analog resmi diberhentikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Oleh karena itu, masyarakat dihimbau untuk segera bermigrasi ke TV digital sehingga masyarakat wajib memiliki STB TV Digital. Pemerintah juga menghimbau stasiun TV yang masih menyiarkan TV analog agar bekerjasama dalam hal ini.  

Meskipun pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan tersebut, bukan berarti masyarakat harus TV baru. Tidak ada keharusan seperti itu, disebabkan TV analog yang lama bisa dipasangkan dengan perangkat Set Top Box (STB) agar bisa menampilkan siaran ke TV digital. Kualitas siaran yang ditampilkan juga tidak mengecewakan.

Selain itu pemerintah juga memiliki program membagikan Set Top Box TV Digital secara gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Nah untuk yang tidak menadpatkan STB gratis tersebut, sudah banyak merek STB TV Digital yang dipasarkan baik online ataupun Offline. Berikut ini kami rekomendasikan daftar Set Top Box TV Digital Terbaik yang sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah khususnya Kominfo.

Daftar Set Top Box yang Telah Disertifikasi Kominfo

Set Top Box TV

Sebaiknya STB yang digunakan sudah mendapatkan sertifikasi dari Kominfo. Setidaknya saat ini sudah terdapat 13 merk STB TV digital yang disertifikasi oleh Kominfo.

Tidak sulit kok untuk menemukan STB bersertifikasi tersebut, karena sudah banyak tersedia di pasaran. Saat ini. Tinggal beli saja secara offline maupun online. Harga yang ditawarkan juga cukup bervariasi.

Dikutip dari Indonesia Baik, Kamis (3/11/2022), berikut daftar merk STB yang telah disertifikasi oleh Kominfo :

  • STB TV Digital Venus Brio (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 150 ribu).
  • STB Nextron TR 1000 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 220 ribu).
  • STB Tanaka T2 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 165 ribu).
  • STB Akari ADS168 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 229 ribu).
  • STB Nexmedia NA1300/DVBT2 MPEG4 HD (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 185 ribu).
  • STB Evercoss STB1 (Harga jualnya saat ini berkisar 149 ribu).
  • STB Akari ADS2230 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 230 ribu).
  • STB Nextron NT2000D (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 220 ribu).
  • STB Evinix H1 185 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 190 ribu).
  • STB Polytron PDV 600T2 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 200 ribu).
  • STB Ichiko 8000HD (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 300 ribu).
  • STB Matrix Apple (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 170 ribu).
  • STB Akari ADS210 (Harga jualnya saat ini berkisar Rp 230 ribu).

Perlu diketahui bahwa tujuan Kominfo memberikan sertifikasi perangkat STB siaran TV digital ini agar  STB yang digunakan nantinya bisa berfungsi secara optimal sesuai standar TV digital.

Di sisi lain, dalam acara ASO yang digelar Kamis (3/11/2022), Menkopolhukam Mahfud MD menyebutkan bahwa migrasi ke TV digital nantinya akan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. Sebab, masyarakat akan mendapatkan kualitas penyiaran yang lebih baik, disebabkan kualitas audio visualnya lebih baik dan jumlah saluran juga jadi lebih banyak.

Mahfud juga menegaskan kalau penghentian penggunaan siaran TV analog merupakan amanat Undang-undang (UU) Nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, yang mengharuskan TV analog beralih ke TV digital paling lambat 2 November 2022.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks