10 Aplikasi Edit Background Foto Terbaik untuk Pemula dan Pro!

Aplikasi Edit Background Foto

Sobat! Pernahkah kamu merasa foto yang sempurna terhalang oleh background yang kurang menarik? Atau mungkin kamu ingin membuat foto transparan untuk keperluan desain atau media sosial? Nah, di era digital ini, berbagai aplikasi pengubah background foto telah tersedia untuk memudahkan kamu dalam mengedit foto sesuai dengan keinginanmu.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa aplikasi edit foto terbaik yang bisa kamu gunakan, baik sebagai pemula maupun sebagai profesional.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Apa aplikasi edit background foto terbaik?

Mencari aplikasi pengubah background foto yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi jangan khawatir, berikut ini adalah daftar aplikasi terbaik yang telah kami kumpulkan untuk kamu:

Tentu, Sobat! Mari kita tambahkan lebih banyak informasi pada deskripsi aplikasi tersebut agar lebih informatif dan menarik:

1. Photoshop Express

Photoshop Express

Photoshop Express merupakan aplikasi dari Adobe yang terkenal dengan kemampuannya dalam editing foto. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan berbagai fitur canggih untuk menghapus dan mengganti background foto, tetapi juga menawarkan alat seperti koreksi warna, filter, dan efek yang dapat diaplikasikan dengan cepat.

Fitur pengeditan selektif dan integrasi dengan cloud membuatnya sangat cocok untuk kamu yang menginginkan kontrol penuh atas editing dan menyimpan karya di berbagai perangkat.

2. Remove.bg

remove.bg

Remove.bg adalah aplikasi yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menghapus background foto dengan cepat dan akurat. Aplikasi ini sangat ideal untuk para profesional dan pebisnis yang membutuhkan solusi cepat untuk mengedit banyak gambar dalam waktu singkat.

Kamu hanya perlu meng-upload foto, dan dalam beberapa detik, background akan dihapus secara otomatis, meninggalkan objek utama dengan latar belakang transparan atau bisa kamu ganti sesuai kebutuhan.

Oh ia kita juga sudah membuat tutorial cara menghapus background foto dengan Remove.bg loh, jangan lupa untuk membacanya ya.

3. Background Eraser

Background Eraser

Background Eraser adalah aplikasi yang sangat user-friendly untuk mengganti background foto. Dengan alat ‘erase’ atau ‘cut’, kamu bisa dengan mudah menghilangkan bagian yang tidak diinginkan dari foto.

Aplikasi ini juga menyediakan fitur ‘Target’ yang secara otomatis mendeteksi area serupa untuk dihapus, sangat berguna untuk detail halus seperti rambut atau baju yang rumit.

4. Canva

Canva tidak hanya populer sebagai alat desain grafis, tetapi juga sebagai aplikasi yang memudahkan proses edit foto transparan atau dengan background lain. Fitur drag and drop-nya memungkinkan kamu untuk dengan mudah menambahkan elemen desain seperti teks, stiker, dan ikon.

Canva juga menyediakan berbagai template latar belakang yang siap pakai yang bisa kamu gunakan untuk membuat poster, undangan, atau konten media sosial yang menarik.

5. PicsArt

PicsArt

PicsArt adalah aplikasi all-in-one yang menawarkan alat edit foto dengan background yang tidak hanya kreatif tetapi juga sangat beragam. Dengan fitur seperti pembuat kolase, alat lukis, dan editor layer, kamu bisa menciptakan karya seni dari foto biasa.

PicsArt juga menyediakan komunitas online di mana pengguna dapat berbagi karya dan mendapatkan inspirasi dari kreator lain di seluruh dunia, menambahkan elemen sosial yang menarik dalam pengeditan foto.

6. PhotoRoom

PhotoRoom

PhotoRoom menawarkan solusi profesional untuk mengganti background foto dengan cepat dan efisien. Dengan teknologi deteksi objek canggih, aplikasi ini secara otomatis memisahkan subjek dari latar belakang, memudahkan kamu untuk memasang latar baru atau membuatnya transparan.

Sangat cocok untuk pemilik bisnis online, fotografer, dan desainer yang ingin menciptakan gambar produk atau potret dengan tampilan yang rapi dan estetik tanpa perlu pengalaman editing mendalam.

7. Snapseed

Snapseed

Snapseed, aplikasi dari Google, terkenal dengan antarmuka yang intuitif dan berbagai alat editing yang kuat. Selain fitur umum seperti penyesuaian warna dan filter, Snapseed juga menyediakan alat menghapus background dengan penggunaan brush selektif yang memungkinkan pengeditan yang lebih detail.

Alat ini sangat berguna untuk menyempurnakan potret atau foto produk dengan menghilangkan elemen yang mengganggu secara manual, memberikan kontrol lebih kepada pengguna.

8. TouchRetouch

TouchRetouch adalah aplikasi yang khusus dirancang untuk menghilangkan objek dan background yang tidak diinginkan dengan cepat dan mudah. Dengan beberapa ketukan saja, kamu bisa menghilangkan elemen seperti kabel, orang-orang, atau benda lainnya yang mengganggu di foto.

Alat ini sangat berguna untuk fotografi jalanan dan alam, di mana seringkali diperlukan pembersihan background untuk menciptakan komposisi yang lebih bersih dan fokus.

9. Adobe Spark

Adobe Spark

Adobe Spark adalah alat yang ideal untuk desainer, pemasar, dan siapa saja yang ingin membuat konten visual yang menarik untuk media sosial atau pemasaran. Dengan fitur desain background foto, Adobe Spark memudahkan pengguna untuk menciptakan grafis, web stories, dan video dengan tampilan yang profesional dan menarik.

Pengguna dapat memilih dari berbagai template yang desainnya telah dioptimalkan untuk berbagai platform media sosial, memastikan bahwa konten kamu tidak hanya terlihat baik tetapi juga efektif dalam menarik perhatian audiens.

10. Pixelmator

Pixelmator

Pixelmator adalah pilihan yang sangat baik untuk pengguna Mac dan iOS yang mencari aplikasi edit foto transparan yang kuat dan mudah digunakan. Dengan berbagai alat seperti layer support, alat lukis, dan efek visual, Pixelmator memungkinkan pengeditan foto yang rumit dan kreatif.

Integrasi yang mulus dengan ekosistem Apple memudahkan untuk bekerja di antara perangkat, membuatnya ideal untuk desainer dan fotografer yang sering berpindah antara Mac dan iOS saat bekerja.

Bagaimana cara menggunakan aplikasi edit background foto?

Menggunakan aplikasi untuk edit background mungkin terasa menantang pada awalnya, tapi dengan memahami langkah-langkah dasar berikut, kamu akan dapat menciptakan hasil yang profesional dengan mudah:

1. Pilih Aplikasi

Pertama-tama, pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pertimbangkan faktor seperti fitur yang ditawarkan, kemudahan penggunaan, dan harga. Misalnya, Photoshop Express cocok untuk editing mendalam, sedangkan Remove.bg adalah pilihan yang baik untuk tugas penghapusan background secara otomatis dan cepat.

2. Import Foto

Buka aplikasi pilihanmu dan import foto yang ingin kamu edit. Pastikan foto tersebut memiliki resolusi tinggi dan pencahayaan yang baik untuk memastikan hasil akhir yang berkualitas. Foto dengan resolusi rendah atau pencahayaan yang buruk dapat menghasilkan tepi yang kasar dan detail yang hilang saat mengedit.

3. Pilih Tool Penghapus Background

Hampir semua aplikasi editing akan menyediakan tool khusus untuk menghapus background. Tool ini mungkin berupa magic wand, lasso tool, atau background eraser. Gunakan tool ini dengan hati-hati untuk menghilangkan latar belakang yang tidak diinginkan, sambil menjaga integritas dari objek utama.

4. Refine Edges

Setelah background dihapus, mungkin ada beberapa area yang masih terlihat kasar atau tidak alami. Gunakan fitur seperti ‘refine edges’ atau ‘smooth’ untuk memperhalus dan menyempurnakan tepi dari subjek utama. Ini sangat penting untuk menciptakan tampilan yang mulus dan profesional pada subjek foto.

5. Tambahkan Background Baru

Sekarang saatnya untuk menambahkan latar baru. Kamu bisa memilih dari galeri latar yang disediakan oleh aplikasi atau meng-upload gambar latar pilihanmu sendiri. Pastikan latar baru tersebut selaras dengan tema dan tujuan dari fotomu.

6. Simpan dan Bagikan

Setelah puas dengan hasil editan, simpan foto ke dalam perangkatmu dalam format yang sesuai. Kebanyakan aplikasi memungkinkan kamu untuk menyimpan dalam berbagai format seperti JPG, PNG, atau TIFF.

Jangan lupa untuk membagikan karya terbarumu ke media sosial atau dengan teman-teman untuk mendapatkan umpan balik atau sekadar pamer keterampilan editingmu.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu akan merasa lebih percaya diri dalam menggunakan aplikasi edit background foto dan dapat menghasilkan karya yang memukau dan profesional.

Tips untuk menggunakan aplikasi edit background foto

Untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi edit foto dengan background, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu mencapai hasil yang lebih profesional dan menarik:

1. Gunakan Foto Berkualitas Tinggi

Memilih foto dengan resolusi tinggi sangat penting karena detail yang lebih banyak memungkinkan manipulasi yang lebih akurat dan kurangnya pixelation saat melakukan zoom atau edit. Foto berkualitas rendah sering kali menyulitkan proses penghapusan atau perubahan background karena kekurangan detail dan kejelasan.

2. Berlatihlah

Seperti kebanyakan keterampilan, keahlian dalam menggunakan aplikasi edit background meningkat dengan praktik. Cobalah berbagai fitur dan alat untuk memahami kemampuannya. Luangkan waktu untuk mengedit berbagai jenis foto untuk mengasah keterampilanmu dan memahami batasan tiap aplikasi.

3. Jelajahi Fitur Aplikasi

Setiap aplikasi memiliki set fitur yang unik. Dengan menjelajahi fitur-fitur ini, kamu bisa mengungkap trik dan metode baru yang mungkin tidak tersedia di aplikasi lain. Misalnya, beberapa aplikasi mungkin memiliki alat khusus untuk menghaluskan tepi atau menyediakan latar belakang yang sudah dibuat sebelumnya yang dapat secara dramatis mengubah tampilan foto.

4. Perhatikan Detail

Saat menghapus atau mengganti background, perhatikan detail-detail kecil seperti rambut, bayangan, dan refleksi. Ini penting untuk menciptakan hasil yang terlihat alami dan terintegrasi dengan baik. Penggunaan tool seperti pen, brush, atau lasso secara hati-hati dapat membantu meningkatkan presisi.

5. Sesuaikan Pencahayaan dan Warna

Setelah mengganti background, penting untuk menyesuaikan pencahayaan dan warna objek utama agar sesuai dengan background baru. Ini mungkin memerlukan sedikit penyesuaian terhadap kecerahan, kontras, atau saturasi untuk membuat keseluruhan foto terlihat serasi.

6. Simpan Versi Draft

Selama proses editing, simpan beberapa versi draft sehingga kamu dapat kembali ke versi sebelumnya jika perlu. Ini juga memungkinkan kamu untuk mencoba berbagai pendekatan tanpa kehilangan pekerjaan yang sudah dilakukan.

7. Gunakan Layer jika Mungkin

Beberapa aplikasi memungkinkan penggunaan layer saat editing, yang sangat berguna untuk menguji berbagai background atau efek tanpa mengubah elemen asli. Layer juga memudahkan untuk melakukan perubahan terakhir.

Dengan menerapkan tips ini, kamu akan lebih siap untuk menggunakan berbagai aplikasi ganti background foto yang tersedia di pasar dan menciptakan hasil yang memukau dan profesional. Selamat mencoba dan eksplorasi kreativitasmu, Sobat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks