Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

Hadirnya beragam aplikasi dompet digital seperti salah satunya DANA, tentu membuat kemudahan para konsumen yang ingin melakukan transaksi. Bukan hanya itu, berbagai merchant dari yang kecil sampai yang besar seperti Alfamart pun ikuti mendukung pembayaran lewat DANA. Tentu cara bayar pakai DANA di Alfamart sangatlah mudah. Bagi yang belum tahu, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Syarat Pembayaran Menggunakan DANA

Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

DANA merupakan salah satu e-wallet terbesar di Indonesia yang hadir untuk membantu para konsumen dalam melakukan transaksi. Dompet digital satu ini memiliki banyak fitur yang berguna.

Diantaranya bisa berfungsi untuk melakukan pembayaran belanja di minimarket, pembayaran listrik, PDAM, telepon, cicilan kendaraan, BPJS atau asuransi kesehatan serupa, langganan streaming TV kabel, pulsa, bahkan sampai pembelian di marketplace seperti Shopee, atau Tokopedia.

Sebelum melakukan pembayaran lewat DANA, pastikan dulu Sobat memahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu, seperti:

  1. Smartphone Sobat harus terkoneksi dengan jaringan internet yang stabil.
  2. Telah memiliki akun Dana. 
  3. Jumlah saldo DANA yang cukup untuk melakukan pembayaran sesuai dengan yang Sobat beli. 
  4. Menyediakan saldo lebih untuk biaya admin pembayaran jika menggunakan kode QRIS. Adapun biaya tambahan / charge hanya Rp 1.000 – Rp 2.000 per satu kali transaksi.
  5. Bertanya terlebih dahulu ke kasir, apakah mereka saat itu menerima pembayaran lewat DANA. Karena pada beberapa merchant tidak menyediakan pembayaran DANA karena internet yang kurang baik, atau sedang maintenance.
  6. Memverifikasi atau meng-upgrade akun ke versi Premium jika Sobat ingin menarik saldo DANA. Jika hanya untuk melakukan pembayaran, tidak perlu upgrade.

Begini Cara Bayar Dana di Alfamart

Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

Bagi Sobat yang sudah memahami syarat pembayaran DANA yang telah kami jelaskan di atas, sekarang Sobat bisa ikuti cara bayar pakai DANA di Alfamart dengan mudah, seperti langkah-langkah berikut ini:

cara bayar pakai DANA di Alfamart

  1. Menuju Kasir

    Setelah Sobat memilih barang belanjaan di Alfamart, Sobat bisa langsung pergi ke kasir untuk nantinya dihitung total jumlah belanjaan.

  2. Menunjukan Nomor Tagihan Dana / Scan Barcode

    Setelah itu Sobat bisa bilang ke kasir bahwa pembayaran dilakukan melalui DANA. Nantinya kasir akan meminta Sobat untuk menunjukan nomor tagihan DANA. Pada beberapa Alfamart bisa langsung pindai barcode.

  3. Konfirmasi Pembayaran

    Nantinya di aplikasi DANA akan meminta konfirmasi pembayaran dengan total jumlah belanjaan. Untuk melanjutkan pembayaran, Sobat bisa konfirmasi pembayarannya dengan memasukkan PIN DANA Sobat.

  4. Minta Struk Bukti Pembayaran

    Ini penting, Sobat bisa meminta struk bukti pembayaran. Sebab jika terjadi hal yang tidak diinginkan semisal saldo sudah terkuras namun transaksi malah gagal, struk ini akan membantu memberikan keterangan yang valid.

Begitulah cara bayar DANA di Alfamart yang bisa dilakukan melalui scan barcode maupun nomor tagihan DANA. Mudah banget bukan? Sekarang Sobat tidak perlu lagi kesulitan menyiapkan uang cash terlebih jika pembeliannya dilakukan dalam jumlah banyak.

Tinggal tap-tap saja, maka proses transaksi akan berhasil.

Cara Top Up DANA di Alfamart

Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

Bukan hanya bisa melakukan pembayaran dengan cara bayar pakai DANA di Alfamart yang dijelaskan di atas, Sobat juga bisa melakukan top up saldo DANA di Alfamart, lho.

Untuk Sobat yang ingin sekalian melakukan pengisian saldo DANA di Alfamart, Sobat bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pertama, silakan siapkan uang cash untuk top up DANA (pastikan melebihkan uang 5000 rupiah untuk jaga-jaga terkait biaya charge).
  • Siapkan HP Sobat yang sudah terinstall akun Dana (kalau bisa bawa KTP juga untuk jaga-jaga, tidak bawa juga tidak masalah).
  • Pergi ke Indomaret atau Alfamart. Jika sudah sampai, Sobat bisa pergi ke kasir dan bilang ingin top up DANA.
  • Sebutkan jumlah nominal yang ingin di top up.
  • Kemudian kasir akan meminta nomor DANA sobat. Jika Sobat tidak hapal nomor tersebut, Sobat bisa cek di menu profil akun DANA.
  • Setelah berhasil, tinggal berikan sejumlah uang sesuai nominal yang ingin dimasukkan ke saldo DANA.
  • Tunggu prosesnya, dan Sobat akan mendapat struknya sebagai bukti bahwa top up sudah berhasil.
  • Cek saldo di aplikasi Dana. Jika sudah bertambah, berarti proses pengisian saldo berhasil.

Itulah cara top up DANA di Alfamart yang bisa Sobat lakukan.

Sebagai informasi, untuk minimum jumlah top up DANA di Alfamart, Alfamidi, dan minimarket lainnya yaitu sebesar Rp 50.000. Sobat juga bisa memilih nominal top up DANA Rp 100.000 hingga maksimal Rp 500.000 dengan kelipatan Rp 50.000.

Apabila Sobat ingin bisa menyimpan saldo DANA sampai Rp 10 juta, Sobat bisa meng-upgrade akun jadi pengguna DANA Premium. Namun untuk pengguna biasa, jumlah maksimal saldo DANA hanya Rp 2 juta saja.

Selain lewat Alfamart, pengisian saldo DANA juga bisa dilakukan dengan metode lainnya, lho! Selengkapnya, Sobat bisa baca di artikel Cara top up DANA berbagai cara dengan mudah.

Kelebihan dan Kekurangan Transaksi Menggunakan E-Wallet

Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart

Semua sistem tidak terlepas dari kelebihan dan kekurangan, termasuk dompet digital DANA ini sendiri. Tentu kelebihan lebih banyak ketimbang kekurangan. Adapun kelebihan jika melakukan transaksi menggunakan DANA, yaitu:

Kelebihan

  • Transaksi tanpa uang cash
  • Melakukan pembayaran hanya dengan tap-tap saja
  • Bisa mendapatkan promo atau potongan belanja
  • Dapat memanajemen pengeluaran dengan lebih baik
  • Dapat menyimpan uang dan menariknya kembali

Kekurangan

  • Terkadang ada trouble pada saat melakukan pembayaran
  • Ada biaya admin tambahan
  • Tidak semua merchant menyediakan pembayaran e-wallet, terutama toko-toko tradisional

Terlepas dari ini, semua kembali lagi ke pilihan Sobat apakah lebih nyaman menggunakan dompet digital ataupun dengan uang cash untuk melakukan transaksi.

FAQ

Kenapa Cara Bayar Pakai DANA di Alfamart Gagal?

Transaksi gagal bisa terjadi karena ada beberapa faktor, misalnya trouble di pihak Alfamartnya, atau minimnya koneksi internet di perangkat Sobat. Pastikan Sobat memiliki koneksi yang stabil dan saldo yang cukup.

Apakah Bisa Transaksi Walau Bukan Akun DANA Premium?

Setiap pengguna DANA akun biasa dapat melakukan transkasi seperti pembayaran barang, cicilan, pulsa, listrik, asuransi kesehatan, dan lain sebagainya. Yang tidak bisa dilakukan akun biasa hanyalah menyimpan saldo dengan jumlah Rp. 10 juta dan melakukan penarikan uang saldo di DANA.

Apakah Ada Biaya Charge Jika Melakukan Pembayaran Lewat DANA di Alfamart?

Sebenarnya tidak ada biaya tambahan pembayaran dengan DANA. Namun jika pembayaran DANA melalui Qris, maka akan ada tambahan biaya admin. Pastikan menyiapkan saldo lebih sebesar 2 ribu rupiah untuk jaga-jaga.

Baca Juga: Cara Transfer Uang Lewat Indomaret dan Alfamart!

Akhir Kata

Demikian penjelasan cara bayar pakai DANA di Alfamart serta cara top up saldo DANA yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Sangat mudah bukan untuk dicoba? Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jangan lupa bagikan agar lebih banyak orang yang tahu! 🙂 .



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks