Cara Bersihkan Riwayat Tontonan YouTube Anda!

histori tontonan youtube

Halo, Guys! Siapa nih di antara kalian yang sering ‘ngoprek’ di YouTube? Dari mulai tutorial, drama Korea, sampai video kucing menggemaskan, YouTube memang jawaranya. Tapi, pernah ga sih kalian merasa ‘diganggu’ sama riwayat tontonan yang udah kayak gunung berapi mau meletus? Eits, jangan khawatir! Ada cara mudah buat menghapus riwayat tontonan di YouTube. Penasaran? Simak yuk!

Kenapa Harus Menghapus Riwayat Tontonan, sih?

Sebelum lanjut, mungkin ada yang bertanya-tanya, “Emangnya penting ya, Sobat?” Jawabannya, tentu! Membersihkan riwayat tontonan di YouTube bukan cuma soal menjaga privasi loh, Guys. Tau nggak sih, riwayat tontonan ini berpengaruh banget ke ‘feed’ atau deretan video yang direkomendasikan oleh YouTube.

Jadi kalau kalian sering nonton video random, algoritma YouTube bisa jadi ‘bingung’ ngasih saran video apa lagi yang cocok buat kalian. Oleh karena itu, dengan menghapus beberapa atau seluruh riwayat tontonan, rekomendasi video yang keluar akan lebih sesuai dengan selera kalian. Keren, kan?

Langkah Awal

Pertama-tama, pastikan kalian sudah buka aplikasi YouTube dan login pake akun Google kalian. Easy-peasy kan? Tapi, jangan anggap remeh langkah ini, ya. Karena kalau salah akun, yang kalian hapus malah riwayat tontonan di akun lain.

Pastikan juga koneksi internet kalian stabil supaya prosesnya lancar jaya. Jangan sampai udah susah-susah buka aplikasi, eh malah gagal login atau lama loadingnya. So, double-check akun dan koneksi internet kalian, ya!

Temukan ‘Library’ dan ‘History’

Setelah berhasil login, ada beberapa ikon di bagian bawah layar aplikasi YouTube, kan? Nah, klik opsi “Library” yang biasanya berada di pojok kanan bawah. Ini adalah pusat arsip tontonan dan aktivitas kalian di YouTube. Tapi tunggu, kita belum selesai. Di dalam “Library”, akan ada berbagai kategori seperti “Playlists,” “Watch later,” dan yang kita cari adalah “History.” Jangan lupa klik “View all” biar kalian bisa lihat seluruh riwayat tontonan dalam satu layar. Gampang, to?

histori tontonan youtube
Langkah untuk melihat histori tontonan Youtube

Saatnya Pilih Video yang Mau Dihapus

Yuk, sekarang saatnya! Di halaman ‘Watch History,’ kalian akan disuguhkan beragam video yang pernah ditonton. Bisa jadi ada video tutorial, vlog, bahkan video receh yang bikin kalian tertawa terbahak-bahak. Tapi, kalau ada video yang bikin kalian mikir “Kenapa ya aku nonton ini?” atau video yang sudah nggak sesuai lagi sama mood kalian, ini adalah saatnya!

Scroll saja sampe nemu video atau tontonan yang bikin kalian ‘gatal’ ingin menghapusnya. Biasanya, video yang lebih baru berada di atas, sedangkan yang lebih lama ada di bawah. Strategi nih, Guys, kalian bisa mulai dari yang terbaru atau malah dari yang paling lama sesuai keinginan kalian.

hapus histori tontonan youtube
Hapus video dari history tontonan Youtube

Bye-bye Video!

Tadaa! Setelah nemu video incaran, gak perlu ragu lagi. Klik saja tanda tiga titik yang ada di samping judul video tersebut. Sebuah menu akan muncul dan kalian tinggal pilih “Remove from watch history.” Udah deh, dalam sekejap video tersebut akan ‘menghilang’ dari riwayat tontonan kalian. Sederhana tapi efektif! Ini bisa kalian lakukan untuk satu video, lima video, atau bahkan puluhan video yang bikin kalian ga nyaman. Bye-bye, video tak diinginkan!

Mau Lebih Ekstrim? Hapus Semua Riwayat Tontonan!

Kalian adalah tipe yang ‘all or nothing’? Tenang, YouTube juga punya solusi untuk kalian! Jika kalian merasa perlu melakukan ‘general cleaning’ atau bahkan ‘reset’ riwayat tontonan kalian, caranya juga gampang banget.

Di pojok kanan atas layar di halaman ‘Watch History,’ ada tanda tiga titik. Yup, klik itu dan pilih “Clear all watch history.” Dengan satu klik, semua riwayat tontonan akan dihapus sekaligus. Tapi, Guys, ingat ya, aksi ini irreversible atau nggak bisa dibalikin. Jadi, sebelum kalian memutuskan untuk ‘klik,’ pastikan kalian sudah benar-benar yakin.

Hati-hati juga, karena ini akan berpengaruh pada rekomendasi video yang akan muncul nantinya. Kalau kalian suka dengan rekomendasi yang sudah ada, mungkin langkah ini perlu dipertimbangkan lagi.

Baca juga: Cara Nonton Video Youtube Hemat Kuota di Handphone Android [Semua Operator]

Selesai, Deh!

Yup, sekarang kalian udah bisa bernafas lega. Dengan menghapus riwayat tontonan, pengalaman YouTube-an kalian bakal lebih seru dan rekomendasi video yang muncul juga jadi lebih fresh!

Simpel kan, Sobat? Yuk coba sekarang juga! ๐Ÿ˜„



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks