Beragam Cara Serlok WA dan Google Maps

cara serlok

Smartphone menjadi perangkat elektronik yang “wajib” bagi semua kalangan, dengan perangkat ini kita bisa gunakan untuk banyak hal termasuk serlok (berbagi lokasi).

Jaman dahulu kita hanya berbagi lokasi melalui kabar, sekarang dengan smartphone kita bisa membagikan titik lokasi akurat dengan fitur GPS.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Sekarang ini banyak aplikasi yang dapat menggunakan fitur GPS untuk berbagai lokasi, misalnya saja Whatsapp dan Google Maps. Kedua aplikasi ini bisa kita andalkan untuk berbagai lokasi secara realtime kepada siapa saja yang kita kehendaki.

Misalnya saja ketika kita ingin bertemu seseorang, dengan serlok tempat atau lokasi akan membuat orang lain menuju lokasi dengan mudah.

Walaupun cara penggunaan serlok ini mudah, tapi nyatanya masih ada orang yang kesulitan untuk menggunakannya. Untuk itu kali ini androidponsel akan bagikan cara untuk menggunakan fitur serlok dari WhatsApp dan juga Google Maps.

Serlok menggunakan WhatsApp

Karena WhatsApp adalah aplikasi yang banyak penggunanya, kami akan bagikan cara menggunakan fitur serlok menggunakan WhatsApp, berikut adalah langkah-langkahnya.

Mengaktifkan fitur Share Lokasi di WA

Nah sebelumnya Sobat wajib untuk mengaktifkan fitur share lokasi di WA terlebih dahulu sebelum menggunakan fitur lainnya.

Pertama jika belum menggunakan WA,silahkan download WhatsApp di Google Play Store atau bisa melalui link di sini. Untuk daftarnya sangat mudah, sobat hanya memerlukan nomor tlp aktif untuk menggunakannya.

Selanjutnya, aktifkan fitur GPS untuk Whatsapp caranya masuk ke pengaturan >> Aplikasi >> Pilih aplikasi WA >> Pilih Izin dan berikan Izin lokasi pada WA.

Izin lokasi ini harus aktif guna mengaktifkan fitur serlok di aplikasi WhatsApp. Jika tidak mengaktifkan, sobat tidak bisa berbagi lokasi dengan WA.

Cara Serlok Terkini di WA secara Live

Fitur ini akan memudahkan mengirimkan titik lokasi secara realtime (live), ketika berpindah, titik lokasi akan pindah sesuai lokasi sobat berada.

Jadi kalau janjian dengan kerabat ini akan menjadi andalan, dan membuat kerabat akan sangat terbantu melihat lokasi sobat berada.

Selain itu, ada juga yang menggunakan fitur ini untuk sadap WA pasangan karena kita bisa melihat titik lokasi terkini secara langsung.

Oh ia, serlok terkini WhatsApp bisa digunakan pada ponsel Android dan juga iPhone, tapi belum bisa untuk versi Website. Berikut adalah langkah-langkahnya.

cara Share lokasi WhatsApp terkini Live
cara share lokasi WA realtime
  1. Buka WhatsApp dan pilik kontak yang ingin di chat, atau bisa juga dengan membagikan share ke Group.
  2. Terus Sobat buka lampiran atau icon penjempit kertas yang ada di kanan bawah.
  3. Kemudian pilih Menu Lokasi.
  4. Dan pilih berbagi lokasi terkini.
  5. Kemudian pilih durasi berapa lama akan membagikan lokasi sobat secara live tersebut, ada pilihan durasi 15 menit sampai 8 jam.
  6. Jika perlu Sobat bisa menambahkan keterangan dan klik kirim.

Cara share lokasi WA realtime atau Live ini berlaku untuk HP Android dan juga iPhone iOS.

Nantinya penerima akan melihat titik lokasi keberadaan sobat secara realtime, dan melihat langsung perpindahan pengirim lokasi.

Untuk berhenti berbagi lokasi secara realtime, Sobat hanya perlu ketuk berhenti berbagi yang ada di pesan berbagi lokasi, mudah bukan?

Sedangkan untuk berhenti berbagi lokasi dengan banyak orang, caranya buka aplikasi WA > setelan > Akun > Privasi > Lokasi Terkini > Berhenti Berbagi.

Cara Berbagi Lokasi Saat ini Lewat WhatsApp

cara Share lokasi WhatsApp saat ini

Jika sobat tidak ingin berbagi lokasi WA secara realtime, bisa kok berbagi lokasi hanya dititik ketika sobat berada saja. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Whatsapp.
  2. Buka chat teman ataupun group yang ingin Sobat bagikan lokasi dimana sobat berada.
  3. Kemudian pilih lampiran, lalu pilih Lokasi, kemudian Kirim lokasi Sobat saat ini.

Kurang lebih Sobat bisa melihat gambar yang sama seperti cara kirim lokasi secara realtime.

Cara Berbagi Lokasi Tempat Apapun Melalui WA

Sobat juga bisa berbagi lokasi tempat tertentu melalui WA, misal ingin membagikan lokasi kafe atau rumah.

Caranya sama seperti di atas, tapi sobat harus mencari daftar lokasi yang ingin dibagikan, dan syaratnya lokasi tersebut harus terdaftar di Google Maps.

Atau lebih detail lagi sobat bisa berbagi melalui aplikasi Google Maps sehingga lebih mudah mendapatkan titil lokasinya.

Untuk cara serlok dengan Google Maps kami juga akan membahasnya di bawah ini.

Cara Serlok Menggunakan Google Maps

Menggunakan Google Maps sobat bisa membagikan petunjuk arah kepada orang lain dengan sangat mudah. Sobat bisa membagikan Tempat, bisnis, alamat, penelurusan dan juga Street View melalui Google Maps.

Berikut adalah beberapa cara serlok melalui Google Maps dari berbagai perangkat.

Serlok Google Maps di Android

Untuk dapat berbagi lokasi Google Maps di Android, Sobat harus membuka aplikasi Google Maps terlebih dahulu.

Kemudian cari tempat dan tap lama untuk memasang pin lokasi, selanjutnya di bagian bawah silahkan tap nama dan alamat tempat dan tap tanda bagikan berbentuk icon tiga titik menyatu Bagikan jika tidak ada icon tersebut silahkan klik icon Lainnya, selanjutna pilih aplikasi apa yang jadi tempat berbagi, sobat bisa memilih WhatsApp atau lainnya.

Berbagi Lokasi Google Maps Melalui PC/Laptop

Menariknya, Sobat juga bisa serlok melalui PC atau Laptop, caranya:

  1. Buka Browser apapun dan Buka Google Maps.
  2. Cari lokasi bisa pada Maps ataupun Street View.
  3. Klik Menu Menu pada kiri atas.
  4. Kemudian pilih bagikan, untuk membagikannya ke aplikasi lain silahkan pilih Tautak ke peta ini, sobat juga bisa centang url singkat untuk membuat link yang lebih pendek.
  5. Dan link tersebut bisa sobat bagikan.
berbagi lokasi Google Maps
cara serlok google maps lewat pc/laptop

Berbagi lokasi Google Maps di iPhone/iPad

Sedangkan untuk pengguna iPhone dan iPad, cara serlok Google Maps juga cukup mudah. berikut caranya:

  1. Buka aplikasi Google Maps di iPhone atau iPad.
  2. Cari tempat, kemudian tap lama untuk pasang pin lokasi.
  3. Kemudian tap nama atau alamat yang ada di bagian bawah.
  4. Selanjutnya Tap Bagikan, atau tap icon 더보기 dan bagikan.
  5. Dan pilih aplikasi yang menjadi tempat sobat berbagi lokasi.

Untuk sobat yang ingin menambahkan lokasi di Google Maps, sobat bisa mengikuti cara yang sudah kami bahas di artikel berikut ini.

Akhir Kata

Bagaimana mudah bukan untuk serlok pada aplikasi WhatsApp dan juga Google Maps? Jadi sekarang sobat tidak perlu takut untuk kesulitan ketika janjian bertemu seseorang ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks