10 Earphone untuk Menemani Aktivitas Olahraga Anda

earphone olahraga terbaik
Ilustrasi (Credit via Canva/@whitestudio-images)

Halo, Sobat Tekno! Kalian tipe orang yang suka olahraga sambil dengerin lagu? Atau mungkin bosan dengan earphone lama yang gampang jatuh atau cepet rusak? Nah, kali ini saya punya rekomendasi earphone terbaik yang cocok banget buat nemenin aktivitas olahraga kalian. Yuk, simak ulasannya!

Tips Memilih Earphone untuk Olahraga

Sebelum memutuskan untuk membeli earphone untuk menemani rutinitas olahraga, ada beberapa hal yang perlu kalian pertimbangkan, guys. Biar gak salah pilih, yuk simak tips-tips berikut ini.

1. Pilih yang Tahan Air dan Keringat

Saat berolahraga, keringat adalah hal yang tak terhindarkan. Earphone yang tahan air atau keringat akan memastikan bahwa komponen di dalamnya tidak rusak dan tetap berfungsi dengan baik. Selain itu, ini juga berarti kalian tidak perlu khawatir saat olahraga di luar ruangan yang berpotensi terkena hujan atau percikan air.

Untuk memastikan earphone kalian tahan air atau keringat, cari informasi tentang rating tahan airnya di deskripsi produk. Rating ini biasanya diawali dengan ‘IPX’ diikuti oleh angka. Angka 4 atau 5 (seperti IPX4 atau IPX5) biasanya sudah cukup untuk menangani keringat atau percikan air ringan. Semakin tinggi angkanya, semakin tahan air earphone tersebut.

2. Desain yang Ergonomis

Kenyamanan adalah kunci saat memilih earphone untuk olahraga. Desain yang ergonomis akan memastikan earphone tetap di tempatnya meski kalian bergerak aktif. Ini penting agar kalian bisa tetap fokus pada olahraga tanpa perlu selalu mengatur posisi earphone.

Ada beberapa fitur desain yang bisa menambah kenyamanan, seperti earhooks atau ear fins, yang membantu earphone tetap nempel di telinga. Beberapa model juga menawarkan berbagai ukuran ear tips, sehingga kalian bisa memilih yang paling pas. Jika memungkinkan, coba dulu earphone tersebut di toko atau pinjam dari teman untuk memastikan kenyamanannya. Kalau belanja online, baca review dari pengguna lain tentang kenyamanan dan stabilitas earphone saat digunakan berolahraga.

3. Kualitas Suara

Musik adalah salah satu faktor yang bisa memberikan dorongan semangat saat kita berolahraga. Kualitas suara yang baik dari earphone akan membantu kita merasakan setiap detil dari lagu, mulai dari instrumen hingga vokal. Ini akan membuat kita lebih termotivasi untuk berolahraga dengan lebih keras dan lebih lama.

Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya baca review dari pengguna lain atau media yang spesialis di bidang audio. Mereka biasanya akan memberikan gambaran yang cukup akurat mengenai kualitas suara. Jika ada kesempatan, cobalah untuk mendengarkan beberapa lagu dengan genre yang berbeda menggunakan earphone tersebut. Atau, tanyakan kepada teman atau kenalan yang sudah menggunakan produk yang kalian minati.

4. Daya Tahan Baterai

Saat berolahraga, tentu kita tidak ingin diganggu oleh perangkat yang tiba-tiba kehabisan baterai. Oleh karena itu, daya tahan baterai adalah salah satu faktor yang sangat penting. Earphone dengan daya tahan baterai yang lama akan memastikan kita bisa terus mendengarkan musik selama sesi olahraga tanpa perlu khawatir kehabisan ‘bahan bakar’.

Di spesifikasi produk, akan ada informasi mengenai berapa lama earphone bisa bertahan dengan satu kali pengisian. Pilihlah earphone dengan daya tahan baterai yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Misalnya, jika kalian biasanya berolahraga selama satu jam, maka pilihlah earphone yang daya tahannya lebih dari satu jam. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan waktu pengisian baterainya. Earphone dengan fitur fast charging bisa menjadi pilihan yang bijak jika kalian tipe yang sering lupa mengisi baterai.

5. Koneksi yang Stabil

Koneksi yang stabil adalah syarat mutlak agar pengalaman mendengarkan musik saat berolahraga tetap menyenangkan. Bayangkan saja jika lagu favoritmu tiba-tiba terputus-putus, pasti bakal mengganggu konsentrasi dan mood olahraga, kan?

Untuk memastikan koneksi yang stabil, pilih earphone dengan versi Bluetooth yang terbaru. Versi Bluetooth yang lebih baru biasanya menawarkan koneksi yang lebih cepat dan lebih stabil. Informasi ini biasanya tertera di spesifikasi produk. Jadi, cek dulu sebelum membeli, ya!

6. Harga vs Kualitas

Budget tentu menjadi salah satu faktor utama dalam memilih earphone. Namun, jangan sampai terjebak dengan harga murah yang menawarkan kualitas rendah. Ingat, harga yang murah belum tentu berkualitas, tapi yang berkualitas pasti memiliki harga yang sesuai.

Bandingkan beberapa pilihan earphone yang ada dalam rentang budgetmu. Perhatikan fitur-fitur yang ditawarkan dan baca review dari pengguna lain untuk mengetahui kualitas suara dan daya tahannya. Jika memungkinkan, cobalah beberapa pilihan tersebut di toko atau minta rekomendasi dari teman yang tahu soal kualitas audio.

7. Fitur Tambahan

Terkadang, fitur tambahan seperti noise-cancelling atau mode bass bisa membuat pengalaman mendengarkan musik saat berolahraga jadi lebih asyik. Noise-cancelling bisa membantu kamu fokus pada latihanmu dengan mengurangi suara bising dari lingkungan, sementara mode bass akan menambah semangat saat kamu mendengarkan lagu-lagu dengan beat yang cepat.

Untuk mengetahui fitur tambahan apa saja yang ditawarkan oleh earphone pilihanmu, cek pada spesifikasi produk di situs penjual atau situs resmi merk tersebut. Biasanya, fitur-fitur ini akan dijelaskan secara detil. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan sejauh mana fitur tambahan ini akan berguna untuk kebutuhan olahragamu.

Fitur tambahan ini bisa jadi pembeda antara earphone yang ‘biasa saja’ dengan yang ‘luar biasa’. Jadi, pastikan kamu memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup olahragamu, ya!

8. Kemudahan Kontrol dan Aksesibilitas

Saat berolahraga, kalian tentu tidak mau repot-repot harus mengeluarkan ponsel hanya untuk mengganti lagu atau menaikkan volume. Oleh karena itu, kemudahan dalam mengontrol musik atau panggilan langsung dari earphone adalah sebuah keuntungan.

Periksa apakah earphone tersebut memiliki tombol kontrol fisik atau sentuhan yang mudah diakses saat digunakan. Beberapa earphone bahkan sudah dilengkapi dengan kontrol suara atau asisten virtual untuk memudahkan kamu.

9. Berat dan Ukuran

Berat dan ukuran earphone juga menjadi faktor yang cukup krusial, terutama untuk kalian yang suka berolahraga dengan intensitas tinggi seperti lari atau bersepeda. Earphone yang ringan dan kompak lebih nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Biasanya informasi tentang berat akan tertera di spesifikasi produk. Cobalah untuk merasakan sendiri apakah earphone tersebut terasa nyaman dan ringan di telinga kamu.

10. Garansi dan Dukungan Purna Jual

Earphone yang digunakan saat berolahraga cenderung lebih cepat mengalami wear and tear. Adanya garansi dan dukungan purna jual yang baik akan memberi kamu ketenangan pikiran jika ada masalah pada earphone kamu di masa depan.

Periksa informasi mengenai garansi dari produk tersebut, apakah termasuk penggantian atau perbaikan gratis dalam jangka waktu tertentu. Jangan lupa juga cek reputasi merk atau toko dalam memberikan layanan purna jual.

Membeli earphone untuk olahraga bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan secara sembarangan. Dengan mempertimbangkan beberapa tips di atas, kalian bisa mendapatkan earphone yang paling cocok dan membuat sesi olahraga jadi lebih menyenangkan. Selamat berbelanja dan tetap semangat olahraganya, Sobat Tekno!

Rekomendasi Earphone Terbaik untuk Olahraga

Nah sekarang kamu bisa memilih earphone berdasarkan tips yang sudah dijelaskan di atas! Beberapa rekomendasi disertakan di sini, karena sebenarnya masih banyak lagi earphone terbaik jadi kami menyarankan sobat juga mencari referensi lain agar kamu mendapatkan produk yang sesuai!

Berikut adalah daftar rekomendasi yang kami sajikan:

Lenovo SH1

Lenovo SH1 terbaru
Sumber : JakartaNotebook

Harga: Mulai dari Rp199.000,00
Fitur Unggulan: Desain magnetik, Bluetooth V5.0, Tahan air IPX5
Guys, Lenovo SH1 ini cocok buat kalian yang mau earphone dengan budget terjangkau tapi tetap berkualitas. Desain magnetiknya bikin earphone ini gak gampang jatuh pas lagi lari atau fitness. Plus, dengan Bluetooth V5.0, koneksi jadi lebih stabil. Tahan keringat juga, loh!

JBL Endurance RUNBT

JBL Endurance RUNBT
Sumber: JBL.com

Harga: Mulai dari Rp799.000,00
Fitur Unggulan: Fitur flipHook, TwistLock dan FlexSoft
Sobat, kalau kalian cari earphone yang nyaman dan stabil di telinga, pilihan ini pas banget. JBL Endurance RUNBT ini punya fitur flipHook yang bikin dia bisa dikenakan dengan dua cara. Tahan keringat juga, jadi makin asyik deh berlari sambil dengerin playlist favorit.

Lenovo Thinkplus TWS – XT88

Sumber: JakartaNoteBook

Harga: Mulai dari Rp158.000,00
Fitur Unggulan: Earhooks yang bisa disesuaikan
Bagi yang sering keganggu karena earphone jatuh saat berolahraga, Lenovo Thinkplus ini bisa jadi solusinya. Earphone ini menggunakan Bluetooth 5.3.

ECLE TWS Earphone – X15

ECLE TWS Earphone
Sumber: Bukalapak

Harga: Mulai dari Rp450.000,00
Fitur Unggulan: Mode musik dan mode gaming
Jangan salah, earphone ini gak cuma buat olahraga tapi juga buat gaming, lho! Dengan dua mode yang bisa di-switch, earphone ini bener-bener multifungsi!

GROTIC Headphone Bone Conduction – VG06

GROTIC Headphone Bone Conduction
Sumber: Shopee

Harga: Mulai dari Rp596.800,00
Fitur Unggulan: Slot microSD
Ini dia nih, pilihan buat yang mau bebas dari ketergantungan smartphone saat olahraga. Tinggal masukkan microSD berisi lagu favorit, dan kalian bisa dengerin musik tanpa perlu pakai ponsel.

Monster X Lenovo Thinkplus Gaming Earphone – GM2 Pro

Monster X Lenovo Thinkplus Gaming Earphone
Sumber: Lazada

Harga: Mulai dari Rp139.000,00
Fitur Unggulan: Kualitas suara HD, ultra bass
Ingin suara yang mantap? Pilihan ini punya kualitas suara HD dan dukungan ultra bass yang bikin setiap beat musik terasa dalam.

BASIKE Headset Bluetooth – TW50

BASIKE Headset Bluetooth
Sumber: Tokopedia

Harga: Mulai dari Rp750.000,00
Fitur Unggulan: Slot microSD
Mirip seperti GROTIC, tapi ini versi lebih premium. Dengan slot microSD, BASIKE ini juga cocok buat kalian yang suka olahraga tanpa ponsel.

ECLE Wireless Neckband Earphone

ECLE
Sumber: Shopee

Harga: Mulai dari Rp199.900,00
Fitur Unggulan: Waktu pengisian cepat
Kalau kalian tipe yang sering lupa charge earphone, ECLE ini punya fitur fast charging yang bisa ngisi penuh baterai cuma dalam 1,5 jam.

Baseus Bowie P1

Baseus Bowie
sumber : baseusindonesia.com

Harga: Mulai dari Rp409.000,00
Fitur Unggulan: Daya tahan baterai hingga 25 jam
Ini dia juaranya baterai tahan lama. Bayangin, satu kali charge bisa tahan sampe 25 jam!

Rekomendasi Earphone Lain : Earphone Nirkabel Huawei Freelance

Lenovo Thinkplus Bone Conduction

Lenovo Thinkplus Bone Conduction XT95II
Sumber : Shopee

Harga: Mulai dari Rp299.000,00
Fitur Unggulan: Bluetooth 5.3
Desain dan koneksi yang stabil, plus harga yang terjangkau. Ini pilihan yang pas buat kalian yang cari kualitas dengan budget yang masuk akal.

Kesimpulan

Nah, itu tadi deretan pilihan earphone terbaik untuk olahraga. Setiap produk punya kelebihan masing-masing, tinggal kalian pilih yang paling cocok. Untuk memastikannya alangkah lebih baik sobat untuk membaca dengan seksama tips memilih Earphone yang paling cocok untuk menemani kalian berolahraga.

Untuk yang ingin memilih earphone dengan brand tertentu, kami sudah membuat ulasan deretan produk earphone terbaik dari JBL silahkan sobat untuk membacanya.

Selamat berolahraga sambil dengerin lagu, guys!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks