Leap Telkom Indonesia Luncurkan SATUNADI, Inovasi Digitalisasi Rumah Sakit

SATUNADI

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui brand Leap, hari ini mengumumkan peluncuran SATUNADI, sebuah solusi inovatif untuk digitalisasi rumah sakit. SATUNADI, dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan data dan informasi secara end to end, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas layanan, efisiensi biaya, dan transparansi di sektor kesehatan.

Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business Telkom, mengungkapkan visi perusahaan melalui platform ini, “Melalui platform SATUNADI, Telkom mengambil peran dalam mendigitalkan sektor kesehatan agar kualitas hidup masyarakat meningkat. Transformasi digital dengan SATUNADI membantu manajemen di rumah sakit semakin baik dan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat lebih maksimal.”

Platform ini menawarkan integrasi data rekam medis pasien dalam satu sistem, memfasilitasi pendaftaran daring oleh pasien untuk mengurangi antrean di rumah sakit, dan memungkinkan manajemen rumah sakit memantau operasional harian secara real time.

Komang Budi Aryasa menambahkan, “Hadirnya SATUNADI sebagai solusi digital dari Telkom turut mendukung Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 24 Tahun 2022 yang mengharuskan seluruh fasilitas kesehatan memiliki Rekam Medis Elektronik (RME) dan terintegrasi dengan SATUSEHAT dari Kemenkes.”

Baca : Konsorsium ALPHA: Komitmen Wujudkan Konektivitas Digital di Asia-Pasifik

Lebih lanjut, SATUNADI terhubung dengan program kesehatan pemerintah, BPJS Kesehatan, yang akan meningkatkan cash flow rumah sakit melalui kelengkapan data administrasi dan percepatan proses penagihan.

Dinoor Susatijo, Head of Digital Vertical Ecosystem Health Telkom, menjelaskan, “SATUNADI dikembangkan dengan menggunakan konsep Enterprise Resource Planning (ERP). Konsep ERP memungkinkan pengelolaan seluruh operasional rumah sakit yang terintegrasi secara end-to-end dari mulai layanan hingga backroom. Platform SATUNADI menggunakan basis Cloud SaaS (Software as a Service) yang memiliki kemampuan dalam memproses dan mengintegrasikan seluruh alur bisnis layanan kesehatan.”

Dinoor menutup dengan menekankan, “The World in Your Hand di sektor kesehatan benar-benar terjadi di platform SATUNADI. Pihak rumah sakit bisa lebih presisi dalam memberikan pelayanannya. Bisnis rumah sakit juga semakin lancar, mudah, dan cepat sehingga memberikan benefit melalui peningkatan cash flow bagi rumah sakit.”

Baca juga: BigBox dari Leap Telkom Digital Berperan dalam Membangun Manajemen Data Analitik BPOM

Untuk informasi lebih lanjut tentang SATUNADI dan produk Leap Telkom Digital lainnya, kunjungi leap.digitalbisa.id/#products. Transformasi digital di sektor kesehatan Indonesia kini semakin maju dengan adanya SATUNADI.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks