Mengenal Mobil Hybrid: Apa Itu, Jenis Teknologi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Mobil Hybrid

Mobil hybrid kini menjadi salah satu jenis mobil listrik yang semakin digalakkan di Indonesia. Jenis mobil ini memiliki kelebihan dalam menghemat penggunaan bahan bakar, serta lebih ramah lingkungan. Namun, sebagian orang mungkin masih belum mengenal betul apa itu mobil hybrid. Nah, kali ini kami akan membahasnya secara lengkap, termasuk sistem dan cara kerjanya. Yuk, simak baik-baik!

Apa Itu Mobil Hybrid?

Mobil hybrid adalah jenis mobil listrik yang mengandalkan dua mesin penggerak, yaitu mesin bensin konvensional dan motor listrik. Kombinasi dari kedua mesin penggerak ini membuat mobil jenis ini menjadi lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil bensin konvensional. Ketika mesin listrik dinyalakan, maka mesin yang menggunakan bahan bakar sama sekali tidak bekerja.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Jenis Teknologi Hybrid

Terdapat tiga jenis sistem hybrid yang biasanya terdapat pada mobil yang mengusung teknologi ini. Berikut penjelasannya:

  1. Sistem Hybrid Series Listrik dihasilkan dari kinerja mesin bensin, sedangkan rodanya digerakkan menggunakan motor listrik.
  2. Sistem Hybrid Paralel Motor listrik bertugas menjalankan mobil untuk menunjang mesin bensin.
  3. Sistem Hybrid Series-Paralel Menggunakan perpaduan antara mesin bensin dan juga motor listrik untuk menggerakkan roda mobil. Sistem ini mampu menghemat energi lebih optimal dan kerap disebut sebagai full hybrid.

Cara Kerja

mesin Mobil Hybrid
ilustrasi

Untuk memahami lebih mendalam seputar bagaimana cara kerja mobil hybrid, pembahasannya harus dibagi ke dalam beberapa tahap, sebagai berikut:

  1. Saat Mesin Dihidupkan Ketika mobil pertama kali dihidupkan dan mesin mulai panas, generator akan mulai mengubah energi yang berasal dari mesin bensin menjadi energi listrik. Energi listrik ini yang nantinya bisa digunakan untuk mengisi baterai dalam mobil jika memang perlu diisi.
  2. Saat Mobil dalam Kecepatan Ketika mobil melaju dalam kecepatan sekitar 60-80 km/jam, mesin bensin akan mengambil alih tenaga penggerak mobil secara penuh. Dalam saat bersamaan, mesin bensin juga mampu mengisi (charge) baterai mobil melalui generator. Pada mobil full hybrid, mesin bensin dan motor listrik akan bekerja berdampingan untuk menjalankan mobil.
  3. Saat Kondisi Menyalip Saat hendak menyalip, tenaga dari mesin bensin dan motor listrik dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan ketika sedang menyalip.
  4. Saat Pengereman Proses pengereman mobil biasa disebut dengan istilah regeneratif (regenerative braking). Putaran roda akan digunakan generator untuk mengubah energi gerak menjadi energi listrik.

Itulah tadi beberapa tahapan cara kerjanya, dimana mesin bensin dan motor listrik bekerja bersamaan dalam menjalankan mobil. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar mobil jenis ini jauh lebih irit dan ramah lingkungan.

Baca juga: Aprilia ELECTRICa Motor Listrik Bergaya SuperMoto Mejeng di EICMA 2022

Kelebihan dan Kekurangan

Tentu saja, mobil hybrid memiliki kelebihan dan kekurangan seperti mobil jenis lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan:

Kelebihan:

  • Lebih irit bahan bakar dibanding mobil konvensional.
  • Getaran sangat minim dan suara mesin halus.
  • Performa dan akselerasi lebih mumpuni.

Kekurangan:

  • Harga mobil ini cenderung mahal.
  • Perawatan dan perbaikannya lebih rumit dan mahal.
  • Banyak komponen yang rentan terkena air.

Daftar Mobil Hybrid Terbaik di Indonesia

Tertarik memilikinya? Berikut adalah beberapa mobil yang menggunakan teknilogi tersebut di Indonesia:

  1. Toyota Corolla Cross Hybrid
  2. Toyota Camry Hybrid
  3. Toyota C-HR Hybrid
  4. Toyota Corolla Altis Hybrid
  5. Lexus ES 300h
  6. Nissan Kicks e-Power
  7. BMW i3
  8. Mitsubishi Outlander PHEV
  9. Suzuki Ertiga Hybrid

Kesimpulan

Mobil hybrid adalah salah satu jenis mobil listrik yang semakin populer di Indonesia. Kelebihan mobil ini terletak pada efisiensi bahan bakarnya yang lebih tinggi, serta lebih ramah lingkungan. Jenis mobil ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti harga yang cenderung mahal dan perawatan yang lebih rumit.

Namun, dengan keunggulannya yang mumpuni, mobil hybrid menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang mengutamakan efisiensi dan ramah lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks