Berita  

Meta Mengembangkan Proyek Hardware AI Terbaru: “Camerabuds”

Camerabuds
Ilustrasi

Sobat, kalian pasti sudah tahu bahwa Meta sangat ingin membuktikan dirinya sebagai perusahaan AI terdepan. Nah, kali ini mereka lagi-lagi membuat gebrakan dengan menjajaki proyek hardware baru yang dikabarkan sebagai “Camerabuds”. Proyek ini masih dalam tahap awal, namun jika berhasil, bisa jadi akan merubah cara kita menggunakan earbud atau headphone.

Apa Itu “Camerabuds”?

Menurut laporan terbaru dari The Information, Meta sedang mengeksplorasi desain untuk headphone atau earbud yang dilengkapi dengan kamera menghadap ke luar. Ide dasarnya adalah menggunakan dua kamera ini untuk mendeteksi lingkungan sekitar pemakai dan mengaktifkan fitur AI secara real-time. Jadi, bayangkan kamu bisa memakai earbud yang bisa memberitahumu jika ada sesuatu di sekitarmu yang perlu diperhatikan, mirip dengan fitur AI multimodal yang sudah ada di kacamata pintar mereka.

Namun, ada banyak tantangan yang harus dihadapi Meta sebelum proyek ini bisa direalisasikan. Mark Zuckerberg sendiri kabarnya sudah melihat beberapa desain yang mungkin untuk perangkat ini, tetapi belum ada yang memuaskan baginya. Masalah teknis seperti umur baterai, panas yang dihasilkan, dan berbagai isu privasi menjadi perhatian utama. Selain itu, ada juga masalah praktis seperti rambut panjang yang bisa menghalangi pandangan kamera.

Track Record Meta dalam Hardware

Kalau kita lihat ke belakang, Meta punya track record yang cukup beragam dalam proyek hardware. Mereka pernah membatalkan lineup smart speaker bernama Portal pada 2022 dan juga smartwatch dengan kamera yang sudah lama dirumorkan.

Meski begitu, versi terbaru dari kacamata pintar mereka yang berkolaborasi dengan Ray-Ban dan dilengkapi Meta AI telah mendapatkan respon yang lebih positif. Walaupun Meta tidak mengungkapkan jumlah penjualan, Zuckerberg mengatakan bahwa permintaan tinggi dan keterlibatan pengguna lebih baik daripada generasi pertama.

Menempatkan Meta AI ke dalam perangkat hardware baru sangat sesuai dengan ambisi perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan AI terkemuka lainnya. Meski perangkat AI khusus seperti Rabbit’s R1 dan Humane’s AI Pin sejauh ini belum memuaskan, Meta mungkin berharap bahwa memasukkan fitur AI terbaru mereka ke dalam perangkat yang sudah biasa digunakan orang, seperti headphone, akan lebih mudah diterima pasar.

Apa yang Bisa Kita Harapkan?

Jadi, apa yang bisa kita harapkan dari proyek ini? Jika “Camerabuds” ini berhasil, kita mungkin akan melihat era baru di mana earbud bukan hanya alat untuk mendengarkan musik atau menerima panggilan, tapi juga menjadi asisten AI yang bisa membantu kita dalam berbagai situasi sehari-hari. Bayangkan earbud yang bisa memberitahumu jika ada kendaraan mendekat saat kamu berjalan, atau mengingatkanmu untuk mengambil payung saat cuaca terlihat mendung.

Namun, seperti semua proyek teknologi canggih, hanya waktu yang bisa menjawab apakah “Camerabuds” akan menjadi produk revolusioner atau hanya sekedar konsep yang akhirnya ditinggalkan. Tetaplah update, Sobat, karena dunia teknologi selalu penuh dengan kejutan yang menarik!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks