Gamma, Emulator PS1 Gratis di App Store Hadir dengan Fitur Lengkap!

Gamma
Image screenshot via Youtube/Andrew Tsai's Tips

Sobat! Kabar gembira bagi kalian yang rindu dengan game-game klasik dari masa lalu. Hanya berselang sebulan sejak Apple mulai mengizinkan emulator game retro di App Store, kita sudah disuguhi dengan hit baru kedua. Setelah sukses besar dengan emulator Nintendo, Delta, kini hadir Gamma, sebuah emulator PS1 gratis dengan fitur lengkap yang siap membawa kita kembali ke dunia polygon yang ikonik. Yuk, kita bahas lebih dalam tentang Gamma dan fitur-fiturnya yang menarik!

Kenalan dengan Gamma

Gamma adalah hasil karya pengembang ZodTTD, yang sudah lama berkecimpung di dunia emulator sejak awal munculnya iPhone. Aplikasi ini terutama dirancang untuk smartphone Apple, namun juga tersedia versi khusus untuk iPad. Menarik, bukan? Sobat yang memiliki iPad bisa menikmati pengalaman bermain game retro dengan layar yang lebih besar.

Fitur-fitur Unggulan Gamma

Gamma dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuatnya menonjol di antara emulator lainnya. Berikut beberapa fitur unggulannya:

  1. Dukungan Kontroller Bluetooth dan Keyboard:
    Gamma mendukung berbagai macam input, termasuk kontroller Bluetooth dan keyboard. Kalian bisa memilih cara bermain yang paling nyaman. Selain itu, Gamma juga memiliki skin kontroller on-screen yang bisa dikustomisasi, meskipun bermain game lawas dengan touchscreen bisa jadi agak menantang.
  2. Sinkronisasi dengan Google Drive dan Dropbox:
    Untuk memudahkan kalian dalam menyimpan file game dan save state, Gamma menggunakan sinkronisasi dengan Google Drive dan Dropbox. Ini memastikan data game kalian aman dan bisa diakses kapan saja.
  3. Otomatis Mengambil Cover Artwork:
    Gamma juga bisa secara otomatis mengambil cover artwork game yang kalian mainkan. Ini menambah kesan estetik dan memudahkan kalian dalam mengatur koleksi game.

Berbasis Delta

Gamma ternyata dibangun dengan menggunakan kode dasar dari emulator Delta. Delta sendiri adalah emulator Nintendo yang sangat populer dan sudah menjadi penghuni tetap di chart App Store sejak diluncurkan. Delta mendukung berbagai konsol Nintendo, termasuk NES, SNES, dan Game Boy, serta memiliki integrasi dengan berbagai kontroller pihak ketiga.

Fitur-fitur seperti sinkronisasi cloud, save state, dan pengaturan kontrol yang fleksibel membuat Delta sangat diminati. Dengan dasar yang sama, Gamma juga menawarkan stabilitas dan fungsionalitas yang serupa, sehingga tidak heran jika Gamma juga cepat meraih popularitas.

Legalitas dan ROM Files

Seperti halnya emulator lainnya, kalian perlu menyediakan game sendiri dalam bentuk ROM files. ROM files adalah salinan digital dari game fisik yang kalian miliki. Untuk tetap berada di sisi hukum yang benar, pastikan kalian mengkonversi judul game yang sudah dimiliki menjadi file ROM. Mengunduh ROM dari sumber yang tidak sah bisa melanggar hak cipta dan dianggap ilegal.

Tantangan dan Kendala

Meskipun Gamma menduduki peringkat enam di App Store, melebihi aplikasi streaming seperti Disney+ dan Hulu, ulasan pengguna masih campur aduk. Banyak yang mengeluhkan bahwa UI perlu diperbarui dan beberapa kontroller pihak ketiga seperti perangkat Backbone menyebabkan aplikasi crash.

Beberapa pengguna juga melaporkan masalah kompatibilitas dengan game tertentu, yang dapat mempengaruhi pengalaman bermain. Namun, perbaikan diperkirakan akan segera hadir, mengingat respons cepat dari pengembang terhadap feedback pengguna.

Game-game Klasik yang Menunggu untuk Dimainkan

Bagi Sobat yang ingin bernostalgia, ada beberapa game klasik yang sangat layak untuk dimainkan ulang. Berikut adalah beberapa game legendaris yang bisa kalian nikmati kembali dengan Gamma:

  1. Oddworld: Abe’s Oddysee: Game platformer yang unik ini mengisahkan petualangan Abe, seorang pekerja di pabrik yang berusaha melarikan diri dan menyelamatkan teman-temannya dari perbudakan. Game ini terkenal dengan cerita yang dalam, humor yang gelap, dan mekanika permainan yang menantang.
  2. Crash Team Racing: Merupakan game balap kart yang sangat populer di era PS1. Kalian bisa bermain sebagai karakter-karakter dari dunia Crash Bandicoot dan bersaing dalam berbagai lintasan yang seru. Game ini dikenal dengan mode multiplayer yang adiktif dan berbagai power-up yang menarik.
  3. Final Fantasy VII: Game RPG ikonik yang mengikuti petualangan Cloud Strife dan kawan-kawan melawan korporasi jahat Shinra dan ancaman Sephiroth. Dengan cerita epik, sistem pertarungan turn-based yang inovatif, dan grafis yang mengesankan pada masanya, game ini merupakan salah satu RPG terbaik sepanjang masa.
  4. Metal Gear Solid: Game stealth-action yang memperkenalkan kita pada Solid Snake dan misinya untuk menghentikan ancaman nuklir. Dengan narasi yang mendalam, karakter yang kompleks, dan gameplay yang menantang, Metal Gear Solid menjadi salah satu game yang wajib dimainkan oleh para penggemar genre ini.

Penutup

Gamma membawa angin segar bagi pecinta game retro, terutama bagi pengguna iOS yang sudah lama menantikan kehadiran emulator PS1 yang andal. Dengan fitur lengkap dan dukungan sinkronisasi yang memudahkan, Gamma menjadi pilihan tepat untuk Sobat yang ingin kembali menikmati game klasik.

Meskipun masih ada beberapa kendala, perkembangan dan perbaikan yang terus dilakukan oleh pengembang pasti akan meningkatkan pengalaman bermain kalian.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh Gamma di App Store dan mulailah petualangan nostalgia kalian. Happy gaming, Sobat!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks