Gadget  

Realme 12 5G vs Samsung Galaxy A35 5G: Duel Gadget yang Seru di 2024

Realme 12 5G vs Samsung Galaxy A35 5G

Sobat! Tahun ini, pasar smartphone kembali diramaikan dengan dua rilisan terbaru yang bikin penasaran: Realme 12 5G dan Samsung Galaxy A35 5G. Kedua gadget ini punya spesifikasi yang cukup mumpuni di kelas mid-range, dengan banderol harga yang juga bersaing.

Yuk, kita ulik lebih dalam perbandingan antara kedua smartphone ini!

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Desain dan Ketahanan

Membahas desain dan ketahanan, Realme 12 5G dan Samsung Galaxy A35 5G menawarkan nuansa yang berbeda.

Realme 12 5G dengan bodinya yang sleek dan ramping, memberikan kesan modern dan stylish, cocok buat Sobat yang suka gaya minimalis namun elegan.

Warna Twilight Purple dan Woodland Green-nya menambah kesan mewah dan berkelas. Meski ketahanannya di level IP54, yang artinya tahan debu dan percikan air, sudah cukup buat penggunaan sehari-hari yang tidak terlalu ekstrem.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A35 5G lebih fokus pada durabilitas dengan sertifikasi IP67. Ini artinya, gadget ini lebih siap menghadapi petualangan Sobat, bisa tahan debu dan bertahan di bawah air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Desainnya yang sedikit lebih tebal dan berat memberikan kesan robust dan tangguh. Warna Awesome Lilac, Awesome Navy, dan Awesome Iceblue memberikan opsi yang berani dan unik, menunjukkan karakter kuat bagi penggunanya.

Layar: Persaingan Teknologi untuk Pengalaman Visual Terbaik

Beranjak ke layar, kedua smartphone ini membawa keunggulan masing-masing. Layar IPS LCD pada Realme 12 5G dengan ukuran 6.72 inci dan refresh rate 120 Hz menjanjikan pengalaman visual yang mulus dan responsif, sangat cocok untuk gaming dan menonton video.

Fitur Mini Capsule 2.0 yang mengingatkan kita pada Dynamic Island di iPhone, menambahkan nilai plus pada interaksi pengguna dengan notifikasi dan kontrol musik.

Samsung Galaxy A35 5G, dengan layarnya yang sedikit lebih kecil, 6.6 inci, tidak kalah mengesankan berkat panel Super AMOLED yang memberikan warna lebih vibrant dan hitam yang dalam.

Refresh rate 120 Hz sama-sama menawarkan pengalaman yang fluid, namun dengan kecerahan maksimal 1000 nit dan proteksi Corning Gorilla Glass Victus+, membuatnya lebih unggul dalam hal kualitas visual dan ketahanan layar terhadap goresan dan benturan.

Performa: Kinerja Tinggi untuk Setiap Kebutuhan

Dalam hal performa, Realme 12 5G dan Samsung Galaxy A35 5G sama-sama menjanjikan. Chipset MediaTek Dimensity 6100+ pada Realme 12 5G, dipadu dengan RAM 8 GB dan memori internal yang luas, 256 GB, membuatnya sangat andal untuk menjalankan aplikasi berat, multitasking, hingga gaming level tinggi.

Teknologi Dynamic RAM yang bisa menambah kapasitas RAM hingga 8 GB lagi, menjadikan smartphone ini monster multitasking yang sesungguhnya.

Samsung tidak mau kalah dengan chipset Exynos 1380 yang mengotaki Galaxy A35 5G. Dengan pilihan memori internal yang fleksibel dan RAM 8 GB, ditambah dukungan GPU Mali-G68 MP5, menjamin kinerja yang stabil dan lancar untuk berbagai penggunaan.

Dukungan memori eksternal hingga 1 TB pada slot hybrid memberikan keleluasaan penyimpanan yang luas bagi Sobat yang hobi fotografi atau memiliki banyak koleksi media.

Kamera: Memotret Dunia dengan Detail dan Fleksibilitas

Bahas lebih dalam ke dunia fotografi, kedua ponsel ini punya pendekatan yang menarik.

Realme 12 5G membanggakan kamera belakang ganda dengan sensor utama 108 MP. Ini bukan hanya tentang angka, guys. Resolusi sebesar itu berarti Sobat bisa mengharapkan detail yang sangat tinggi dalam setiap jepretan, memungkinkan crop foto tanpa kehilangan kualitas yang signifikan.

Plus, fitur seperti PDAF dan HDR memastikan setiap foto terlihat tajam dan berwarna natural, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang tidak ideal.

Sementara itu, Samsung Galaxy A35 5G mengambil rute yang sedikit berbeda dengan tiga kamera belakangnya, memberikan fleksibilitas lebih dalam pengambilan gambar.

Sensor wide 50 MP-nya sudah cukup untuk menangkap detail yang luar biasa, ditambah dengan lensa ultrawide 8 MP untuk foto landscape atau kelompok yang lebih luas, dan lensa macro 5 MP untuk detail super close-up.

Plus, dukungan OIS dan video 4K menjadikan A35 5G pilihan yang solid bagi Sobat yang serius dalam videografi.

Untuk selfie, Realme 12 5G dengan kamera depan 8 MP-nya cukup untuk kebutuhan video call dan selfie.

Namun, Samsung menawarkan sesuatu yang lebih dengan kamera depan 13 MP yang mendukung perekaman video hingga 4K@30fps, ideal untuk vlogger atau Sobat yang suka membuat konten video dengan kamera depan.

Baterai dan Fitur Tambahan: Energi dan Kemudahan Sehari-hari

Sobat pasti setuju kalau baterai adalah salah satu faktor terpenting dalam memilih smartphone. Baik Realme 12 5G maupun Samsung Galaxy A35 5G, kedua-duanya dibekali baterai 5000 mAh yang menjanjikan daya tahan sehari penuh.

Tapi, Realme 12 5G unggul dalam hal pengisian cepat dengan 45W yang bisa mengisi daya 50% hanya dalam 30 menit. Ini artinya, Sobat bisa lebih cepat kembali ke aktivitas tanpa harus menunggu lama-lama.

Fitur tambahan seperti NFC dan GPS tentu sudah menjadi standar, tapi yang menarik adalah perbedaan sensor sidik jari.

Galaxy A35 5G mengusung fingerprint optik di bawah layar yang menambahkan unsur premium dan kemudahan akses.

Sementara Realme 12 5G memilih untuk menempatkan sensor sidik jari di samping, yang juga praktis dan cepat. Pilihan antara kedua gaya ini tergantung pada preferensi pribadi Sobat.

Perbandingan Lainya:

Harga dan Kesimpulan: Menimbang Mana yang Terbaik untuk Sobat

Kita telah membahas perbandingan mendalam antara Realme 12 5G dan Samsung Galaxy A35 5G, dua ponsel yang menjanjikan di segmen mid-range dengan fitur yang cukup menggiurkan.

Realme 12 5G, dengan harga Rp 3.699.000, menjadi pilihan yang sangat menarik dengan kelebihannya di kecepatan pengisian baterai super cepat dan sensor kamera utama yang besar untuk penggemar fotografi.

Pilihan warna yang stylish dan desain yang ramping menjadikannya companion yang pas untuk Sobat yang mengutamakan estetika dan performa.

Di sisi lain, Samsung Galaxy A35 5G menawarkan lebih dari sekadar ponsel dengan harga Rp 4.999.000. Dengan ketahanan bodi IP67, kualitas layar Super AMOLED yang superior, dan fleksibilitas kamera, ponsel ini cocok untuk Sobat yang mengutamakan durabilitas dan kualitas visual.

Plus, fitur seperti fingerprint optik di bawah layar menambah kesan premium pada ponsel ini.

Jadi, Sobat, saatnya memutuskan. Apakah Sobat lebih memprioritaskan kemampuan fotografi dan pengisian cepat yang ditawarkan Realme 12 5G?

Ataukah Sobat lebih tertarik pada ketahanan, kualitas visual, dan fleksibilitas kamera yang disuguhkan Samsung Galaxy A35 5G?

Ingat, setiap pilihan memiliki kelebihan masing-masing yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup berbeda.

Tidak ada jawaban yang salah di sini, Sobat. Yang penting, pilihlah yang terbaik menurut Sobat, yang bisa mendukung aktivitas sehari-hari, baik untuk gaming, fotografi, maupun penggunaan sehari-hari yang tangguh.

Semoga ulasan ini membantu Sobat dalam memilih companion digital yang tepat. Happy choosing, guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks