Telko  

Telkom Indonesia Perkuat Komitmen SDGs Melalui Berbagai Program Bantuan

telkom sdgs
Ilustrasi

Jakarta – Dalam rangka mendukung capaian Sustainable Development Goals (SDGs), PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah menegaskan komitmennya untuk terus memberikan beragam bantuan kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan, yang selaras dengan prinsip Environmental, Social, and Corporate Governance (ESG) melalui inisiatif EXIST (ESG Existence for Sustainability by Telkom Indonesia).

Program TJSL Telkom di tahun 2023 difokuskan pada tiga aspek utama: ekonomi, sosial, dan lingkungan, dengan pelaksanaannya diselaraskan dengan enam poin SDGS.

Kegiatan-kegiatan ini mencakup e-waste management, sinergi dengan komunitas sadar lingkungan, penanaman terumbu karang dan mangrove, konservasi hutan, renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), donasi perangkat elektronik untuk pendidikan (Eduvice), serta bantuan sarana air bersih dan renovasi MCK umum.

Program bantuan sarana air bersih, yang mengacu pada SDGs poin ke-6, telah diimplementasikan di 74 titik lokasi di seluruh Indonesia, memberikan akses air bersih kepada masyarakat yang menghadapi kesulitan mendapatkan sumber air bersih.

“Melalui program ini, Telkom berharap mampu memberikan kemudahan akses air bersih bagi masyarakat yang seringkali mengalami kekeringan,” kata SGM Community Development Center Telkom Indonesia, Hery Susanto.

Selain itu, program RTLH dan e-waste management berkontribusi pada pencapaian SDGs poin ke-11 dan ke-12, dengan fokus pada pembangunan kota dan pemukiman yang berkelanjutan serta konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab.

Di tahun yang sama, Telkom juga menggalang kerjasama dengan 36 komunitas lingkungan untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan, mendukung pelestarian fauna dan lingkungan, serta pengolahan limbah.

Dalam upaya mendukung SDGs poin ke-14 dan ke-15, Telkom telah berhasil menanam 48.500 pohon mangrove dan 3.529 substrat terumbu karang, serta melaksanakan program konservasi hutan digital dengan luas konservasi mencapai 41.550 hektare.

Baca juga: Proyek ICE IV: Jaringan Kabel Laut Baru Asia, India, Timur Tengah

Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pemulihan dan pelestarian lingkungan, tetapi juga melibatkan karyawan dan keluarga besar TelkomGroup dalam prosesnya.

“Melalui program-program ini, Telkom berharap dapat mendukung capaian Sustainable Development Goals di tahun 2030 nantinya,” tutup Hery. Inisiatif Telkom ini menunjukkan komitmen kuat perusahaan terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, serta upaya nyata dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks