Telkom, Kementerian BUMN dan BNPT Berhasil Berdayakan Ekonomi Ex-Napiter Lewat Pelatihan Kewirausahaan

ilustrasi Ex-Napiter
Ilustrasi

Kerja sama antara PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah membuahkan hasil positif dalam upaya meningkatkan kemandirian ekonomi para mantan narapidana terorisme (ex-Napiter). Program pelatihan kewirausahaan yang diperuntukkan bagi ex-Napiter telah sukses dilaksanakan selama tiga tahun terakhir di tiga kabupaten di Indonesia, yakni Lamongan, Malang, dan Sidoarjo.

Pelatihan yang dilakukan secara efektif dengan metode interaktif ini memberikan keterampilan dan pengetahuan tentang kewirausahaan, pemasaran, pengelolaan bisnis, perancangan kemasan untuk ekspor, pelatihan sablon, dan memasak. Program pelatihan ini tidak hanya memberikan ilmu yang berguna untuk para peserta, namun juga memberikan dukungan berupa bantuan permodalan alat kerja dan beasiswa pendidikan bagi anak ex-Napiter peserta pelatihan yang mengalami kesulitan perekonomian.

Telkom, selaku pelaksana program, memberikan bantuan tersebut dengan total nilai lebih dari Rp800 juta, yang telah tersalurkan dengan baik ke peserta pelatihan di tiga wilayah. Para ex-Napiter yang telah mengikuti program pelatihan dan memiliki alat kerja yang memadai dapat bergabung sebagai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baru yang tergabung dalam program Binaan Telkom. Dengan bergabung dalam program ini, para peserta mendapatkan pembinaan serta pendampingan secara berkala untuk meningkatkan produktivitas dan kemandirian ekonomi mereka.

SGM Community Development Center (CDC) Telkom, Hery Susanto, menyampaikan bahwa program pelatihan kewirausahaan ini memberikan kesempatan bagi para ex-Napiter untuk mengeksplorasi minat dan keahlian masing-masing sehingga dapat menentukan bidang yang tepat dan Telkom juga akan memberikan dukungan alat kerja yang dibutuhkan. Melalui program pelatihan dan bantuan ini, Telkom berharap dapat meningkatkan produktivitas para ex-Napiter serta membantu mereka memulihkan perekonomian mereka, sehingga terhindar dari pengaruh terorisme yang merugikan.

Baca juga: Telkom Dukung Wirausaha Milenial Guna Percepat Pertumbuhan Ekonomi Mikro

Program pelatihan dan bantuan yang dilaksanakan oleh Telkom, Kementerian BUMN, dan BNPT ini selaras dengan sasaran Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-11 dalam mendorong peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat yang berkesinambungan serta keberlanjutan dan kualitas lingkungan hidup sosial bermasyarakat di Indonesia.

Ex-Napiter
Salah satu pelaksanaan program pelatihan kewirausahaan Telkom untuk ex-Napiter yang diselenggarakan di Kabupaten Lamongan dengan total peserta sebanyak 30 orang.


Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks