PT Telkom Data Ekosistem Gandeng NAVER Cloud dan Cisco untuk Percepatan Transformasi Digital Bisnis di Indonesia

transformasi digital NAVER Cloud dan Cisco

Pada hari Rabu, 1 Maret 2023, PT Telkom Data Ekosistem (TDE), sebuah anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), melalui NeutraDC, menjalin kerja sama strategis dengan NAVER Cloud dan Cisco. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong percepatan transformasi digital sektor bisnis di Indonesia. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan oleh CEO TDE (NeutraDC) Andreuw Th.A.F, CEO APAC Development di NAVER Cloud, dan Presiden Penyedia Layanan, Asia Pasifik dan Jepang, Cisco, Sanjay Kaul.

Komisaris Telkom Rizal Mallarangeng, Komisaris Independen Telkom Abdi Negara Nurdin, Direktur Wholesale & International Service Telkom Bogi Witjaksono, serta jajaran Direksi NeutraDC, NAVER Cloud, dan Cisco turut hadir dalam agenda tersebut.

Kolaborasi antara NeutraDC, NAVER Cloud, dan Cisco ini diharapkan dapat memberikan layanan sistem cloud computing yang semakin andal dan dapat terjamin keamanannya, seiring dengan tingginya aktivitas bisnis dan kebutuhan pelanggan akan layanan cloud. Hal ini juga memungkinkan semua pihak untuk memanfaatkan pengetahuan lokal dan mendukung infrastruktur data center TDE dalam memberikan layanan cloud terbaik bagi pemain bisnis di Indonesia.

CEO Telkom Data Ekosistem, Andreuw Th.A.F, mengungkapkan kegembiraannya dalam bekerja sama dengan NAVER Cloud dan Cisco untuk mendukung hyperscale data center di Cikarang, Indonesia. “MOU ini akan mendorong kolaborasi dan knowledge-sharing antara ketiga perusahaan, yang akan menghasilkan pengembangan bakat dan keterampilan dalam cloud computing di Indonesia. Hal ini dapat bermanfaat bagi perusahaan lokal di Indonesia berupa peningkatan ketangkasan, skalabilitas, dan efisiensi biaya untuk bersaing lebih baik dalam ekonomi digital.”.

Baca juga: Telkom dan Cisco Jalin Kerjasama Guna Memacu Pertumbuhan Ekonomi dan Industri 4.0 di Indonesia

NeutraDC, yang merupakan penghubung bagi perusahaan internasional untuk dapat mengakses eyeball terbesar dan ekonomi digital Indonesia, juga menghubungkan seluruh fasilitas sumber daya data center TDE di Indonesia. NeutraDC didukung oleh TelkomGroup yang memiliki ekosistem digital yang kuat dengan melibatkan banyak pihak, termasuk pemain Hyperscale, untuk dapat memanfaatkan infrastruktur digital yang terintegrasi secara maksimal dengan koneksi jaringan yang komprehensif.

CEO APAC Development di NAVER Cloud, Weongi Park, menyatakan kebanggaannya membawa pengetahuan dan pengalaman dalam teknologi cloud ke pasar Indonesia bekerja sama dengan Telkom group dan Cisco. “Kemitraan ini akan membantu mendorong inovasi dan memberikan manfaat teknologi cloud kepada bisnis dan konsumen di Indonesia.”

Sementara itu, Presiden Penyedia Layanan, Asia Pasifik dan Jepang, Cisco, Sanjay Kaul, turut menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara tiga perusahaan ini. “Di Cisco, kemitraan adalah inti dari semua yang kami lakukan, oleh karena itu kami sangat senang dapat bekerja sama dengan NAVER Cloud dan Telkom group dalam usaha inovatif ini.

PT Telkom Data Ekosistem Gandeng NAVER Cloud dan Cisco
CEO Wholesale & International Business TelkomGroup, Bogi Witjaksono (tengah) foto bersama dengan jajaran Komisaris dan Direksi TelkomGroup, NAVER Cloud, dan Cisco usai penandatanganan Nota Kesepahaman yang dilakukan oleh CEO Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) Andreuw Th.A.F (ketiga dari kanan), President, Service Provider, Asia Pacific dan Cisco Jepang, Sanjay Kaul (keempat dari kiri), dan CEO APAC Development di NAVER Cloud, Weongi Park (keempat dari kanan) pada Rabu (1/3).


Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks