Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Termux adalah salah satu aplikasi di Android yang memiliki fungsi powerful. Tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan aplikasi satu ini untuk kegiatan yang berhubungan dengan konfigurasi sistem, seperti menjadikan SSH Client, bahkan sampai meretas Wifi.

Meski identik dengan retas-meretas, sebenarnya Termux memiliki fungsi yang lebih banyak dan tentunya berguna, lho.

Lantas, apa itu Termux, dan bagaimana cara kerjanya? Jika Sobat penasaran, yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Apa Itu Termux?

Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Mungkin istilah satu ini sudah tidak asing lagi bagi para pengembang perangkat lunak. Nah, Termux adalah terminal emulator dan environment Linux berbasis Linux Debian.

Lalu apa itu terminal emulator? Jika dianalogikan, terminal emulator tersebut semacam Command Prompt (CMD) pada Windows atau Linux di komputer Sobat. Nah, CMD sendiri memang secara default berada di OS Windows atau Linux, sementara untuk terminal emulator; Termux ini adanya di sistem operasi Android.

Fungsi utama dari terminal ini yaitu untuk menginput perintah, menampilkannya, lalu mencetak data.

Untuk paket-paket di Termux sendiri dikompilasi silang dengan Android NDK, dan memiliki patch kompatibilitas untuk membuatnya dapat dijalankan di Android. Hal ini dimaksudkan karena semua file diinstal di direktori aplikasi, maka rooting tidak diperlukan.

Fungsi Termux

Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Seperti yang telah kami sebutkan di awal, Termux ini hampir sama dengan CMD, di mana bertindak sebagai terminal emulator di OS Android. Meski dianalogikan sama, sebenarnya perintah-perintah yang digunakan cukup jauh berbeda, lho.

Secara garis besar, kegunaan dari Termux ini meliputi:

  1. Memungkinkan pengguna dapat mengoperasikan bahasa pemprograman seperti Python, Ruby, dan Perl secara langsung tanpa perlu proses rooting terlebih dahulu.
  2. Memungkinkan untuk meretas jaringan wifi, mempercepat koneksi internet, dan membuat jaringan internet tetap stabil.
  3. Dapat difungsikan untuk SSH Client.
  4. Dapat menjalankan aplikasi teks editor berbasis terminal.
  5. Pengguna dapat mengakses internet dengan Lynx atau browser yang menggunakan basis terminal.
  6. Dapat meng-eject Flashdisk dari smartphone yang tersambung dengan OTG.
  7. Dapat digunakan untuk mencari file yang tersembunyi didalam penyimpanan perangkat smartphone dengan cepat meskipun terdapat banyak sub folder.
  8. Bisa menjadi indikator keamanan akun dari serangan peretasan.
  9. Dapat juga dijadikan sebagai pengujian keamanan suatu jaringan.
  10. Membuat backdoor.
  11. Membuat dan menjalankan bot (facebook, instagram, dll).
  12. Dapat melakukan aktivitas spamming.

Kegunaan Termux sebenarnya bukan hanya kesembilan poin di atas saja, Termux masih dapat difungsikan untuk kegiatan lain bergantung dari pengguna yang memberikan perintah.

Apakah Termux sering diandalkan untuk hacking?

Banyak pengguna Termux yang belajar untuk meretas suatu sistem. Ibaratnya, Termux ini dapat dijadikan alat latihan. Aplikasi Termux juga bisa digunakan untuk meretas website. Akan tetapi jika Sobat ingin menggunakan Termux untuk tujuan hacking, biasanya dibutuhkan aplikasi / tools pendukung lainnya, seperti Hydra, Nmap, dan sejenisnya.

Kelebihan Termux

Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Termux adalah tools yang tentunya memiliki beberapa kelebihan dibalik fungsinya yang powerful. Adapun kelebihannya seperti:

  • Cenderung Aman – Dengan Termux Sobat dapat mengakses server jarak jauh menggunakan ssh client dari Open SSH.
  • Fitur Include Lengkap – Terdapat cukup banyak fitur tambahan. Misalnya seperti Bash, fish, Zsh, Nano, Emacs atau Vim. Selain itu ada juga Grep SMS, akses API terendah dengan curl hingga rysnc untuk menyimpan kontak dari server jarak jauh.
  • Dapat Dikustom– Maksud dari kelebihan ini adalah Termux memungkinkan untuk dapat di custom sesuai dengan kebutuhan, dengan cara menginstal paket dari APT Package dari debian dan ubuntu.
  • Dapat Mengeksplor Lebih Banyak – Pengguna dapat dengan mudah mengeksplor paket Max dan Linux.
  • Battery Included – Menariknya, Termux di dalamnya sudah termasuk konsol Python, Versi Perl, Ruby, dan Node.js terbaru.
  • Bisa Scale Up – Maksud kelebihan ini yaitu Termux memungkinkan untuk menyambungkan keyboard bluetooth, mengaitkan perangkat dengan layar eksternal dan mengatur mouse.
  • Tinkerable – Pengguna dapat mengembangkan, mengkompilasi file C dengan Clang atau membuat paket sendiri dengan CMake dan pkg-config yang tersedia.

Itulah beberapa kelebihan dari Termux ini. Meski terlihat powerful, untuk mengoperasikan Termux juga membutuhkan waktu karena perlu dipelajari terlebih dahulu.

Cara Install Termux di Android

Termux Adalah? Begini Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya!

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lainnya, untuk menginstall Termux sangatlah mudah. Sobat bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  • Pertama, silakan Sobat unduh aplikasi Termux melalui Google Play Store atau lewat app market lain seperti APK Pure.
  • Setelah itu, Sobat bisa cari nama Termux di kotak search.
  • Selanjutnya pilih install pada detail aplikasi termux.
  • Tunggu proses installing selesai
  • Jika sudah ter-install, silakan Sobat langsung buka.
  • Sobat sudah bisa mengoperasikan Termux sesuai keinginan.

Aplikasi PC & Android Untuk Kegiatan Hacking Lainnya

Aplikasi PC & Android Untuk Kegiatan Hacking Lainnya

Selain Termux, ada banyak aplikasi Android dan PC yang bisa digunakan untuk meretas sebuah sistem. Ini hanya sebagai informasi semata saja. Berikut daftar aplikasi PC dan Android untuk hacker:

Netsparker

Mungkin sebagian orang masih agak asing dengan aplikasi Netsparker ini. Nah, Netsparker adalah merupakan layanan web application security scanner, di mana ini dapat membantu para web developer dalam mencari bug atau celah keamanan pada sebuah website.

Meski begitu, sayangnya tidak jarang juga Netsparker banyak disalahgunakan oleh para hacker untuk menganggu website orang lain dan tidak bertanggung jawab. Mereka biasanya mencari website dengan celah keamanan SQL Injection, XSS, dan beberapa celah lainnya.

Bukan tanpa alasan, tools ini dipilih berkat fiturnya yang mampu melakukan uji coba menemukan kesalahan sistem.

Selain itu, mereka juga menawarkan paket versi gratis yang bisa digunakan untuk melakukan analisa ke beberapa website. Jika Sobat memiliki website, Sobat bisa mencegah peretasan website Sobat dengan menerapkan protokol keamanan yang baik, seperti memasang sertifikat SSL, rutin update plugin, dan tidak menggunakan template nulled.

Acunetix

Karena Termux adalah aplikasi yang cukup populer, maka nama Acunetix menjadi jarang terdengar oleh kalangan pengguna Android.

Nah, apa itu Acunetix? Aplikasi ini dapat diandalkan sebagai tools yang mampu mengidentifikasi celah-celah keamanan dari kode javascript, HTML5, dan sebagainya. Biasanya tools ini digunakan untuk pribadi untuk menemukan dan memperbaiki celah-celah kebocoran data.

Hackode

Selain itu, ada juga aplikasi Hackode. Aplikasi ini tidak jarang digunakan untuk melakukan aktivitas pengecekan oleh para IT administrator, cyber security professional, dan para ethical hacker untuk mengetahui kelemahan sistem keamanan pada OS buatan Google.

Hackode sendiri tentu memiliki fitur. Bisa dibilang, aplikasi ini memiliki fitur yang relatif lengkap untuk digunakan para pemula dan profesional.

Di sini, Sobat bisa mendapatkan fitur seperti SQL injection, MySQL, Whois, DNS Lookup, Security RSS Feed, dan masih banyak lainnya. Tertarik mencobanya?.

Baca Juga: Script Termux Hack Akun FF 2021, Hack Akun Free Fire Gamers Lain?

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang Termux, fungsi, dan kelebihannya. Intinya, Termux merupakan sebuah tools yang bisa bermanfaat jika digunakan secara tepat. Ada baiknya Sobat perlu bijak dan berhati-hati jika menggunakan tools ini untuk hacking, karena bisa saja malah Sobat sendiri yang terkena akibatnya. Banyak sekali sumber-sumber materi terkait Termux ini yang bisa Sobat eksplorasi.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa bagikan!.

FAQ

Apa itu Termux ?

Termux adalah terminal emulator dan environment Linux berbasis Linux Debian.

Apakah Termux Bisa Digunakan untuk Hacking web?

Ya, bisa! Termux sangat bisa digunakan untuk menghack sebuah website dengan menggunakan beberapa tools tambahan pada Andoroid dan Chrome antara lain adalah Hydra, Metasploit Framework, Nmap, Bettercap, Slowloris, dan Sqlmap.

Apa saja yang bisa dilakukan aplikasi Termux?

Menjalankan bahasa pemprograman seperti Python, Ruby, dan Perl secara langsung tanpa perlu proses rooting, meretas jaringan wifi, mempercepat koneksi internet, dan membuat jaringan internet tetap stabil, untuk SSH Client, menjalankan aplikasi teks editor berbasis terminal dan masih banyak lainnya.



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks