Rekomendasi Aplikasi Penunjang Ramadhan Agar Ibadah Makin Maksimal

Rekomendasi Aplikasi Penunjang Ramadhan Agar Ibadah Makin Maksimal

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, dan tentu kita pun dianjurkan untuk memaksimalkan tiap ibadah kita di bulan suci ini. Menariknya, memaksimalkan kegiatan ibadah juga bisa ditunjang dengan beberapa aplikasi Ramadhan, lho.

Aplikasi Android dan iOS pun ada banyak sekali yang bisa kita manfaatkan, seperti pengingat waktu shalat dan waktu dzikir, jadwal imsak dan berbuka, bahkan aplikasi tips olahraga ringan yang cocok dilakukan oleh umat muslim ketika sedang berpuasa.

Pada artikel kali ini, kami akan membagikan rekomendasi daftar aplikasi penunjang Ramadhan yang mungkin bisa jadi referensi untuk Sobat dalam memaksimalkan setiap kegiatan selama satu bulan Ramadhan tersebut.

Daftar Aplikasi Penunjang Ibadah Puasa dan Ramadhan Agar Semakin Produktif

Rekomendasi Aplikasi Penunjang Ramadhan Agar Ibadah Makin Maksimal

Jangan dikira aplikasi-aplikasi untuk smartphone hanya untuk kegiatan gaming, streaming, ataupun chatting saja. Jika kita ingin mencari lebih dalam, kita dapat menemukan aplikasi-aplikasi yang bagus, dan tentu akan sangat berguna.

Dengan begitu, kami telah merangkum beberapa aplikasi Ramadhan yang setidaknya bisa menjadi referensi Sobat. Adapun beberapa rekomendasi aplikasinya, yakni:

“Muslim Pro – Ramadhan 2022”

Aplikasi Penjunjang Puasa

Rekomendasi aplikasi penunjang Ramadhan yang pertama yaitu ada Muslim Pro.

Aplikasi ini cukup kompleks dan membantu banget lho buat kegiatan ibadah kita, di dalam aplikasi ini terdapat bacaan Al-Quran beserta arti dengan masing-masing bahasa yang bisa kita pilih, terdapat jadwal waktu shalat sesuai dengan region yang kita pilih, dan juga terdapat pengingat shalat termasuk suara adzan.

Selain itu, di aplikasi ini juga terdapat pengingat waktu imsak dan berbuka yang tentunya sangat kita butuhkan ketika sedang berada di luar rumah. Ada juga fitur arah kiblat yang cukup akurat, serta fitur tasbih yang bisa digunakan jika tasbih hilang atau sulit ditemukan.

Menariknya di aplikasi ini juga menyediakan fitur kalender hijriah, serta kumpulan doa-doa terlengkap yang dapat pengguna baca maupun hapalkan. Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur menarik lainnya yang ditawarkan pada aplikasi ini. So, untuk Sobat yang ingin mencobanya langsung saja download secara gratis di Google Play Store untuk Android maupun Apps Store untuk iOS.

Aplikasi “Umma”

Aplikasi Umma

Hampir-hampir mirip dengan aplikasi Muslim Pro, aplikasi Umma juga memuat banyak fitur yang bisa membantu dalam beribadah Sobat. Di mana aplikasi ini menawarkan fitur baca Al-Quran, berbagi ayat, jadwal shalat, serta sesi diskusi / QnA (tanya Jawab) dengan para ahli agama.

Selain itu juga terdapat juga konten-konten islami yang bisa pengguna baca ketika sedang menunggu waktu berbuka. Ada juga forum komunitas yang cukup menjadi wadah berdiskusi dan silaturahmi dengan teman-teman pengguna yang lain dikala pandemi ini yang membatasi aktivitas di luar.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur menarik lainnyayang ditawarkan oleh aplikasi Umma. Silakan deh Sobat langsung download melalui Google Play Store atau Apps Store secara gratis.

Baca juga: Daftar Aplikasi Al Quran Terbaik untuk PC dan Handphone Android

Aplikasi “Loop Habit Tracker”

Aplikasi Ramadhan

Selain kedua aplikasi di atas, ada juga nih aplikasi penunjang Ramadhan yang cukup unik dan tentunya bisa dimanfaatkan, yup aplikasi Loop Habit Tracker.

Loop Habit Tracker sendiri merupakan aplikasi yang dapat membantu dalam mencatat kebiasaan pengguna, lho! Aplikasi satu ini dapat membantu pengguna untuk membuat dan mengelola kebiasaan hingga mencapai goals / tujuan jangka panjang, seperti sholat lima waktu, tadarus Al-Quran, zikir, dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Dengan aplikasi penunjang ibadah puasa ini, Sobat dapat melakukan catatan kegiatan yang dilakukan agar menjadi kebiasaan di kemudian hari yang bisa menjadi budaya baik yang dapat diteruskan.

Aplikasi “Catatan Keuangan Harian”

Aplikasi Catatan keuangan harian

Aplikasi Ramadhan lainnya yang dapat berguna yaitu Catatan Keuangan Harian. Untuk Sobat yang masih kesulitan mengatur keuangan untuk belanja selama ramadhan ini, aplikasi ini menawarkan pencatatan harian yang bisa mempermudah dalam mengetahui pengeluaran harian, lho.

Tentu aplikasi ini menawarkan fitur pencatatan yang bisa Sobat gunakan untuk melakukan perhitungan secara otomatis, lalu data catatan akan terdokumentasi setiap harinya sehingga dapat mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan.

Selain fitur tersebut, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur laporan, di mana fitur ini akan bisa menghitung jumlah pengeluaran terbesar pengguna.

Ada juga diagram dan persentase yang dapat membantu pengguna dalam manajemen keuangan. Di sini juga pengguna bisa memilih deretan tema-tema yang menarik yang ditawarkan dalam aplikasi. Jika Sobat merasa aplikasi ini bisa diandalkan, langsung saja meluncur ke Google Play Store untuk mengunduhnya secara gratis.

Aplikasi “Panduan Tarawih & Doa Ramadhan”

Aplikasi Solat dan Doa Tarawih

Untuk Sobat yang ingin solat tarawih namun sedang berada di luar negeri atau tempat tinggalnya jauh dari masjid, maka aplikasi ini bisa diandalkan untuk membantu Sobat agar kegiatan ibadah semakin maksimal.

Aplikasi ini menawarkan panduan ibadah lengkap, seperti tata cara pelaksanaan shalat tarawih, apa saja yang harus dibaca, serta kumpulan doa-doa Ramadhan beserta artinya yang dapat diakses secara gratis oleh setiap pengguna.

Dengan beragam fitur panduan beribadah yang cukup lengkap ini, maka kami merekomendasikan untuk Sobat download. Untuk yang ingin mengunduhnya, langsung saja bisa meluncur ke Google Play Store.

Aplikasi “Calorie Counter by Lose It”

Tentu saat berpuasa setiap orang menahan lapar dan haus, namun ketika waktu berbuka banyak dari kita yang ‘balas dendam’ dengan makan makanan dalam porsi banyak tanpa mempertimbangkannya.

Terlebih di waktu berbuka biasanya banyak kudapan yang kurang sehat seperti gorengan. Tidak sedikit orang yang justru menambah berat badan tanpa disadari sejak berpuasa, padahal niat awalnya untuk diet.

Melihat ini, maka aplikasi aplikasi “Calorie Counter by Lose It” bisa diandalkan untuk mengatur dan menghitung jumlah makanan dan asupan kalori, supaya bisa tetap sehat dan tidak bertembah berat badan dengan ekstrim.

Dengan aplikasi ini, Sobat bisa mengetahui jumlah kalori yang terdapat dalam makanan juga dapat membantu menjaga jumlah kalori yang dikonsumsi sehingga berat badan ataupun kandungan gula dalam tubuh kita tidak naik turun bahkan setelah berbuka puasa.

Terlihat cukup unik dan berguna, bukan? Langsung saja bisa untuk Sobat yang ingin mengundunya untuk mengunjungi Google Play Store dan Apps Store.

Aplikasi “Home Workout”

Untuk kalian yang ingin tetap berolahraga sambil menunggu waktu buka puasa walaupun tidak di tempat gym atau lapangan outdoor karena pembatasan aktivitas, Sobat bisa coba aplikasi Home Workout ini.

Aplikasi Home Workout dapat membantu Sobat bagaimana cara berolahraga yang baik mulai dari beginner / pemula sampai yang sudah pro sekalipun.

Di aplikasi ini Sobat dapat terbantu dengan fitur step-step membentuk otot, tips-tips, kumpulan challenge, bahkan data progres Sobat sekalipun sehingga Sobat dapat mengetahui pencapain olahraga selama sebulan.

Aplikasi ini bisa Sobat unduh secara gratis melalui Google Play Store dan Apps Store secara gratis.

Aplikasi “Fastwork”

Bagi Sobat yang ingin tetap mendapatkan penghasilan selama Ramadhan, maka aplikasi Fastwork adalah jawabannya.

Aplikasi ini diperuntukan bagi para freelance yang memiliki skill dan bisa dijual. Jika Sobat mengecek ke dalam aplikasi ini, orang-orang menjual jasa apapun seperti menulis artikel, membuat desain, membuat web, melukis dan lain sebagainya.

Sayang sekali jika skill Sobat tersebut hanya disimpan saja, bukan? Langsung saja download aplikasi ini untuk tetap produktif sembari menahan lapar dan haus di saat puasa.

Untuk menjual jasa dan skill, Sobat perlu daftar terlebih dahulu daftar di situs resminya, https://fastwork.id/start-selling (silakan copas). Nantinya Sobat bisa membuat akun, mengisi data-data yang diperlukan, serta menampilkan jenis jasa yang Sobat tawarkan.

Jika sudah di accept oleh pihak Fastwork, maka jasa Sobat sudah siap diorder oleh orang-orang.

Quora

Rekomendasi aplikasi penunjang Ramdhan terakhir yang bisa Sobat install di smartphone adalah aplikasi Quora.

Aplikasi ini menjadi wadah berbagi pengetahuan yang berupa tulisan dari orang-orang dan para ahli tentang hal apapun. Sobat bisa menemukan insight dan pengetahuan baru di sini.

Cocok banget untuk Sobat yang tetap ingin ‘mengencerkan otak’ dikala liburan Ramdhan. Selain bisa membaca tulisan dari orang lain, Sobat juga bisa menulis jawaban sendiri dari pertanyaan yang ada.

Jika Sobat merasa ada pertanyaan yang sejauh ini belum terjawab, Sobat bisa tanyakan ke user Quora yang lain. Nantinya akan ada orang yang ahli untuk membantu jawab.

Di sini juga terdapat forum diskusi, termasuk forum keagaman yang bisa membantu Sobat dalam kegiatan beribadah agar semakin maksimal.

Bukan hanya forum atau ruang pengguna Indonesia, Sobat juga bisa pergi ke ruang negara lain, seperti ruang Internasional. Di sana seluruh pengguna dari berbagai negara akan berbagi cerita dan menjawab pertanyaan yang ada.

Jika ingin mengduhnya, langsung saja meluncur ke Google Play Store dan Apps Store.

Baca Juga: Aplikasi Survey Penghasil Uang 2022!

Akhir Kata

Demikian rekomendasi aplikasi Ramadhan yang dapat kami bagikan ke Sobat. Kira-kira, aplikasi mana nih yang menurut Sobat paling berguna? Yuk diskusi di kolom komentar.

Oke, mungkin itu saja, sekian dan semoga bermanfaat! Jangan lupa berkunjung ke artikel kami lainnya 🙂 .



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks