Review: Charger Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 18W Q5003

  • Whatsapp
Paket Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0
Review Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0

Halo Sobat AndroidPonsel! kali ini kami kedatangan produk fast charging dari Choetech. Sedikit informasi, Choetech adalah perusahaan yang berasal dari China, mereka memproduksi berbagai aksesoris smartphone dan perangkat elektronik lainnya termasuk Charger, selain itu ada juga casing untuk smartphone tertentu.

Fast Charger Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0

Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0
Paket Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0

Dalam paket Choetech QC 3.0 yang kami terima terdapat dua perangkat, diantaranya kepala charger dan 1 buah kabel USB Type-C kalau dilihat dari laman penujualan resminya yang berada di shopee (link halaman penjualan berada di akhir artikel). Paket ini dijual di harga 121ribu rupiah, selain itu ada pilihan lain yaitu, Kepala Charger + Micro USB seharga 84rb dan kepala Chrgernya saja seharga 70ribu.

Bacaan Lainnya

Bicara soal kemasan, Choetech charger dikemas hanya menggunakan bungkus plastik dan ditutup dengan pengerat yang bisa dibilang sangat mudah untuk dibuka (tanpa adanya segel). Kemasan ini sepertinya memang dibuat sesimpel mungkin untuk menekan biaya agar harga jual menjadi lebih murah, tapi urusan keamanan kemasan seperti ini sangat rentan, terlebih paket dikirim langsung dari China. Bagusnya perusahaan sudah mengatasinya dengan kemasan pengiriman yang sudah dilengkapi dengan bubble warp, sehingga pengiriman barang dari negara Tiongkok tersebut menjadi lebih aman.

Paket Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0
Isi Paket dalam kemasan (Kepala Charger dan kabel USB Type-C)

Dalam kemasan, terdapat kepala charger dan buku penggunaan yang berbentuk mungil karena ini menyesuaikan dengan kemasan yang ada. Dalam buku petunjuk penggunaan terdapat spesifikasi model Charger Q5003 ini, diantaranya;

Manual Book Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Input : AC 100-240V, 50/60Hz, 0..5A Max
  • Output : DC 3.6-6V/3A, 6-9/2A, 9-12V/1.5A
  • Total Power yang dihasilkan 18W

Dengan spesifikasi tersebut, Choetech mengklaim charger QC 3.0 ini mampu melakukan pengisian sampai dengan 80% hanya dalam 30 menit atau 4x lebih cepat dari charger dengan pengisian daya standar. Untuk percobaan pertama yang saya lakukan, saya menggunakan Samsung Galaxy A31 yang sudah mendukung pengisian cepat 15W, hasilnya ketika menggunakan charger Choetech pengisian menjadi lebih cepat walaupun tidak berbanding jauh. Mungkin kedepannya kita akan melakukan pengetesan lebih detail terkait waktu pengisiannya.

Fitur Chotech Charge USB QC 3.0

Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 2

Kelebihan dari Choetech adalah adanya beberapa fitur untuk menjaga keamanan pengguna dan perangkat sehingga meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti kosleting listrik atau bahkan tegangan daya tinggi yang membuat perangkat terbakar. Fitur tersebut diantaranya adalah;

Fitur Keamanan Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0
  • Short Circuit Protection
    Ini akan memutus arus jika terjadi hubungan singkat yang dapat membahayakan perangkat dan juga pengguanya
  • Over Voltage Protection
    Kemampuan ini akan menjaga perangkat dari tegangan voltase yang tinggi
  • Over Charge Protection
    Akan mampu memutus arus pengisian ketika smartphone atau perangkat yang pengguna isi sudah terisi penuh.
  • Kepala Charger terbuat dari bahan ABS yang memiliki ketahanan terhadap api.
Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 2

Dan paling penting adalah charger ini dikatakan memiliki koempatibilitas tinggi dengan berbagai merek smartphone yang mendukung penggunaan USB type-C ataupun micro USB, bahkan bisa digunakan untuk perangkat Apple yang membutuhkan kabel USB-A untuk Lighthing.

Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 2

Berdasarkan pantauan dari halaman penjualan mereka, produk ini mendapatkan reting bintang yang cukup memuaskan, bahkan diataranya ada yang mengatakan bahwa pengisian cepat dari Choetech bekerja dengan baik di smartphone yang mereka gunakan diantaranya bekerja pada Xiaomi Redmi Note 5, Samsung dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 2

Walaupun hadir dengan kemasan yang hanya menggunakan plastik dan dengan kelengkapan yang seadanya, tapi kepala Charger Choetech ini hadir dengan build yang berkualitas, apalagi perangkat ini sudah menggunakan bahan ABS yang tahan terhadap api, fitur kemanan lengkap dan harga yang cukup murah sebesar 70ribuan serta dilengkapi dengan kemampuan pengisian cepat berdaya 18W, tentu saja kami sangat merekomendasikan Charger Choetech Qualcomm Quick Charge 3.0 ini.

Jika Sobat berminat untuk membelinya! Kabar baiknya kalian bisa mendapatkan diskon tambahan sebesar 20 persen dengan menggunakan kode berikut ini : CHOE513 di tempat penjualan resmi di Shopee (link berada di bawah)

Jika Sobat sudah menggunakannya, silahkan berikan tanggapan kalian tentang produk ini di bagian komentar ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *