Cara Membuat Google Form (Mudah Banget!)

  • Whatsapp
Cara Membuat Google Form (1)

Sobat sedang survei untuk kebutuhan tugas? atau skripsi? atau juga keperluan pekerjaan?
dengan jaman yang serba praktis ini, sobat tidak perlu repot-repot membuat survei atau kuisioner menggunakan kertas lalu membagikan secara langsung kepada para responden, karena kalian bisa menggunakan layanan dari Google, yaitu Google Form yang akan menjawab permasalahan itu. Google Form ialah platform yang berfungsi untuk mengumpulkan data, seperti survei, tanya jawab, pendaftaran acara, dan lainnya.

Bagaimana Cara Membuat Google Form?

Nah untuk sobat yang sedang memerlukan data atau survei untuk tugas atau pekerjaan, kalian bisa nih menggunakan Google Form, dan tentu saja cara membuatnya tidak sulit. Jangan khawatir, kami akan membuat tutorial lengkap untuk membuat Google Form, sehingga Sobat tidak akan kesulitan untuk membuatnya. So pastikan kalian membacanya dengan teliti ya.

Bacaan Lainnya

Langkah Membuat Google Form

  • Pertama, buka browser sobat. Terserah sobat ingin menggunakan browser apa, semuanya bisa. Selanjutnya masuk ke Google Form atau bisa klik disini
  • Selanjutnya sobat akan masuk di halaman ini
cara membuat google form

Kemudian pilih “Buka Google Formulir” untuk dapat membuat Google Form. Pastikan sobat login terlebih dahulu ya dengan akun Google.

  • Jika sudah, silahkan pilih opsi “Blank” dengan ikon plus di pojok kiri seperti gambar dibawah ini
cara buat google form
  • Nah sobat sudah bisa memulai membuat Form yang sobat mau.
cara bikin google form

Pada kotak oren yang sudah saya tandakan, sobat bisa klik lalu tulis judul form sobat, misal judulnya “Lamaran Pekerjaan PT. Androidponsel”. Nah untuk menulis pertanyaannya sobat bisa klik tulisan Question lalu isi pertanyaannya. Misal isi “Nama Anda”, untuk jawabannya sobat bisa pilih berbagai macam model jawaban pada opsi di sebelah kanan itu. Berhubung pertanyaannya Nama, maka model jawabannya sobat bisa pilih “Short Answer”.

Untuk menambah pertanyaan lagi, sobat bisa klik ikon yang sudah kami tandai kotak kuning diatas.

  • Jika sudah, sobat juga bisa menambah berbabagi macam pertanyaan seperti “Tanggal Lahir”
tutorial membuat google form
Tutorial langkah membuat Google Form

Sobat bisa memilih model jawaban “Date” untuk nantinya responden dapat menginput tanggal, bulan, dan tahun dengan mudah.

  • Sobat juga bisa memilih model jawaban lain seperti checkbox (Ceklis), Upload File, Paragraf (Narasi), dan yang lainnya.
cara membuat form google

Pada gambar diatas, kami menyesuaikan model jawaban sesuai pada pertanyannya. Misal pertanyaannya “Pekerjaan” Maka kami bisa berikan beberapa contoh pilihan pekerjaan dengan memilih model jawaban “Checkbox” atau bisa juga “Multiple Choice”, juga jangan lupa tambahkan “Other” sebagai jawaban yang tidak ada dalam pilihan.

Nah pada pertanyaan yang memerlukan jawaban yang panjang seperti contoh diatas yaitu “Apa motivasi kamu bekerja atau melamar disini”, sobat bisa pilih model jawaban “Paragraph” agar nantinya responden bisa membuat narasi atau kalimat tanpa ada batasan.

Baca Juga : Cara Membuat Barcode Lokasi Alamat

Jika sekiranya sobat sudah selesai membuat berbagai macam pertanyaan, sobat bisa kirim formnya dengan memilih tombol “Send” pada menu di paling atas. Nantinya sobat bisa meng-copy linknya untuk dapat dibagikan.

cara membuat google formulir
Link Formulir Google untuk dibagikan

Banyak juga fitur-fitur yang lainnya yang bisa sobat coba, misalnya disitu ada fitur “export” yang mana nantinya jawaban responden akan langsung masuk ke Excel. Nah, untuk dapat melihat jawaban dari para responden, sobat bisa pilih dan klik “Respons” dibagian atas. Mudah Banget bukan?

Akhir Kata

Mungkin itu adalah tutorial cara mudah membuat google form yang berisikan berbagai pertanyaan dengan mudah dan cepat yang bisa kami bagikan untuk sobat. Terima kasih dan selamat mencoba! 🙂

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *