Daftar Istilah Pada Android

istilah pada Android

Pengguna Smartphone Android tentu saja belum tentu tau semua tentang sistem operasi satu ini, karena memang ada banyak sekali istilah pada Android yang asing ditelinga walaupun kita adalah penggunanya.

Tapi tidak perlu khawatir, karena di laman ini AndroidPonsel.com akan membagikan daftar istilah pada smartphone khususnya yang menggunakan sistem operasi Android, sehingga sobat bisa lebih mengetahui beragam istilah di dalamnya.

Apa itu Android?

Sebelum sobat mengenal lebih dalam daftar istilah pada smartphone Android, ada baiknya sobat mengetahui secara singkat apa sebenarnya Android tersebut.

Android adalah sistem operasi yang dibuat berbasiakan Linux dengan sumber tebuka alias Open Source yang didasarkan pada lisensi APACHE 2.0.

Sistem operasi ini dirancang untuk beragam perangkat layar sentuh termasuk smartphone, TV, komputer dan lain sebagainya.

OS Android dikembangkan oleh Android, Inc yang mendapatkan dukungan finansial dari raksasa teknologi Google yang akhirnya diakusisi pada tahun 2005, dan dirilis secara resmi di tahun 2007.

Android saat ini sudah sangat berkembang, terbukti dengan ekosistem aplikasi yang ada di Google Play yang sudah jutaan aplikasi di dalamnya.

Nah bagaimana sobat sudah mengetahui apa itu Android bukan? kini sobat bisa mengetahui berbagai istilah yang ada pada Android tersebut.

Berikut adalah daftar Istilah-istilahnya :

Android SDK

Android SDK adalah paket starter yang didalamnya berisi dokumentasi penggunaan untuk pengembangan aplikasi pada OS android dan terdiri dari tools serta sample code.

APK

Apk kepanjangan dari Android Package yang merupakan ekstensi yang digunakan untuk menginstal aplikasi. Ini sama seperti .exe pada Windows dan juga .dmg pada MacOS.

XAPK

Xapk adalah gabungan dari .apk dan OBB, ini digunakan untuk aplikasi atau game dengan data yang lebih besar.

Apk Mod

Sedangkan apk mode adalah android package modifikasi, yaitu sebuah aplikasi Apk yang sudah dimodifikasi ulang oleh developer sehigga menghadirkan fitur khusus atau mengubah beberapa fitur aplikasi yang sudah ada.

Biasanya apk mod ini bertujuan melakukan hack pada game atau aplikasi premium berbayar menjadi bisa digunakan secara gratis.

adb

Adb kepanjangan dari Android Debug Bridge adalah command atau perintah untuk jembatani perintah android lewat pc, sementara adb shell termasuk di dalam bagian dari command adb, sebenarnya ada banyak extensi adb seperti adb push, adb pull, adb install dan lain sebagainya.

Syarat menjalankan adb adalah pc sudah terpasang driver adb, tanda-tanda PC sudah terpasang adalah dibagian device manager pada windows akan terlihat android adb composite device.

adb Shell Logcat

adb shell logcat adalah sebagai proses yang terjadi pada android, ini berguna saat melakukan experiment flashing rom.

Apps2SD

Apps2SD adalah Proses memindahkan atau menyimpan aplikasi ke SDcard.

AOSP

AOSP kepanjangan dari Android Open Source Project, ini adalah versi open source code Android yang dikembangkan Google.

BRICK(ed)

BRICK(ed) adalah istilah kerusakan pada perangkat Android yang sudah tidak dapat dihidupkan kembali, istilah ini diambil dari dalam bahasa Inggris yang dalam bahasa indonesianya memiliki arti bata yang digunakan untuk melempar anjing.

BOOTLOOP

BOOTloop adalah kerusakan para perangkat Android yang ditandai dengan restartnya perangkat secara terus menerus, atau stuck di logo brand misalnya ketika menghidupan smartphone Xiaomi, hanya bertahan pada logo saja tidak masuk ke dalam program.

BOOT

Boot adalah proses menghidupkan handheld dalam hal ini adalah proses untuk menghidupkan perangkat Android.

Bootloader

Bootloader adalah penggabungan antara SPL dan IPL perangkat lunak yang berjalan setiap ponsel dinyalakan. Ini terjadi dimana ketika memulai perangkat Android dihidupkan.

Beta

Beta adalah istilah untuk versi percobaan, biasanya digunakan untuk aplikasi tahap awal atau masih dalam tahap penyempuarnaan.

Baseband

Baseband berfungsi untuk mendeskripsikan sinyal dan sistem yg frekuensinya terukur untuk mengalirantarkan (transmit) data.

Bug

Bug adalah sebuah celah yang ada pada perangkat lunak, biasanya jika aplikasi terjadi bug akan mengalami masalah atau error dan kegagalan fungsi.

Bloatware

Bloatware adalah aplikasi yang sengaja di instal dari vendor HP tertentu dan untuk tujuan dan kepentingan tertentu.

Bisanya aplikasi tersebut terikat kontrak dengan perusahaan aplikasi sehingga mengharuskan aplikasi default terinstal di dalam produk mereka.

Sayangnya aplikasi tersebut jarang digunakan pengguna karena fungsinya yang tidak terlalu penting.

(CWM) ClockworkMod

CWM atau ClockworkMod adalah akses custom recovery yang memiliki fungsi sebagai instalasi OS HP, restorasi sistem operasi, dan untuk akses pemulihan dan perbaikan perangkat ponsel.

Cache

Cache adalah data yang bersifat sementara, cahce akan merekam data sementara dari aktivitas penggunaan aplikasi, nah karena cache sudah menyimpan data di aplikasi sehingga waktu memuat aplikasi menjadi lebih cepat.

CPU

CPU memiliki kepanjangan Central Processing Unit ini adalah komponen perangkat keras/hardware untuk pemrosesan data, ini menjadi otak pada perangkat Android dan juga PC karena fungsinya mengatur semua aktifitas dan jalannya program.

Cache2SD

Seperti namanya Cache2SD atau Cahce to SD, ini adalah Proses memindahkan/menyimpan Cache dari ROM ke SDcard.

Custom ROM

Custom ROM adalah Modifikasi dari sistem operasi Android, modifikasi tersebut akan menghadirkan fitur tambahan dan juga visual tampilan yang berbeda, selain itu performa dari Costum ROM juga akan lebih cepat.

Diagnostic Mode

Ini adalah cara untuk melakukan test, ini merupakan mode boot yang dapat diakses dengan cara menekan tombol capture + power, nantinya akan keluar menu test. Untuk memilih menu tersebut pengguna bisa menggunakan tombol volume.

Firmware

Firmware adalah perangkat lunak yang disematkan di hardware perangkat, berbeda dengan software, Firmware memiliki fungsi untuk membantu hardware dapat berkominikasi dengan software.

Firmware bisa meliputi kumpulan semua software, system, driver dan file boot yang dibutuhkan untuk menjalankan perangkat android.

Flash/Flashing

Flash/Flashing adalah Metode untuk melakukan upgrade/downgrade dari Firmware.

Factory Reset

Factory reset adalah metode untuk dapat mengembalikan perangkat Android ke settelan pabrik.

Tapi perlu diperhatikan untuk melakukan Factory reset ada baiknya untuk melakukan backup, karena semua data akan terhapus. Selain itu backup akan sangat berguna jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

GUI

GUI kepanjangan dari Graphical User Interface, ini adalah interface pada aplikasi yang bersifat visual/gambar.

GMS

GMS kepanjangan dari Google Market Services, fungsinya adalah menjadi tempat download aplikasi Android sebagai proses dari aplikasi Google Play Store.

IMAP

IMAP atau Internet Messegae Access Protocol, adalah salah satu protocol alternatif email selain POP3.

Kernel

Kernel adalah perangkat lunak pengelolahan semua sistem driver dan sistem I/O dan merupakan bagian dari OS, karena memiliki fungsi untuk melayani berbagai macam aplikasi agar dapat mengakses perangkat keras secara aman.

Simpelnya, Karnel berfungsi sebagai perantara antara perangkat lunak dengan hardware.

Multitouch

Multitouch adalah fitur layar sentuh yang akan membuat layar dapat berfungsi dengan lebih dari satu sentuhan.

Odin

Odin adalah software komputer yg di gunakan untuk flashing perangkat keluaran dari Samsung.

OTA

OTA kepanjangan dari Over The Air, ini adalah cara melakukan update perangkat lunak secara otomatis, sehingga perangkat akan mendapatkan pembaharuan dengan mudah atau tersistem.

Overcloacking

Overclocking adalah proses menaikan kecepatan CPU melebihi patokan dari bawaan pabrik sehingga kinerja menjadi lebih cepat, Overclocking bukan hanya dilakukan pada CPU komputer tapi juga pada CPU di perangkat Android.

POP3

Sedangkan POP3 memiliki kepanjangan dari Post Office Protocol 3, merupakan salahs atu protocol TCP/IP port 110 dalam menarik email.

ROOT

Root adalah hak akses user paling tinggi, atau disebut superuser, sama seperti windows administrator. Rooting (melakukan root), rooted (sudah di root).

Recovery Mode

Recovery Mode adalah metode untuk dapat melakukan berbagai macam hal seperti flasing image, backup, restore dan juga membuka shell, biasanya untuk mengakses recovery model adalah dengan menekan tombol Home + Power.

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data saat perangkat seperti smartphone, komputer atau laptop sedang dijalankan dan bisa diakses secara acak.

ROM

ROM kepanjangan dari Read Only Memory, perangkat ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan internal yang sama seperti Hard Disk yang ada di komputer.

SOC/ SuperOneClick

SOC/ SuperOneClick adalah software yang digunakan untuk melakukan rooting, kabarnya ini hanya digunakan sampai versi Android Froyo.

Safe Mode

Safe Mode adalah kondisi ketika OS Android menjalankan fungsi dasar yang utama dari OS tersebut, dengan masuk ke Safe Mode, aplikasi selain sistem tidka akan berfungsi, biasanya safe mode menjadi tempat untuk memeriksa adanya kesalahan pada sistem operasi Android.

Jangan heran ketika masuk ke Safe Mode aplikasi yang terhubung dengan layanan Google akan tidak berfungsi.

SDCard

Sedangkan SDCard adalah kartu memori eksternal yang digunakan pada perangkat Android, tapi ada juga beberapa perangkat Android yang tidak dilengkapi slot SDcard.

OBB

OBB memiliki kepanjangan Opaque Binary Blob, ini adalah file yang berukuran Besar yang dimasukan kedalam salah satu Aplikasi atau game sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Widget

Ini adalah GUI yang sifatnya interaktif yang terdapat pada layar perangkat Android. Biasanya ada beberapa aplikasi yang menghasilkan Widget sehingga bisa ditampilkan pada home layar perangkat.

Sebenarnya masih ada banyak istilah yang ada pada Android, tentu kami akan menambahkannya secara berkala dan juga mengikuti perkembangan dari OS Android itu sendiri.