Cara Cek iPhone Asli Dengan Mudah!

cek iphone asli

Sebelum sobat membeli smartphone, apalagi itu bekas, ada baiknya sobat harus sudah paham cara cek iphone asli agar tidak mudah tertipu.

iPhone merupakan smartphone keluaran perusahaan Apple yang menjadi pesaing Android saat ini. iPhone terus berinovasi dengan teknologi yang dimilikinya agar memenuhi kebutuhan pengguna.

Banyak dari pengguna android yang beralih menggunakan iPhone karena spesifikasi dan desainnya yang berkelas.

Namun, sama seperti smartphone android, iPhone juga banyak ditiru bahkan di imitasi sedemikian mirip. Jika sobat saat ini memakai iPhone, mungkin sobat bertanya-tanya apakah iPhone sobat betul barang asli atau iPhone palsu yang di desain sedemikian mirip?

Daripada bertanya-tanya, langsung saja sobat simak penjelasan dibawah ini, kami akan bagikan cara cek iPhone asli yang bisa sobat coba.

Cara Cek iPhone Asli Melalui IMEI

cek iphone asli

Sebenarnya cara cek iPhone asli atau Ori sangat mudah, tapi memang sobat harus paham cara melakukan pengecekan agar benar-benar valid. Cara paling ampuh adalah sobat harus bisa membaca IMEI perangkat.

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mengetahui handphone sobat iPhone asli atau tidak, sobat bisa melalui cara ini yaitu mengecek IMEI Apple termasuk iPhone.

Perlu diketahui IMEI merupakan nomor seri mesin yang dikeluarkan pabrik sebagai identitas handphone. Nah untuk mengeceknya ada beberapa cara, sebagai berikut :

Cek IMEI iPhone Melalui Menu Settings

Di sini sobat bisa masuk ke menu settings atau klik ikon gerigi di iPhone sobat lalu sobat bisa cari tentang handphone. Disana terdapat informasi handphone beserta nomor IMEInya.

Cara lengkap untuk menemukan IMEI / MEID atau ICCID sobat bisa membuka Pengaturan > umum dan pilih menu mengenai, kemudian cari nommor seri, gulir ke bawah untuk menemukan IMEI iPhone.

Untuk mendapatkan nomor IMEI iPhone untuk keperluan pengecekan, Sobat bisa sentuh dan tahan nomor yang akan disalin, nanti otomtis nomor tersebut sudah tersalin untuk sobat kirimkan.

Nah jika Sobat ingin sekalian cek apakah IMEI iPhone tersebut terdaftar di kemendagrai atau tidak sobat bisa langsung ke halaman https://imei.kemenperin.go.id/ dan tempelkan IMEI iPhone yang sudah sobat dapatkan.

Nantinya jika IMEI perangkat sudah terdaftar database kemenprin akan menunjukan bahwa perangkat sudah terdaftar di kemenprin yang artinya sudah teregistrasi dan bias digunakan di Indonesia dan juga asli.

Cek IMEI iPhone Kardus Kemasan

Selanjutnya Sobat bisa cek IMEI iPhone atau produk apple lainnya di produk kemasan pembelian. Biasanya IMEI tertera di luar ataupun di dalam kardus kemasan pembelian.

Jika sobat membeli iPhone bekas, sobat wajib banget cek IMEI iPhone baik dari kardus dan juga pengaturan. Nah sobat coba cari nomor IMEI yang ada di kemasan jika sudah ketemu silahkan sobat cocokan dengan IMEI yang ada di pengaturan perangkat.

Jika cocok atau sama, berarti iPhone tersebut asli dan bisa sobat pertimbangkan untuk membelinya.

Cek Informasi iPhone Dengan IMEI Melalui Website

Nah jika sobat masih penasaran informasi tentang iPhone sobat asli atau tidak, sobat bisa coba cara mengetahui informasi handphone dari IMEI melalui website. Bagaimana caranya?

  • Pertama silahkan sobat kunjungi situs imei.info
  • Jika sudah, masukan nomor IMEI handphone sobat pada bar pencarian.
  • Jika sudah menulis nomor IMEI handphone sobat, selanjutnya silahkan sobat isi Captcha dan klik tombol “Check“.
  • Nah sobat harus menunggu beberapa detik, nantinya di halaman website akan muncul informasi nomor IMEI yang berisi model, perusahaan pembuatan, tahun dirilis, hingga spesifikasi hardware. Disini sobat bisa mengetahui handphone iPhone sobat asli atau tidak.
  • Selesai!

Cek iPhone Asli dari Layar

cek iphone asli

Cara cek keaslian iPhone selanjutnya untuk mengetahui iPhone  sobat asli atau tidak adalah dengan mengecek layarnya. Iphone Sendiri memiliki teknologi bernama Retina Display. Teknologi ini memungkinkan layar iPhone sangat jernih.

Karena pada retina display sendiri mempunyai Matriks yang sangat kecil dan rapat sehingga untuk melihat jarak antar matriks atau piksel, sobat membutuhkan alat bantu zoom seperti kaca pembesar. Ini memungkinkan retina display membuat layar iPhone memiliki resolusi yang tinggi yang tidak dimiliki handphone lain.

Nah iPhone palsu atau imitasi, tidak memiliki teknologi layar seperti itu, alias layarnya tidak sejernih iPHone asli. Silahkan deh sobat cek dan bandingkan untuk mengetahui iPhone asli atau palsu yang ingin sobat beli.

Cek iPhone Asli Melalui Apps Store

cek iphone asli

Cara lainnya untuk mengetahui iPhone Asli atau palsu adalah dengan meilhat aplikasi Apps Store. Apps Store sama seperti Play Store pada android. Yang mana berfungsi untuk mendownload aplikasi dan semacamnya.

Nah pada handphone iPhone palsu, Apps store tersebut tidak dimiliki dan kalaupun ada tidak bisa diakses, dan juga banyak Apps Store dimodifikasi luarnya saja, ketika kita masuk apps store, kita malah masuk ke Play Store atau Windows Phone Store.

Bisa dipastikan 100%, iPhone tersebut palsu ataupun KW, jadi sebelum membeli iPhone bekas, pastikan sobat cek keaslian dengan mencoba mengakses Apps storenya ya.

Cek Material iPhone

cek iphone asli

Cara selanjutnya untuk memastikan iPhone sobat asli atau tidak adalah dengan memperhatikan material yang dimiliki.

Pada iPhone yang asli, material logam pada casing terasa lebih kuat dan tidak mudah baret. Dan sebaliknya, pada iPhone yang palsu, material pada casing cenderung lebih rentan terkena baret.

Pada intinya iPhone asli akan sangat terlihat kokoh dan premium, jadi kalau sobat pegang perangkat tersebut sudah terasa bahwa iPhone tersebut asli atau palsu.

Kalau sobat tidak yakin, sebaiknya cek keaslian iphone dengan cara lain yang sudah kami sebutkan di atas ya.

Cek iPhone Asli Melalui Software iTunes

cek iphone asli

Cek iPhone asli selain melalui App Store, Sobat juga bisa melalui iTunes. Sebagai informasi iTunes adalah software atau aplikasi resmi Apple untuk dapat mengakses dan memasukan lagu, file, video dan sebagainya.

Nah karena iTunes hanya akan membaca atau mendeteksi iPhone yang asli. Jadi jika iPhone tidak terdeteksi, bisa dipastikan iPhone sobat palsu.

Untuk mengetahui iPhone melalui iTunes, berikut caranya:

  •  Pertama, sobat bisa sambungkan atau colok iPhone ke PC / Laptop atau Mac.
  • Sobat bisa download iTunes melalui website resminya disini https://support.apple.com/downloads/itunes
  • Jika sudah, silahkan Install iTunes tersebut di PC sobat.
  • Selanjutnya buka iTunes, nah jika iTunes bisa mendeteksi perangkat iPhone yang sobat sedang sambungkan, bisa dipastikan iPhone yang sobat miliki merupakan produk asli. Jika tidak terdeteksi, sebaliknya berarti iPhone sobat palsu.

Cek iPhone Asli Melalui Slot Memori Eksternal

cek iphone asli

Nah Cara terakhir untuk mengetahui iPhone Asli atau palsu yaitu sobat bisa melihat body iPhone, apakah memiliki slot untuk SD card atau tidak.

Pasalnya, pada iPhone asli, perangkat tidak memiliki slot SD card atau memori eksternal. Jika iPhone yang sobat miliki mempunyai slot untuk SD card, ya siap-siap saja kecewa karena ternyata iPhone tersebut palsu atau KW.

Cek Harga dan Bandingkan iPhone Asli dan Palsu

cek iphone asli

Pada cara ini, sobat bisa cari informasi harga iPhone yang ingin sobat beli. Sobat bisa mencari melalui internet di forum-forum maupun di Toko online termasuk ecommercs.

Jika iPhone tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga pasar pada umunya, Sobat wajib untuk waspada kalau kalau yang dijual adalah iPhone palsu.

Tapi sekali lagi, untuk cek keaslianya sobat harus langsung melakukan pengecekan sendiri seperti yang sudah kami jabarkan di atas.

Baca Juga : Cara Cek Keaslian Handphone Samsung

Akhir Kata

Bagaimana? Mudah bukan mengeceknya? Silahkan deh sobat cek iPhone asli atau palsu dengan teliti. Jika memang ternyata iPhone sobat palsu, sobat bisa melapor pada toko tempat sobat beli.

Dan ini juga bisa menjadi pelajaran untuk kedepannya untuk sobat dan kita semua agar berhati-hati sebelum membeli iPhone.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Youtube Androidponsel