Berniat membeli hp? Kalau Sobat mau membeli Handphone, sebaiknya simak cara cek keaslian dari HP Samsung di halaman ini ya.

Handphone saat ini memegang peranan penting bagi setiap kegiatan kita. Saat ini berbagai merek-merek handphone berlomba-lomba mengeluarkan produk handphone mereka dengan kecanggihan-kecanggihan yang ada, Samsung misalnya.

Samsung bisa dibilang pelopor di setiap model handphone canggih. Produk asal Korea Selatan ini mampu merajai di berbagai negara dengan kecanggihannya, Indonesia salah satunya. Banyak pengguna handphone di Indonesia senang memakai produk Samsung, selain karena kecanggihannya, Samsung juga mempunyai ketahanan yang baik sehingga awet dan pengguna tidak perlu cemas handphone cepat rusak.

Cara Cek Keaslian HP Samsung

Namun apa jadinya jika handphone samsung sobat adalah handphone Samsung yang palsu atau KW? Hmm rasanya mungkin-mungkin saja. Banyak handphone Samsung maupun merek lain bahkan iPhone KW sekalipun yang terjual dengan laku. Nah sobat jangan khawatir, ada baiknya sobat perlu mengetahui keaslian handphone Samsung sobat dengan menyimak pembahasan ini hingga akhir.

Bagaimana cara cek keasilian hp Samsung ? Langsung saja simak dibawah ini!

1. Gunakan LCD Test

cara cek kode samsung
sumber foto : Youtube XFix

Jika sobat baru atau sudah lama membeli ponsel baru tapi tak tahu keasliannya, sobat bisa banget nih menggunakan LCD test sebagai cara cek keaslian HP samsung. Adapun cara penggunaannya cukup mudah, yaitu sobat hanya harus masukan kode *#0*# pada layar panggilan / call.

Jika sudah, nantinya di layar panggilan handphone akan muncul LCD test. Nah disini informasi pun bisa sobat ketahui dari LCD test ini, seperti informasi tentang layar sentuh, kamera, suara, getaran, warna pada handphone Samsung dan sebagainya.

Selain itu, cara cek kode hp Samsung asli juga bisa sobat lakukan dengan melihat spesifikasi yang tertera di handphone. Untuk mengetahui hp Samsung asli dari spesifikasinya, sobat harus mengetik atau menulis kode *#*#4636#*#* pada Panggilan / Call. Nantinya layar LCD sobat akan menampilkan spesifikasi yang ada pada handphone Samsung sobat. Nah disini jika handphone samsung yang  KW ataupun rekondisi maka spesifikasi ini tidak akan muncul.

Ketahuan deh itu KW atau Asli! Jika cara diatas tidak bisa, silahkan sobat cara lainnya dibawah ini

2. Gunakan IMEI pada Handphone

cek keaslian hp samsung dengan mengetahui nomor IMEI
sumber foto : Samsung.com

Selain cara diatas dengan menggunakan LCD test, sobat juga bisa menggunakan cara lain yaitu mengethui Spesifikasi atau informasi handphone dengan menggunakan IMEI handphone sobat.

Apa itu IMEI? IMEI adalah kombinasi kode yang disematkan pada setiap handphone yang di produksi, IMEI pada setiap handphone tidak akan pernah sama. IMEI sendiri menjadi identitas pada setiap handphone.

Jika sobat belum mengetahui nomor IMEI sobat, ada kalanya sobat perlu mencari tahu, jika sobat kesulitan mencari tahu, sobat bisa cek disini Cara Mengetahui Nomor IMEI Handphone

Jika sekiranya sobat sudah tahu nomor IMEI sobat, sobat bisa langsung mengikuti cara dibawah ini yaitu

  • Pertama, silahkan sobat kunjungi situs imei.info
  • Jika sudah, masukan nomor IMEI handphone sobat pada bar pencarian.
  • Jika sudah menulis nomor IMEI handphone, selanjutnya silahkan sobat isi Captcha dan klik tombol “Check“.
  • Nah sobat harus menunggu beberapa detik, nantinya akan muncul informasi nomor IMEI yang berisi model, perusahaan pembuatan, tahun dirilis, hingga spesifikasi hardware pada handphone Samsung sobat!
  • Selesai!

3. Cek Fisik Handphone

cek hp samsung asli

Selanjutnya ada cara lain untuk dapat mengetahui keaslian handphone hp Samsung, yaitu dengan cara melakukan pengecekan terhadap fisik handphone. Memang menurut kami fisik handphone samsung asli dan KW memang mirip, tapi pasti ada beberapa hal yang membedakan.

Sobat bisa mengecek layarnya, seperti panjang dan lebarnya dan kualitas kaca pada LCDnya, juga sobat bisa cek pada kerangka atau casingnya, biasanya yang KW, casing akan mudah lecet atau baret dan terkesan kurang kuat.

Nah selain cek pada fisik handphone sendiri, sobat juga bisa cek Charger atau Headsetnya, biasanya charger atau headset akan terlihat bedanya. Silahkan sobat cek sendiri!

Baca Juga : Cara Lengkap untuk Sadap WA Pasangan

4. Koneksikan Dengan Samsung Kies / Smart Switch

cara cek hp samsung

Cara selanjutnya yang bisa sobat coba untuk mengetahui keaslian handphone samsung sobat adalah dengan Samsung Kies. Samsung Kies merupakan software buatan Samsung yang berfungsi untuk mensinkronkan data yang ada pada hp Samsung ke komputer. Software tersebut hanya akan membaca hp Samsung asli, jadi apabila hp Samsung yang terkoneksikan ke Samsung Keis merupakan hp palsu, maka tidak akan terbaca. Nah bagi yang ingin mencoba software tersebut silahkan sobat unduh pada situs resmi Samsung atau Klik Di Sini.

Namun sebelum itu, Samsung Keis hanya mendukung beberapa smartphone Samsung keluaran lama, seperti Galaxy S7 Series ke bawah. Sedangkan untuk hp Samsung keluaran baru bisa menggunakan software bernama Smart Switch. Fungsi software tersebut sama saja dengan Samsung Keis, yaitu untuk mensinkronkan handphone samsung sobat ke komputer. Nah untuk mendownload Smart Switch terbaru silahkan di link yang kami sertakan di atas ta.

5. Mengecek Kualitas Kamera  

cara cek hp samsung

Nah adapun cara terakhir dari kami untuk mengetahui handphone samsung sobat asli atau bukan, sobat bisa coba cara yang paling mudah yaitu dengan Mengecek Kualitas Kamera Handphone Samsung sobat terlebih pada handphone samsung keluaran baru yang memiliki kualitas kamera yang baik.

Biasanya cara ini paling terlihat, coba sobat ambil gambar pemandangan atau objek apapun terserah sobat. Lalu lihat dengan seksama sambil sobat zoom gambarnya, apakah terlihat jernih atau tidak. Jika handphone Samsung sobat memiliki spesifikasi kamera yang besar tapi hasil gambarnya jelek, maka bisa saja itu handphone samsung KW atau bukan asli, tapi bisa juga sih ada kerusakan dibagian kamera atau software.

Akhir Kata

Dari cara cek keaslian Hp samsung di atas semoga saja mudah bukan untuk diikuti ya. Jika sobat memiliki cara lain untuk mengetahui keaslian handphone samsung, boleh dong share ke kita semua melalui kolom komentar dibawah! Semoga artikel ini dapat membantu sobat semua ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here