Qualcomm Umumkan Snapdragon 888 dengan Teknologi Proses 5nm

  • Whatsapp
Snapdragon 888

AndroidPonsel.com – Qualcomm secara resmi meluncurkan paltform chip selular terbaru Andalan untuk generasi berikutnya pada Snapdragon Technology Summit tahun ini.

Jangan salah, ini bukan Snapdragon 875 seperti yang ada pada bocoran-bocoran sebelumnya, tapi ini adalah Snapdragon 888 yang benar-benar baru!

Bacaan Lainnya

Pada dasarnya Snapdragon 888 dibangun atas teknologi proses 5nm Samsung yang dilengkapi dengan delapan inti, engan inti besar dimulai dengan super-core baru ARM Cortex-X1, yang disebut Qualcomm sebagai “Super Core” pada 2.84GHz. Ada juga tiga inti 2.4GHz A78, empat inti 1.8GHz A55, dan inti grafis GPU telah ditingkatkan ke Adreno 660.

Perlu diketahui, Snapdragon 888 juga merupakan SoC 5G andalan terintegrasi pertama dari Qualcomm, yang menggabungkan baseband Snapdragon X60 5G.

Snapdragon 888 akan menjadi chip pendukung smarpthone andalan pada generasi berikutnya, dan chip ini adalah peningkatan besar pertama untuk 5G yang menawarkan modem 5G terintegrasi penuh.

Snapdragon 888 hadir dengan modem Qualcomm Snapdragon X60 yang diumumkan awal tahun ini. Proses 5nm hadir untuk efisiensi daya yang lebih baik, serta meningkatkan agregasi operator 5G di seluruh spektrum mmWave dan sub-6GHz. Selain mendapatkan peningkatan disisi 5G, chip hadir dengan mendukung kemajuan lainnya termasuk mesin AI generasi ke-6

Selain itu, Qualcomm juga memperkenalkan Snapdragon Elite Gaming generasi ketiga yang menghadirkan peningkatan paling signifikan pada kinerja GPU Adreno dengan mendukung game 144fps dan rendering kelas desktop.

Sedangkan dalam hal dukungan fotografi, Qualcomm juga memperkuat fitur untuk mendukungnya, yaitu dengan memberikan kemampuan menangkap 2,7 gigapiksel perdetik atau sekitar 120 bingkai per detik pada resolusi 12 MP, berkat ISP yang diperbarui. Qualcomm mengatakan bahwa pemrosesan gambar 35 persen lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Pada acara pengumuman tersebut, Qualcomm juga mengumumkan produsen mana yang akan siap menggunakan Snapdragon 888, ini termasuk Asus, Black Shark, Lenovo, LG, Meizu, Motorola, Nubia, Realme, OnePlus, OPPO, Sharp, Vivo, Xiaomi, dan ZTE.

Sayangnya kami tidak melihat merek Samsung terpampang dalam draft resmi peluncuran tersebut. Tapi ini tidak menjadi patokan apakah Samsung tidak akan menggunakannya atau tidak, mengingat ini adalah chip kelas atas, tentunya Samsung punya banyak model ponsel kelas atas yang sebelumnya mengemas chipset dari Qualcomm.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *