Cara Mengatasi Unknown USB Device dengan Mudah

cara mengatasi USB Unknown Device

Halo Sobat! Sedang mengalami masalah yaitu Unknown device USB atau USB yang tidak terbaca? Sementara Sobat tidak tahu atau belum paham cara mengatasinya? Jangan khawatir, kami akan mengulas cara mengatasi Unknown USB Device pada halaman ini.

Perkembangan komputer kian semakin canggih. Hal ini membuat banyak jenis pekerjaan sangat terbatu. Namun dibalik canggihnya teknologi komputer, terkadang memang ada saja masalah yang menghampiri. Namanya saja Sistem, seperti kata pepatah yang berbunyi “No System is Safe” atau tidak ada sistem yang aman.

Tidak ada sistem yang aman ini bisa diartikan juga sistem tidak selalu berjalan lancar, ada saja masalah yang muncul atau datang. Salah satunya seperti masalah Unknown USB Device atau tidak terbacanya USB padahal sudah tersambung. Lalu apa bisa mengatasinya? Tentu saja bisa! Selagi sobat mau berusaha.

Lalu bagaimana sih caranya? Penasaran? Yuk simak terus ulasan di bawah ini! Pastikan Sobat membaca setiap langkahnya agar semua berjalan dengan lancar

Penyebab Unknown USB Device

Perlu sobat ketahui, penyebab USB yang tidak terbaca atau Unknown USB Device disebabkan beberapa masalah. Apa saja kira-kira?

  • Sistem yang Error atau terdapat Bug.

Nah biasanya masalah USB tidak terbaca atau Unknown USB Device bisa disebabkan oleh Sistem Komputer yang banyak Bug, sehingga menganggu aktifitas kinerja Sistem.

  • USB yang mengalami masalah atau error.

Penyebab lainnya bisa timbul akibat memang USB-nya yang sudah rusak, entah itu di bagian port atau kuningannya, ataupun masalah kabelnya. Sehingga menyebabkan transfer data tidak jalan dan tidak terdeteksi.

  • Driver yang tidak compatible

Driver yang tidak kompatibel memang sering menjadi masalah, jadi sobat bisa mengganti driver yang lain atau yang cocok.

  • Port USB yang terdapat Air atau Debu

Ini menjadi penyebab yang sepele namun mempunyai dampak yang cukup besar. Yup jika pada port USB terdapat air, bisa saja menyebabkan korsleting sehingga kuningan tidak berfungsi kembali. Nah untuk debu, biasanya debu yang menumpuk membuat port USB tertutup sehingga menjadi tidak terbaca.

  • Sudah termakan umur

Nah ini permasalahan yang cukup di sadari. Layaknya manusia, komponen dalam komputer juga bisa rusak. Hal ini bisa sobat atasi dengan mengganti dengan komponen baru.

Cara Mengatasi Unknown USB Device!

cara mengatasi USB Unknown Device (1)

Update Device Manager

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mengatasi USB yang tidak terbaca atau tidak terdeteksi di windows 10, yaitu dengan cara update device manager. Caranya terbilang mudah kok, bagaimana caranya?

  • Pertama, sobat bisa buka tool pencarian / search, lalu search Device Manager
  • Selanjutnya pilih Universal Serial Bus controllers yang ada di paling bawah, lalu klik.
  • Lalu klik kanan Device, dan pilih Properties
  • Nantinya di bagian atas terdapat opsi Driver, sobat pilih dan langsung klik.
  • Terakhir Update Driver dan tunggu beberapa saat, jangan di close ya!

Menon-aktifkan Pengaturan USB Selective Suspend Settings

Cara lainnya untuk mengatasi Unknown USB Device selain mengupdate Device Manager adalah dengan menon-aktifkan pengaturan USB Selective Suspend Settings. Bagaimana sih caranya?

Nah biasanya pada Laptop atau komputer, ada beberapa pengaturan yang membatasi kinerja USB. Sehingga pada beberapa USB menjadi tidak terbaca.

  • Pertama, sobat silahkan buka Control Panel. Jika kesulitan, sobat bisa mengetiknya melalui kolom pencarian di dekstop.
  • Pada halaman Control Panel, sobat bisa membuka Power Options. Atau juga sobat bisa mencarinya melalui kolom search pada pojok kanan atas.
  • Setelah terlihat Power Options, sobat bisa  Klik Change Plan Settings.
  • Lalu silahkan sobat Klik Change Advanced Power Settings.
  • Disini sobat silahkan Ganti pengaturan USB Selective yang tadinya Enable sobat ganti menjadi Disabled.
  • Lalu silahkan klik OK

Mudah bukan? Silahkan sobat ikuti ya!

Mematikan Mode Fast Startup

Ternyata, fitur Fast Startup bisa juga membuat Windows 10 sobat kesulitan membaca flashdisk atau usb hp sehingga tidak terdeteksi. Untuk itu Sobat perlu tahu cara mengatasinya dengan benar.

Cara menonaktifkannya mudah banget kok,

  • Silahkan sobat buka Control Panel dari menu Windows,
  • kemudian pilih opsi Hardware and Sound, lalu sobat klik opsi Power Options.
  • Lalu selanjutnya di daftar opsi paling kiri, cari dan klik “Choose what the power button do”.
  • kemudian sobat klik opsi “Change setting that are currently available”.
  • Kemudian Cari opsi Fast Startup dan klik Turn Off atau hingga tanda centang menghilang. kemudian sobat klik Save changes untuk menyimpan perubahan, dan terakhir restart PC sobat!

Update Driver Generic USB Hub

Cara lain jika belum bisa juga, sobat menggunakan cara ini. USB Generic Hub ini merupakan driver yang berfungsi untuk membaca USB lho! Sobat bisa mengupdatenya. Nah dengan meng-update driver tersebut, nantinya sobat bisa membantu dalam memperbaiki pesan error unknown pada USB lho! Lalu bagaimana sih caranya?

Caranya:

  • Pertama, silahkan sobat buka Device Manager.
  • Lalu pada Device Manager, selanjutnya sobat bisa membuka menu Universal Serial Bus Controller.
  • Lalu disini sobat bisa klik kanan pada Generic USB Hub.
  • Selanjutnya sobat bisa pilih Update.
  • Tinggal sobat klik OK saja!

Bersihkan Port USB

Nah cara lainnya jika pada port USB tidak terbaca, barangkali port sobat kotor dipenuhi dengan debu dan kotoran sehingga membuat perangkat menjadi tidak terbaca.

Pastikan sobat cek dahulu dan bersihkan ya menggunakan kuas kecil atau bisa menggunakan cotton bud, tapi jangan menggunakan air walaupun sedikit sebab dikhawatirkan malah menambah permasalahan.

Pastikan sobat juga membersihkan konektor USB dari flashdisk atau kabel data juga ya, barangkali kedua itu juga dihinggapi kotoran. Namun jika masih belum teratasi juga, sobat silahkan simak cara selanjutnya dibawah ini!

Gunakan Fitur Troubleshoot

Nah opsi ini menjadi pilihan yang cukup banyak dilakukan jika terdapat error atau Bug pada laptop atau komputer. Berikut caranya :

  • Pertama, silahkan sobat buka Control Panel atau bisa search pada kolom pencarian di Dekstop.
  • Lalu di menu ini, sobat bisa cari dan pilih Troubleshoot.
  • Selanjutnya sobat bisa pilih Find and Fix Problem.
  • Selanjutnya sobat bisa klik OK.

Bawa Ke Jasa Service

Cara lainnya jika cara-cara diatas tidak bisa atau tidak bekerja, sebaiknya sobat bawa ke jasa service ya, kemungkinan komponen yang ada di Port USB sobat mengalami kerusakan.

Namun sebelum itu jangan terburu-buru untuk bawa ke jasa service, pastikan sobat juga mengecek flashdisk sobat terlebih dahulu, barangkali konektor USB flashdisknya yang mengalami gangguan ada kerusakan bukan port USB pada laptop atau PC sobat.

Ganti Kabel USB

Nah barangkali yang terjadi error atau rusak adalah USB sobat. sobat bisa periksa kabel atau port kuningannya, jika dirasa ada kerusakan, silahkan sobat menggantinya atau bisa membeli kabel USB baru!

Baca Juga : Cara Restore Windows 10 dengan Mudah dan Cepat!

Akhir Kata

Di atas adalah cara mengatasi USB Unknown Device. Silahkan sobat ikuti cara-caranya ya agar USB sobat bisa terbaca kembali! Jika ada pertanyaan, sobat bisa ajukan melalui kolom komentar di bawah ya!

Okedeh, selamat mencoba!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks