Membandingkan Fitur Poco M3 dan Samsung M31

  • Whatsapp
Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung M31

Perkembangan smartphone dengan berbagai fitur baru tentu tidak dapat dibendung. Saat ini, kamu dapat memiliki ponsel yang berkualitas dengan fitur yang lengkap dengan harga yang sangat terjangkau. Sebagai konsumen yang cerdas, tentunya kamu harus selektif untuk memilih ponsel yang tepat.

Poco menjadi salah satu brand di bawah naungan Xiaomi yang menarik perhatian. Pasalnya, ponsel dengan harga terjangkau ini memiliki fitur yang sangat bagus. Simak perbandingannya dengan  brand yang sudah booming yaitu Samsung M31.

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 vs Samsung M31

Perbandingan Poco M3 dan Samsung M31

Samsung Galaxy M31 lebih dulu dirilis yaitu pada akhir februari sedangkan Xiaomi Poco dirilis pada akhir november 2020. Keduanya memiliki fitur yang hampir serupa walapun ada beberapa fitur yang berbeda. Jadi jika kamu ingin membeli ponsel dengan spesifikasi yang bagus, kamu dapat membandingkan Xiaomi Poco M3 dengan Samsung Galaxy M31.

Dua ponsel ini berada di rentang harga yang lumayan berbeda. Dengan mengetahui beberapa fitur yang dimilki, tentunya akan membantu kamu untuk menentukan ponsel yang terbaik sesuai dengan kebutuhanmu. Tentunya Poco M3 dan Samsung M31 juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal itu dapat menjadi pertimbangan sebelum kamu menentukan pilihan.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan

Desain menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan saat kamu memilih ponsel. Pasalnya, saat ini banyak produsen ponsel yang telah  memperhatikan kenyamanan pengguna. Desain yang baik tentu akan memudahkan kamu saat memanfaatkan ponsel untuk berkomunikasi ataupun bertransaksi.

Poco M3 didesain dengan dimensi 162.3 Х 77.3 Х 9.6 mm sedangkan galaxy M31 memiiki dimensi 159.2 Х 75.1 Х 8.9 mm. Selanjutnya, berat Poco M3 adalah 198 g, sedangkan Samsung M31 memliki berat 191 g. Kedua gadget di dibuat dengan gorilla glass 3 untuk layar depan dengan bagian belakang dan bingkai berbahan plastik.

Keduanya memiliki layar sentuh kapasitif dengan warna tampilan 16 juta namun Poco M3 mengandalkan layar dengan teknologi LCD IPS sedangkan Samsung menggunakan Super Amoled. Poco M3 memiliki ukuran layar 6,53 inch sedangkan Samsung Galaxy M31 hadir dengan layar 6,4 inchi. Ukuran layar tersebut sudah cukup nyaman untuk digunakan.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Poco M3 menggunakan sistem operasi Andorid 10 dengan MIUI 12 sedangkan Samsung M31 menggunakan Android 10 dengan One UI 2.0. Poco M3 menggunakan Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) sedangkan Samsung M31 menggunakan Chipset Exynos 9611 (10nm). Poco M3 menggunakan GPU prosesor grafis Adreno 610 sedangkan Samsung M31 menggunakan Mali-G72 MP3.

CPU Prosesor yang digunakan pada Poco M3 dan Galaxy M31 adalah Octa Core . Poco M3 dihadirkan dengan kapasitas penyimpanan 64GB RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan 128GB RAM 4GB. Sedangkan Samsung M31 hadir dengan RAM 64GB kapastias penyimpanan 6GB dan RAM 128GB kapasitas penyimpanan 6GB. Dengan pilihan tersebut, kamu dapat memilih kapasitas yang cocok untuk kebutuhan kamu.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung M21

Kamera dan Fitur

Kamera Galaxy M31 lebih unggul yaitu dengan resolusi 64 MP sedangkan Poco M3 memiliki resolusi 48 MP saja. Fitur kamera dari kedua ponsel ini juga sudah mendukung Flash LED, HDR, dan panorama. Untuk kamera depan, Samsung M31 lebih unggul dengan resolusi 32 MP sedangkan Poco M3 hanya mencapai resolusi 8MP saja. Kamera depan Samsung M31 juga mendukung HDR sedangkan Poco M3 hanya panorama.

Fitur dan Sensor

Baik Poco M3 maupun Samsung M31 menggunakan SIM Ganda (Nano-SIM, dual stand-by) dengan dukungan jaringan GSM, HSPA dan LTE. Keduanya juga mendukung GPRS, GPS, dan Wi-Fi. Poco M3 tidak menggunakan teknologi NFC, sedangkan Samsung M31 sudah dilengkapi dengan NFC (tergantung pasar atau wilayah). Jadi, belum semua Samsung M31 dilengkapi dengan fitur NFC.

Poco M3 dan Samsung M31 dilengkapi dengan radio FM dan juga colokan headphone. Penempatan sensor sidik jari pada Xiaomi Poco M3 di pasang di bagian samping sedangkan pada Samsung M31 terpasang di bagian belakang. Kedua ponsel ini juga telah mendukung fitur akselerometer dan kompas. Poco M3 dilengkapi  dengan inframerah sedangkan Samsung M31 tidak memiliki fitur tersebut.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Baik Xiaomi Poco M3 maupun Samsung Galaxy M31 sudah dibekali dengan baterai 6000 mAh. Kedua gadget ini juga sudah mendukung fast charging. Tentunya baterai dapat bertahan lama sehingga tidak perlu khawatir kehabisan baterai di saat yang urgent.

Walaupun demikian, Samsung Galaxy M31 termasuk lama dalam pengisian daya. Ponsel di kelasnya mampu mengisi daya full dalam waktu 30 menit saja, namun untuk smartphone satu ini, kamu perlu menunggu selama 2,5 jam untuk mengisi daya hingga full.

Harga Xiaomi Poco M3 dan Samsung M31

Dengan fitur yang mumpuni, Poco M3 dibanderol dengan harga 2,1 juta hingga 2,4 juta. Sedangkan untuk Samsung Galaxy M31 dibanderol dikisaran harga 3,3 juta rupiah. Dengan harga yang berbeda jauh, spesifikasi Poco M3 dan Galaxy M31 tidak jauh berbeda.

Cek Harga POCO M3ShopeeLazadaBlibli
Cek Harga Samsung M31ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Poco M3 dan Samsung M31

Walaupun sama-sama memiliki spesifikasi yang bagus, baik Xiaomi Poco M3 maupun Samsung M31 memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Poco M3 dan Samsung M31.

Kelebihan Xiaomi Poco M3

  • Harga terjangkau dengan desain yang menarik dan fitur yang unggul
  • Memiliki daya baterai besar hingga 6000 mAh
  • Sudah menggunakan Chipset SD662
  • Dilengkapi dengan fitur stereo speaker
  • Memiliki varian warna yang menarik
  • Memiliki memori internal yang cukup besar dikelasnya

Kekurangan Xiaomi Poco M3

  • Terkadang kamu menemukan iklan pada Poco M3 sehingga dapat mengggu saat menggunakan ponsel
  • Ponsel belum dilengkapi dengan NFC

Kelebihan Samsung Galaxy M31

  • Samsung M31 memiliki baterai dengan kapasitas yang besar
  • Kapasitas RAM dan memori internal juga cukup besar
  • Desain tampilan layar yang bagus dan maksimal
  • Dibekali kamera depan dan belakang dengan resolusi yang besar
  • Dihadirkan dengan android 10

Kekurangan Samsung Galaxy M31

  • Ponsel memiliki performa gaming yang biasa saja karena tidak mampu mengalahkan pesaing dengan rentang harga yang sama
  • Pengsian baterai cukup lama yaitu 2,5 jam sedangkan ponsel lainnya di kelas yang sama mendukung pengisian full hanya dengan waktu 30 menit
  • Perlindungan layar hanya mampu mengatasi goresan saja sehingga kamu perlu berhati-hati pada benturan keras
  • Ponsel dengan fitur NFC terbatas pada pasar dan wilayah tertentu saja

Kesimpulan

Memiliki fitur yang hampir sama, kedua ponsel ini memiliki harga yang cukup bersaing. Dengan spesifikasi yang mirip, harga Samsung M3 dibanderol lebih tinggi. Jika kamu memilih ponsel spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau maka kamu dapat meminang Poco M3.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *