Poco M3 vs Samsung A31 dari Segi Fitur Spesifikasi dan Harga

  • Whatsapp
Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A31

Baik Xiaomi maupun Samsung menjadi brand produsen ponsel yang sangat digemari di tanah air. Setiap seri yang dikeluarkan selalu menarik untuk dibahas. Pasalnya, produsen seperti berlomba-lomba untuk memikat hati konsumen dengan ponsel yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur baru.

Kini, Xiaomi kembali menawarkan Poco M3 sebagai smartphone yang dapat dijangkau dengan budget pas dikantong namun fiturnya tidak asal-asalan. Poco M3 dapat dipertimbangkan sebagai smartphone dengan fitur yang unggul. Nah, bagaimana jika dibandingkan dengan Samsung A31?

Bacaan Lainnya

Perbandingan Poco M3 vs Samsung A31

Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A31 (1)

Membandingkan dua gadget dari brand ternama tentu akan membantu kamu untuk menentukan smartphone terbaik. Xiaomi Poco M3 memiliki fitur yang perlu dipertimbangkan apalagi dihadirkan dengan harga yang sangat terjangkau. Melihat fitur dari Samsung Galaxy A31 juga menjadi hal yang menarik karena dapat dibandingkan dengan Poco M3 dari segi fitur dan spesifikasinya.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan Poco M3 vs Samsung A31

Dilihat dari dimensi layar, terdapat sedikit perbedaan saja. Poco M3 dibuat dengnan dimensi 162,3 Х 77,3 Х 9,6 mm sedangkan Samsung A31 memiliki dimensi 159,3 Х 73,1 Х 8,6 mm. Bobot keduanya juga tidak jauh berbeda. Samsung A31 memiliki berat 185 gram sedangkan Poco M3 memiliki bobot 198 gram.

Material pembuatan Poco M3 menggunakan kaca depan gorilla glass dan material  plastik untuk bagian body. Samsung A31 memiliki banyak pilihan warna yaitu prism crush black, prism crush red, prism crush white, dan prism crush blue. Sedangkan Poco M3 memiliki warna cold blue, kuning Poco dan hitam.

Poco M3 menggunakan layar berteknologi LCD IPS sedangkan Samsung A31 menggunakan teknologi Super Amoled seperti ponsel keluaran Samsung pada umumnya. Ukuran layar Poco M3 sedikit lebih luas yaitu 6,53 inch sedangkan Samsung A31 hanya 6,4 inch. Namun, resolusi layar Samsung A31 sedikit lebih tinggi yaitu 1080 x 2400 sedangkan Poco M3 memilki resolusi 1080 x 2340.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Poco M3 dan Samsung A31 menggunakan sistem operasi Android 10. Poco M3 memakai Chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm) sedangkan Samsung A31 memakai Chipset Mediatek MT6768 Helio P65 (12nm). Poco M3 mengeluarkan tipe dengan RAM 4GB memori internal 64GB dan RAM 4GB memori internal 128GB. Sedangkan Samsung A31 hadir dalam 3 tipe yaitu 64GB RAM 4GB, 128GB RAM 4GB, dan 128GB RAM 6GB.

Kamera dan Fitur

Poco M3 memiliki kamera belakang utama 48 MP dengan 2 MP makro dan 2 MP deep. Sedangkan untuk Samsung A31 dibekali dengan kamera belakang 48 MP, dengan 8 MP ultrawide, 5 MP makro, dan 5 MP deep. Kamera belakang pada Poco M3 dan Samsung A31 juga memiliki fungsi HDR, Panorama dan Flash LED.

Hasil rekaman video untuk kamera belakang adalah 1080 piksel. Poco M3 dibekali dengan kamera depan 8MP sedangkan untuk Samsung A31 dibekali dengan kamera 20MP. Hasil video untuk kamera depan juga sama yaitu 1080 piksel.

Fitur dan Sensor

Poco M3 belum dilengkapi dengan fitur NFC, yang mana saat ini fitur tersebut banyak dicari seiring dengan meningkatknya penggunaan e-Money atau sejenisnya. Sedangkan untuk Samsung A31 dapat saja tersedia tergantung pada pasar atau wilayah tertentu. Poco M3 juga dilengkapi dengan Radio FM begitu juga dengan Samsung A31. Selain itu, Samsung A31 juga dilengkapi dengan RDS dan rekaman.

Poco M3 juga memiliki sensor sidik jari yang terpasang di samping sedangkan untuk Samsung A31 sidik jari berada di bawah tampilan dan bersifat optik. Baik Poco M3 dan Samsung A31 sudah dilengkapi dengan akselerometer, kompas, dan jarak. Bedanya Poco M3 memliki port inframerah sedangkan Samsung A31 tidak memiliki fitur itu.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Kapasitas baterai biasanya menjadi hal yang penting karena akan sangat mengganggu jika kamu terlalu sering mengisi ulang daya. Apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki aktifitas padat. Ada baiknya jika kamu memilih ponsel dengan kapasitas baterai yang besar dan mendukung fast charging.

Kapasitas baterai pada Poco M3 lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung A31 yaitu 6000 mAh sedangkan Samsung A31 hanya memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Poco M3 mendukung pengisian cepat 18 W dan reserve charging sedangkan Samsung A31 hanya support fast charging 15W saja.

Harga Xiaomi Poco M3 vs Samsung Galaxy A31

Harga menjadi salah satu faktor terbesar yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli smartphone. Oleh karena itu, mengetahui spesifikasi dari smartphone yang akan dibeli sangat penting untuk menyesuaikan dengan harga yang ditawarkan.

Saat ini, Harga Samsung Galaxy A31 dimulai dari kisaran 3,5 juta rupiah sedangkan untuk Xiaomi Poco M3 dimulai pada kisaran 2,1 juta rupiah. Kamu juga dapat memperoleh penawaran spesial dengan adanya promo tertentu.  

Harga POCO M3 diShopeeLazadaBlibli
Harga Samsung Galaxy A31 diShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap ponsel tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Begitu juga dengan Poco M3 dan Samsung A31. Poco M3 tentu memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah baterai dengan kapasitas 6000 mAh. Hal itu dapat menjadi dasar pertimbangan untuk memilih sebuah ponsel. Selain itu, baik RAM maupun penyimpanan internal Poco M3 juga lumayan besar.

Tidak hanya itu, dengan spesifikasi yang unggul Poco M3 juga ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau. Namun, dengan kamera utama 48 MP, dukungan untuk mikro dan deep masih kurang. Selain itu, Poco M3 juga belum dilengkapi dengan fitur NFC. Namun hal itu tetap sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Samsung A31 tentu memiliki keunggulan dari segi kamera dengan dukungan ultrawide, mikro dan deep beresolusi tinggi. Hasil jepretan dari kamera Samsung A31 juga lebih bagus dengan fitur yang terdapat pada kameranya.  Selain itu, kamu juga dapat menemukan Samsung yang tersedia fitur NFC untuk mempermudah transaksi kamu.

Variasi dari kapasitas RAM dan ruang penyimpanan pada Samsung A31 juga dapat memenuhi kebutuhan kamu. Desain yang menarik akan membuat kamu semakin percaya diri untuk menggunakan gadget keluaran Samsung satu ini. Kekurangan dari Samsung A31 adalah kapasitas baterai yang kurang besar di kelasnya.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S21, S21+ dan S21 Ultra

Kesimpulan

Poco M3 memang menawarkan fitur yang lengkap dan mumpuni dengan harga yang sangat terjangkau. Kapasitas memori internal dan RAM yang besar juga tidak kalah saing dengan tipe lainnya. Selain itu, desain dari POCO M3 dan kapasitas baterai yang besar juga dapat menjadi faktor yang dapat dipertimbangkan.

Namun, jika kamu ingin ponsel dengan menitikberatkan pada kemampuan kameranya, maka Samsung A31 dapat menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya kamera pada ponsel ini lebih bagus jika dibandingkan dengan Poco M3.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *