Salip Clubhouse, Twitter Space Telah Hadir di Android

  • Whatsapp
Twitter Space

Kemarin Twitter telah mengumumkan akan membuka ruang obrolan audio besutan mereka yang diberi nama Twitter Space bagi para pengguna Android. Sebelumnya Twitter Spaces hanya terbuka untuk pengguna tertentu di iOS usai diluncurkannya versi privat beta pada Desember tahun lalu.

Twitter mengatakan bahwa para pengguna Android baru hanya bisa bergabung dan berbicara pada ruang obrolan yang telah ada dan belum dapat untuk membuat ruang obrolan sendiri. Namun mereka memastikan akan membuka fitur untuk membuat obrolan sendiri tesersebut sesegera mungkin, meski tak memberikan jangka waktu yang pasti.

Raksasa sosial media tersebut telah melakukan pekerjaan dengan cepat dalam membangun Twitter Space dalam beberapa bulan terakhir semenjak versi beta-nya dirilis, para pengguna-pun dapat memantau sejauh mana mereka membangun fitur baru ini melalui roadmap yang transparan.

Bulan lalu, tim yang mengembangkan Twitter Space menyelengarakan Spaces di mana para pengguna diundang untuk memberikan feedback, mengajukan pertanyaan dan mempelajari tentang apa yang akan Twitter lakukan dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Selama obrolan tersebut, Twitter telah mengkonfirmasikan bahwa Spaces akan hadir di Android pada bulan Maret.

Twitter juga membagikan fitur – fitur lain kepada para penggunanya termasuk hal – hal dasar seperti judul dan deskripsi, opsi penjadwalan, dukungan untuk co-host dan moderator, daftar tamu dan masih banyak lainnya. Mereka juga telah memperbarui kartu pratinjau yang muncul di timeline dan memberi label ulang fitur “teks” agar lebih akurat dari sudut pandang aksesibilitas.

Langkah Twitter ini membuat mereka menjadi yang terdepan dalam segmen audio sosial, mengalahkan Clubhouse dalam hal dukungan untuk perangkat Android. Saat ini Clubhouse baru hanya berjalan di iOS dan masih membutuhkan kode undangan untuk dapat bergabung.

Langkah penting ini juga membuktikan bahwa mereka memiliki sumber daya yang mumpuni untuk dapat berkembang melampau para pesaingnya. Jelas, Twitter sangat ambisius untuk merebut pasar audio sosial yang masih belum banyak dilirik oleh kompetitornya.

Spaces sendiri dilihat sebagai salah satu gerbang bagi Twitter untuk membuka platform kreator yang lebih luas yang saat ini sedang mereka kerjakan. Selama Investor Day pekan lalu Twitter mengungkapkan niatnya untuk menggabungkan produk – produk baru mereka seperti Spaces dan Super Follow.

Saat ini mereka juga sedang menguji Twitter Shopping Card yang memungkinkan penggunanya mengetweet postingan yang tertaut langsung ke halaman produk melalui tombol “Shopping”. Fitur tersebut juga dalam upaya pelebaran bisnis mereka untuk memanjakan para konten kreator.

Baca juga: Xiaomi Rilis Ulang MiTalk Untuk Abil Pasar Clubhouse di China

Untuk Anda yang ingin menggunakan Space berikut cara untuk memulai obrolan audio Twitter Spaces :

  • Tekan lama pada tulis lalu ketuk ikon Spaces yang berada pada sisi paling kiri. Atau ketuk gambar profil Anda di Fleets, gulis ke paling kanan dan ketuk Spaces. Anda dapat mengundang 10 orang untuk berbicara.
  • Pilih orang yang akan Anda ajak bergabung, anda bisa memilih semua orang, orang yang anda ikuti atau hanya orang yang Anda undang yang memungkinkan Anda mengirim undangan melalui DM.
  • Mikrofon akan dimatikan untuk memulai. Jika telah siap, ketuk Mulai Space Anda
  • Izinkan akses Mikrofon
  • Pilih apakah Anda ingin berbagi transkrip atau tidak
  • Mulailah merekam di Space

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *