Cara Melihat Gaji Youtuber Dari AdSense

  • Whatsapp
Cara Melihat Gaji Youtuber

Menonton Youtube memang menjadi alternatif untuk melepas penat karena urusan pekerjaan ataupun perkuliahan. Banyak sekali hal yang dibagikan di Youtube oleh para creator sehingga kita bisa terhibur dan lupa akan masalah yang terjadi. Tapi pernah tidak sobat berpikir, kira-kira mereka memiliki penghasilan berapa sih dari Youtube sampai-sampai selalu terlihat seperti orang kaya yang memiliki perlengkapan yang bagus dan mahal? Nah daripada penasaran sobat bisa ini analisis sendiri dengan mengikuti cara melihat gaji youtuber dari adsense yang akan kami ulas di bawah.

Perlu sobat ketahui, saat ini Youtube menerapkan sistem memberi hasil kepada para creator dengan adanya iklan, atau yang lebih familiar di telinga kita yaitu adsense. Nah adsense atau Youtube ads sendiri sejatinya memiliki 2 patokan yang bisa digunakan untuk menetapkan gaji Youtuuber dari iklan. Adapun iklan tersebut dihitung berdasarkan CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click).

Bacaan Lainnya

Mungkin masih terdengar asing bagi sobat bukan? Nah untuk CPM atau Cost per mile sendiri adalah penghasilan yang didapatkan setiap 1000 penayangan iklan yang muncul pada setiap video yang diunggah. Lalu unuk CPC atau Cost per click sendiri dihitung jumlahnya berdasarkan para viewers yang mengklik iklan yang ada di video creator. Begitulah kira kira.

Bagaimana Cara Melihat Gaji Youtuber ?

Nah daripada peasaran, langsung saja sobat coba analisi Youtuber favorit sobat disini :

  • Pertama, silahkan sobat buka browser di PC ataupun Ponsel. Terserah igin menggunakan browser jenis apa
  • Lalu silahkan buka situs web Socialblade.com pada browser
  • Jika sudah, sobat bisa lihat disini terdapat kolom untuk pencarian. Nah silahkan cari nama channel Youtuber yang ingin sobat analisis. Misal disini kami menulis channel National Geographic
cara melihat gaji youtuber
  • Maka nantinya akan muncul beberapa platform atas nama tersebut, seperti Instagram, Twitter, dan yang sudah pasti Youtube
cara melihat gaji youtuber
  • Karena sobat ingin melihat penghasilan adsense Youtube, silahkan sobat pilih opsi Youtube
  • Nah disini sobat bisa lihat, tertera kira-kira penghasilan perbulan maupun pertahunnya. Pada kolom bertuliskan “Estimated Monthly Earnings” yang berarti Estimasi Penghasilan Perbulan, dan “Estimated Yearly Earnings” yang berarti Kira-kira penghasilan Youtuber tersebut pertahun.
cara melihat gaji youtuber
  • Selain itu, sobat juga bisa gulir ke bawah ke bawah, disana terdapat pula perkiraan kira-kira penghasilan per videonya melalui adsense.
cara melihat gaji youtuber

Bagaimana? kalau di lihat-lihat nilainya sangat besar ya? Tapi itu hanya perkiraan. Untuk nilai penghasilan aslinya pasti akan berbeda, karena ditambah dengan beberapa faktor, bisa lebih besar ataupun lebih kecil.

Dari Mana Saja Keuntungan Youtuber Selain Dari Adsense?

Kalau hanya mengandalkan subscriber, terlebih untuk youtuber yang belum terlalu banyak memiliki subscriber, maka penghasilannya akan stuck disitu-situ saja. Nah biasanya para youtuber memiliki trik lain untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang lumayan besar bahkan bisa leih besar dari adsense youtube per videonya. Apa sajakah itu?

Melakukan Afiliasi Sekaligus Brand Ambassador Dengan Perusahaan Ternama

Sering kita lihat, banyak youtuber yang memunculkan produk ternama mereka di beberapa videonya. Ada juga yang terang-terangan menggunakan produknya seperti kamera, gadget, dan beberapa perangkat maupun aksesoris lainnya.  Nah itu adalah bagian dari menjadi brand ambassador atau afiliasi mereka dengan suatu perusahaan.

Tidak heran jika produk berani mempercayai Youtuber, karena subscriber yang setia akan sedikit banyak mengikuti idolanya. Nah pastinya untuk bayaran terkait ini, biasanya perusahaan akan memberi nilai yang besar.

Meng-endorse

Bukan hanya di Instagram, para Youtuber juga menggunakan cara ini untuk mendapatkan penghasilan lebih di Youtube. Biasanya Youtuber akan dengan sengaja memasarkan, mengulas, dan mempromosikan produk tersebut dalam videonya sesuai dengan perjanjian si pemiliki produk dengan jangka durasi yang agak lama di dalam video. Endorsement sendiri tidak main-main nilainya, untuk Youtuber yang memiliki Subs besar bisa dinilai dengan puluhan bahkan ratusan juta untuk sekali endorse. Luar biasa bukan?

Menjual Produknya Sendiri

Menurut kami Youtuber-youtuber sekarang sudah banyak sekali menerapkan cara ini. Nah mereka akan menjual produk merek sendiri dengan bantuan nama besarnya. Biasanya yang sering ditemui seperti menjual Liquid Vape, baju, hoodie, jaket, bahkan buku seperti pemiliki channel “Jeda Nulis” Habib Jafar.

Memang penghasilan dari memasarkan produknya tidak bisa kita analisis langsung, namun pastinya mereka mendapat keuntungan yang lumayan besar. Terlebih jika produk yang dipasarkan sangat berguna.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Aplikasi Download Video Youtube Tercepat

Akhir kata

Diatas adalah cara melihat gaji Youtuber dari adsense yang bisa sobat coba. sangat mudah bukan? Nah jika sobat ingin menjadi Youtuber, pastikan selalu konsisten mengupload video untuk mengejar jam tayang dan berikan tontonan yang bermanfaat agar makin dicintai subscribernya.

FAQ

Berapa Biaya Berlangganan Youtube Premium?

Jawab : Anda hanya perlu mengeluarkan biaya 59 ribu saja untuk setiap bulannya. Maka sobat aka bebas menonton tanpa gangguan iklan.

Apakah Video Youtube Bisa di Download?

Jawab: Untuk di Youtubenya sendiri, tidak semua video dapat sobat download, karena itu tergantung dari si creator apakah bersedia untuk dapat di unduh atau tidak. Tapi jika ingin mengunduh langsung ke Handphone, sobat bisa gunakan downloader Youtube yang sudah tersebar di Internet, tinggal cari saja.

Apakah Ada Fitur Youtube Untuk Anak-Anak Agar Algoritma di Beranda Aman dan Jauh Dari Video Dewasa?

Jawab : Ada, sobat bisa mengubah Youtube sobat menjadi Youtube Kids. Fitur tersebut ada di Youtubenya sendiri, silahkan saja untuk sobat ubah.

Bagaimana Cara Jadi Youtuber?

Persiapkan akun Youtube, kemudian buka channel selanjutnya buat konten video menggunakan kamera smartphone. Jika semua sudah berjalan baru perbaiki kualitas video menggunakan kamera profesional. Untuk tutorial lengkapnya ada banyak Youtuber yang sudah share cara mereka menjadi Youtuber terkenal.

Berapa Modal Menjadi Youtuber?

Tak ada batasan biaya modal untuk menjadi seorang Youtuber, kalau Anda masih baru usahakan modal seminim mungkin dan manfaatkan kamera handphone untuk membuat konten video.

Konten Apa yang Bagus Untuk Youtuber Pemula?

Untuk kenyamanan Anda membuat konten, usahakan untuk mengikuti apa minat dan hobi Anda sehingga pembuatan konten menjadi lebih nyaman. Tapi jika Anda lebih mengejar viewers, Anda bisa memanfaatkan Google Trend untuk melihat trend yang sedang terjadi.

Apa saja yang Dibutuhkan untuk Menjadi Youtuber Pemula?

Smartphone dengan kamera, aplikasi editing video dan kuota untuk uploud video. Selebihnya perkuat jam terbang untuk membuat video dan editingnya. Manfaatkan sosmed untuk melakukan promosi channel.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *