Cara Membuat grup di Telegram

Cara Membuat grup telegram

Telegram menjadi layanan pesan Instan terbesar yang langsung bersaing dengan WhatsApp, terlebih Telegram punya group dengan fitur dan kapasitas orang yang cukup besar. Nah untuk Sobat yang ingin membuatnya, berikut kami akan mengulas cara membuat group di Telegram, sehingga Anda bisa langsung mengikutinya.

Banyak pengguna smartphone yang berpendapat bahwasanya membuat grup di Telegram lebih baik daripada grup di aplikasi chatting lain seperti salah satunya Whatsapp. Benarkah begitu?

Menurut kami ada benarnya juga, karena untuk Grup Telegram sendiri tidak dibatasi jumlah anggotanya. Dengan kata lain, jika sobat membuat grup, misal lowongan kerja atau kerelawanan yang membutuhkan banyak anggota, sobat bisa menginvite akun lain / teman untuk menjadi anggota bukan hanya ratusan, bahkan ribuan dan belasan ribu anggota dalam satu grup itu. Sementara untuk grup di aplikasi chatting seperti Whatsapp atau Line hanya mendukung ratusan anggota saja.

Selain itu, di grup Telegram juga pengguna dapat mengirimkan file dengan berbagai format, seperti foto, video, dokumen, dan lain sebagainya. Berbeda dengan Whatsapp, Telegram hampir menyerupai Line, yaitu dapat mengirim foto dan Video tanpa khawatir akan di kompres. Karena di Telegram gambar atau video akan terkirim HD.

Mungkin hal inilah mengapa sosial media Telegram satu ini banyak dibilang lebih baik daripada yang lain, terutama berkaitan dengan grup chat. Nah jika sobat salah satu pengguna Telegram yang ingin mmbuat grup namun tidak tahu caranya, sobat bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini ya!

Bagaimana Cara Membuat Grup di Telegram?

Tenang, membuat grup di Telegram tidak sulit. Sobat bisa mengikuti beberapa langkah saja seperti di bawah ini

  • Pertama, silahkan sobat buka aplikasi Telegram di HP. Jika belum memiliki, sobat bisa download terlebih dahulu melalui Google Play Store atau Apps Store (bagi pengguna iOS)
  • Jika sudah, sobat silahkan buka aplikasi Telegram
  • Nah langsung saja sobat klik ikon garis tiga di pojok kiri atas layar
  • Lanjutkan dengan klik Grup Baru atau New Group.
  • Maka akan muncul menu kontak. Nah disini sobat bisa invite atau masukkan kontak teman mana saja yang ingin sobat masukkan ke dalam grup yang akan dibuat.
  • Selanjutnya sobat bisa klik ikon panah
  • Silahkan isi nama grup yang akan sobat buat pada kolom yang tersedia. Tak lupa juga ganti poto profil grup tersebut
  • Jika sekiranya sudah pas, sobat bisa klik OK (ikon ceklis)

Nah dengan ini sobat sudah berhasil membuat grup baru di Telegram. Silahkan invite dan masukkan teman-teman sobat. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Silahkan diikuti ya!

Bagaimana Cara mengubah Foto dan Nama Grup?

Jika sobat sudah membuat Grup di Telegram, tapi dirasa nama dan fotonya tidak cocok, sobat bisa menggantinya kembali. Seperti pada grup di aplikasi chat lainnya, telegram mendukung pergantian foto profil dan nama dengan bebas. Nah berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Telegram di HP
  • Selanjutnya buka Grup yang ingin sobat ubah nama dan fotonya
  • Jika sudah, klik nama grup yang ada di atas
  • Disana terdapat fitur edit dengan ikon gambar pensil. Silahkan sobat klik.
  • Maka disini sobat bisa langsung megubah nama grup tersebut
  • Untuk mengganti foto, silahkan klik gambar kamera
  • Jika sudah selesai mengubah, pastikan sobat untuk klik OK atau centang untuk menyimpan perubahan penggantian nama dan foto grup.

Bagaimana Mengatur Riwayat Chat Grup Telegram?

Ada satu fitur unik pada Telegram yang tidak dimiliki oleh sosial media chatting lain, yaitu fitur pembatasan Riwayat Chat Grup. Nah fitur ini berfungsi sesuai namanya, yaitu mengatur jumlah chat pesan. Dengan kata lain, jika sobat adalah admin grup Telegram, maka sobat dapat mengatur riwayat chat yang ditampilkan pada grup untuk anggota atau teman yang baru bergabung.

Adapun cara membuat pembatasan Chat Grup yaitu sebagai berikut:

  • Masuk Ke Telegram
  • Buka grup yang akan dibatasi (Pastikan sobat adalah adminnya)
  • Selanjutnya klik nama grup tersebut dan pilih ikon pensil
  • Lihat sisi bawah dan klik opsi “Riwayat obrolan untuk anggota baru”
  • Nantinya akan ada dua pilihan, yaitu pilihan Terlihat dan Tersembunyi. Nah untuk mengatur agar anggota baru tidak bisa melihat 100 riwayat chat sebelumnya, sobat bisa pilih opsi Tersembunyi
  • Klik Ok untuk konfirmasi selesai!

Bagaimana Cara Mengatur Privasi Grup?

Fitur unik dan tidak dimiliki sosial media lainnya juga ada itur privasi grup. Fitur ini berfungsi untuk mengatur apakah grup akan dijadikan grup terbuka, atau hanya bagi orang tertentu saja.

Dengan kata lain, jika sobat memilih Private grup, nantinya orng hanya dapat menjadi anggota jika memang diundang oleh admin atau diberikan link group.

Namun jika sobat memilih opsi Publik grup, maka semua orang / akun dapat bergabung, lalu dapat melihat isi chat, dan dapat dicari melalui username grup.

Unik dan sangat membantu terkait keamanan bukan? Untuk mengatur Privasi grup, sobat dapat mengubahnya melalui menu pengaturan grup, dengan klik ikon grup, lalu pilih grup yang ini di atur privasinya, dan terakhir tinggal masuk ke menu pengaturan di grup.

Bagaimana Cara Bergabung Channel di Telegram?

Nah fitur unik terakhir yang tidak kalah apik dan hanya dimiliki oleh Telegram adalah fitur Channel. Fitur ini berisi ruang sharing, misal seperti channel Drakor yang di dalamnya saling sharing atau membagikan film-film drama Korea, dan sebagainya. Nah berikut cara mencari dan bergabung di Channel Telegram :

  • Buka Aplikasi Telegram di HP Sobat
  • Selanjutnya bisa lihat halaman awal, silahkan sobat klik ikon pencarian yang berada di pojok kanan atas
  • Maka akan muncul kolom pencarian, nah disini silahkan sobat ketikkan nama channel yang ingin sobat cari. Misal Channel Telegram @androidponsel 
  • Maka akan muncul berbagai Channel AndroidPonsel ini
  • Setelah itu, sobat bisa bergabung dan subscribe Channel tersebut. Caranya tinggal klik opsi join, lalu sobat akan otomatis bergabung dan akan mendapatkan informasi berita telknologi ter-update! Sobat juga bisa membagikan informasi atau berita di channel tersebut!

Baca Juga : Channel Telegram Download Film Terbaik

Akhir Kata

Diatas adalah Cara Membuat Grup di Telegam dengan mudah yang bisa sobat ikuti. Bagaimana? sangat sederhana bukan caranya? dengan ini, sekarang sobat sudah mempunyai grup di Telegram tanpa takut grup tersebut error karena kebanyakan anggota. Selamat mencoba!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks