Contoh Surat Penawaran Barang dan Cara Membuatnya

  • Whatsapp
Contoh Surat Penawaran Barang

Contoh Surat Penawaran Barang – Hasil produksi berupa barang-barang dagangan atau produk tentu tidak serta merta langsung diketahui oleh calon pelanggan. Butuh untuk mempromosikan dan memperkenalkan produk tersebut kepada mereka. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat surat penawaran barang.

Jika kamu sudah lama bergelut dalam bidang usaha tertentu, tentu kamu sudah tidak asing dengan istilah surat penawaran barang dan sudah berpengalaman dalam membuatnya. Tapi jika usaha kamu baru berjalan dan baru pertama kali akan membuat surat penawaran, tentu kamu butuh untuk melihat contoh surat penawaran tersebut agar bisa mendapatkan gambaran bagaimana cara membuatnya.

Sebagaimana namanya, surat penawaran barang atau surat penawaran produk ditulis dengan tujuan untuk menawarkan barang atau produk kepada calon konsumen. Dalam penulisannya, ada aturan-aturan dan kaedah-kaedah yang harus diperhatikan.

Cara Menyusun Surat Penawaran Barang

Selain memperhatikan kaedah dan aturan dalam menulis surat penawaran barang, kamu juga harus mengetahui bagaimana cara yang benar dalam menyusunnya. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih lanjut terkait contoh surat penawaran barang/produk, di bawah ini akan saya sebutkan cara menyusunnya :

  • Penulisan menggunakan bahasa Indonesia resmi, singkat, padat, dan jelas.
  • Menyertakan identitas pengirim surat penawaran barang.
  • Memperkenalkan jenis barang/produk yang ingin ditawarkan.
  • Mencantumkan detail produk dan harga yang ditawarkan.
  • Menyertakan alamat tujuan surat penawaran.
  • Menyertakan nama lengkap serta tanda tangan pengirim surat penawaran.

Komponen Surat Penawaran Barang

Saat menulis surat penawaran barang, ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Jika kamu memperhatikan contoh-contoh surat penawaran harga atau contoh-contoh surat penawaran barang yang banyak dibagikan di internet, kamu bisa melihat jelas adanya komponen-komponen tersebut.

Adapun detail dari komponen-komponen yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Informasi Pengirim Surat Penawaran Barang

Penyebutan identitas pengirim merupakan komponen penting dalam surat penawaran barang. Karena hal tersebut menunjukkan profesionalisme usaha yang kamu jalankan. Oleh karena itu, dalam surat penawaran barang tersebut, kamu harus memperkenalkan nama perusahaan yang kamu jalankan, alamat perusahaan, serta bidang usaha yang dijalankan.

Barang yang Ditawarkan

Dalam surat penawaran barang tersebut mesti disebutkan produk apa saja yang ditawarkan dan berapa stok yang dimiliki. Dengan begitu, penerima surat bisa mempertimbangkan berapa banyak barang/produk yang akan dipesannya.

Berikan Harga Promo

Karena sifatnya berupa penawaran, tentu kamu harus memberikan harga promo untuk barang yang ditawarkan. Jangan langsung menawarkan harga normal, karena bagaimanapun calon konsumen belum mengetahui kualitas barang/produk yang ditawarkan. Tentu dengan adanya harga promo, besar kemungkinan penerima surat penawaran tertarik untuk membelinya.

Metode Pembayaran

Sebutkan dengan jelas motode pembayaran yang tersedia untuk barang/produk yang kamu tawarkan. Semakin banyak metode pembayaran tentu akan semakin bagus, karena calon pelanggan bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah baginya.

Baca Juga : Contoh Makalah yang Baik dan Benar Serta Cara Membuatnya

Lampiran Informasi Produk

Poin paling penting yang juga perlu diikutsertakan dalam surat penawaran barang yaitu informasi detail terkait produk yang kamu tawarkan. Berikan deskiripsi yang jelas terkait produk tersebut. Sertakan pula gambar-gambar yang jelas sehingga penerima surat betul-betul mendapatkan gambaran jelas terkait barang/produk yang ditawarkan kepadanya.

Demikianlah penyebutan contoh surat penawaran barang, cara menyusun, serta komponen penting yang harus diperhatikan. Karena hal ini erat kaitannya dengan terjual tidaknya barang yang kamu tawarkan, maka surat penawaran tersebut harus dibuat semaksimal mungkin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *