ColorOS 12 Meluncur Pada 16 September 2021, Usung Fitur Cross-Screen Interconnection

  • Whatsapp
ColorOS 12

Beberapa hari yang lalu, OPPO secara resmi mengungkapkan akan meluncurkan ColorOS 12 pada pertengahan September tanpa merinci lebih jelas tanggal peluncuran tersebut. Namun, dalam perkembangan terakhir, OPPO melalui akun Weibo resminya telah mengkonfirmasi bahwa tanggal peluncuran adalah 16 September pukul 18.00 waktu setempat.

Versi ColorOS 12 yang akan datang akan didasarkan pada sistem operasi Android 12. ColorOS terbaru akan menawarkan elemen visual baru yang disesuaikan dengan Android 12. Kebocoran sebelumnya menunjukkan bahwa OS baru akan menggabungkan beberapa fitur dari HydrogenOS, Flyme Meizu, dan Smartisan OS.

Read More
ColorOS 12

Hingga kini, belum diketahui kapan OPPO berencana untuk meluncurkan ColorOS 12 yang stabil untuk perangkatnya. OPPO kemungkinan akan menunggu rilis pembaruan stabil dari Android 12. Sebelumnya OPPO mungkin merilis pembaruan versi beta Color OS 12 untuk seri Find X3 pada 16 September, mengingat bahwa perusahaan telah mendorong pembaruan beta Android 12 untuk Find X3 beberapa bulan yang lalu.

Pada 16 September mendatang Oppo juga kemungkinan akan merilis daftar ponsel yang memenuhi syarat untuk menerima pembaruan beta ColorOS 12. OPPO juga akan mengumumkan detail mengenai rilis ColorOS 12 global pada acara tersebut.

Sistem operasi  yang memiliki nama kode “Da Vinci” ini akan hadir dengan beberapa fitur dan fungsi baru. Oppo memilih nama tersebut dengan alasan bahwa tidak ada satu manusia pun dalam sejarah yang mahir seperti Leonardo da Vinci dalam bidang seni, teknologi, dan sains.

Salah satu hal yang mendapatkan perhatian di ColorOS 12 adalah kabar bahwa OPPO akan merilis fitur baru yang dijuluki ‘Cross-Screen Interconnection’, dari namanya ini mirip dengan Huawei Multi-Screen Collaboration. Ini adalah fitur khusus yang ada EMUI 10 yang memungkinkan kolaborasi lintas sistem dan lintas perangkat.

Sederhananya fitur ini memungkinkan ponsel Huawei terhubung ke laptop Matebook Anda untuk berbagi sumber daya dengan cepat. Tak hanya itu, pengguna pada dasarnya bisa melakukan mirroring dari ponsel ke layar laptop.

ColorOS 12 sendiri juga akan tersedia untuk tablet dan jam tangan pintar, meski perlu dicatat bahwa hingga saat ini OPPO belum juga meluncurkan tabletny. Namun, bocoran sebelumnya bisa dijadikan indikasi bahwa OPPO mungkin akan segera menjamah pasar tablet. Selain perangkat OPPO, ColorOS 12 juga akan berjalan di smartphone OnePlus di Tiongkok sedang ponsel OnePlus versi global akan terus menggunakan OxygenOS.

Melalui akun Weibo COO OnePlus telah membagikan pengumuman rilis ColorOS 12. Melalui kolom komentar,  eksekutif OnePlus secara tidak langsung juga mengkonfirmasi bahwa OnePlus 7, OnePlus 7 Pro, OnePlus 7T, OnePlus 7T Pro, OnePlus 8, OnePlus 8 Pro, dan OnePlus 8T akan mendapatkan pembaruan langsung ColorOS 12.

Berita Lainnya :

Sebelumnya tahun lalu OPPO dengan konsep “Make Life Flow” mempersembahkan fitur kustomisasi yang disempurnakan di ColorOS 11.1 yang mencakup delapan area utama termasuk warna, Always-On Display (AOD/screen-off display), wallpaper, nada dering, font, Mode Gelap, ikon, dan getaran.

Ini juga termasuk OS-pertama seperti Three-Finger Translate dengan Google Lens. Jika mengacu pada apresiasi pengguna yang luar biasa pada fitur tersebut, menarik menantikan sejauh mana Oppo akan memanjakan penggunanya melalui ColorOS 12 yang baru ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *