Apa Itu Roaming Data dan Bagaimana Cara Mengaktifkannya

  • Whatsapp
Roaming Data

Roaming Data – Sebagai pengguna smartphone, kamu pasti pernah mendengar tentang roaming data. Tapi apakah kamu mengetahui apakah yang dimaksud dengannya?

Roaming data biasanya digunakan sebagai acuan penggunaan data seluler jika pengguna smartphone tidak atau sedang berada di luar jangkauan. Hal ini berguna agar smartphone yang berada di luar jangkauan jaringan tersebut tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Read More

Mengenal Apa Itu Roaming Data

Roaming Data

Secara pengertian, roaming data dapat dikatakan sebagai layanan data lanjutan yang diterima sebuah kartu perdana, walaupun penggunaannya sedang berada di luar jangkauan area operasi seluler kartu tersebut.

Hal ini berguna untuk membantu pengguna yang melakukan perjalanan internasional agar tetap dapat menggunakan kartu perdana yang biasa dipakai.

Contohnya ketika kamu pergi ke Jepang dan disana tidak tersedia jaringan seluler dari kartu yang kamu pakai, maka kamu dapat mengaktifkannya agar smartphone tetap dapat menangkap jaringan selama berada ditempat tersebut.

Istilah roaming sudah lama dikenal oleh pengguna smartphone. Bahkan roaming juga sering digunakan ketika melakukan pergantian layanan dari home ke sebuah other network. Pengaturan inilah yang disebut sebagai roaming.

Penggunaan roaming ini sebenarnya lebih terkenal pada zaman dahulu, ketika masih terjadi keterbatasan layanan internet di Indonesia. Namun pada saat ini penggunaan roaming tersebut sudah dikembangkan, dari yang kelas nasional menjadi internasional.

Pengembangan inilah yang membuat kartu perdana asal Indonesia bisa digunakan di Malaysia, Singapura dan negara tetangga lainnya. Dengan demikian kamu tetap bisa menggunakan kartu perdana saat jalan-jalan ke luar negeri.

Fungsi Roaming Data pada Smartphone

Secara fungsional, roaming data bisa membantu pengguna smartphone untuk tetap bisa melakukan komunikasi walaupun sedang di luar negeri.

Dengan fungsi seperti itu membuat pengguna smartphone tetap bisa melakukan semua kegiatan normal smartphone, seperti melakukan browsing dan menjelajah di sosial media yang ada.

Namun untuk dapat melakukan hal tersebut, kamu harus memastikan bahwa paketnya harus ada. Jika sudah ada maka kamu tinggal menghidupkan layanan roaming di smartphone saja, maka kamu sudah bisa melakukan browsing walaupun di luar negeri.

Haruskah Diaktifkan?

Jika berbicara tentang harus tidaknya diaktifkan, sebenarnya kamu tidak harus mengaktifkan atau menghidupkan roaming ini walaupun sedang di luar negeri. Apalagi kamu masih berada di jangkauan jaringan provider kartu perdana yang digunakan.

Untuk dapat mengetahui jangkauan jaringan suatu provider kartu yang digunakan, maka kamu bisa mengecek situs resminya atau browsing di internet. Selain itu juga ada provider kartu yang memberikan paket data khusus yang bisa digunakan secara internasional tanpa roaming.

Cara Kerja Roaming Data Internasional

Sepertinya yang sudah dijelaskan di atas bahwasanya roaming data bisa bekerja secara internasional. Hal ini terjadi karena sudah adanya perjanjian dan kerjasama antara suatu operator kartu dengan yang ada di luar negeri.

Contoh ketika kamu pergi Inggris, namun disana tidak ada jaringan Telkomsel. Namun Telkomsel sudah melakukan kerjasama dengan penyediaan jaringan di Inggris. Hal inilah yang membuat kartu Telkomsel tetap dapat digunakan di Inggris dengan mengaktifkan roaming data.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa harga paketnya menjadi sangat mahal. Hal tersebut karena layanan yang diberikan untuk sekelas internasional, sehingga membutuhkan pelayanan dan perawatan yang mahal.

Namun jika kamu tidak ingin menggunakannya karena harga yang mahal, maka ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut cara menghindari penggunaannya saat melakukan perjalanan internasional :

Menonaktifkan Roaming Data

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ialah menonaktifkannya secara manual. Penonaktifan ini tidak akan terjadi secara otomatis, sehingga kamu harus melakukannya sendiri pada menu pengaturan

Mematikan Data Seluler

Jika kamu masih ragu apakah masih aktif atau tidak, maka kamu bisa matikan data seluler untuk mengatasinya. Kamu tidak perlu khawatir karena pada saat sekarang ini sudah banyak tempat yang menyediakan Wi-Fi gratis. Sehingga kamu tetap bisa aktif berselancar menggunakan internet ketika terhubung dengan Wi-Fi.

Membeli Paket Data Internasional

Cara terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah dengan membeli dan menggunakan paket data internasional. Pada saat sekarang sudah banyak operator kartu di Indonesia yang menyediakan paket data internasional. Sehingga kamu bisa memanfaatkan paket data ini ketika melakukan perjalanan internasional.

Apa yang Bisa Dilakukan?

Walaupun pembahasan di atas lebih cenderung kepada pengguna internet pada roaming data, bukan berarti hanya berlaku pada penggunaan internet saja. Pada dasarnya ketika menggunakan roaming, kamu tetap bisa menggunakan semua layanan yang diberikan oleh provider kartu secara normal. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan ketika mengaktifkannya :

  1. Bisa mengirimkan MMS secara internasional.
  2. Bisa menelepon secara internasional.
  3. Dapat melakukan video call secara internasional.
  4. Dapat menerima pesan dari orang lain secara internasional.
  5. Dapat menerima telpon dari orang lain secara internasional.

Biaya untuk Menggunakan Roaming Data

Karena penggunaan roaming data secara internasional, tentu membuat harganya juga relatif mahal. Berbeda dengan paket data normal yang dibandrol dengan harga terjangkau. Roaming data biasanya dibandrol dengan harga dua kali lipat.

Selain itu tiap-tiap provider kartu memberikan harga yang berbeda-beda, itu tergantung pada kebutuhan dan data yang diberikan. Untuk mengetahui harganya pada masing-masing provider, maka kamu bisa melakukan pengecekan pada kartu yang digunakan.

Pembelian roaming data ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan pulsa seperti biasanya, sama seperti membeli paket data lainnya. Sebagai catatan, alangkah baiknya kamu menghubungi pihak provider ketika ingin melakukan pembelian paket tersebut

Baca Juga : Paket Internet XL, Unlimited, Roaming, Hingga XL Home Ada Di Sini!

Cara Mengaktifkan Roaming Data

Mengaktifkannya Pada Android

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengaktif roaming data pada Android :

  1. Masuk ke dalam kartu SIM & data seluler.
  2. Pilih kartu yang akan kamu aktifkan roaming datanya, contoh SIM 1.
  3. Selanjutnya silahkan scroll kebawah hingga kamu melihat roaming data dan hidup opsi tersebut.
  4. Selesai.

Mengaktifkannya Pada iPhone

Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mengaktif roaming data pada iPhone :

  1. Masuk ke dalam kartu SIM & data seluler.
  2.  Pilih kartu yang akan kamu aktifkan roaming datanya, contoh SIM 1.
  3. Selanjutnya silahkan scroll kebawah hingga kamu melihat roaming data dan hidup opsi tersebut.
  4. Selesai

Itulah penjelasan tentang roaming data dan pengaktifannya menggunakan android dan iPhone. Roaming data ini pada dasarnya tidak terlalu terpakai kecuali kamu melakukan perjalanan internasional.

Namun bagi mereka yang sering melakukan penjualan internasional dalam jangka waktu singkat, cenderung memanfaatkan wifi dalam mengatasi penggunaan jaringan mereka. Akan tetapi jika mereka akan melakukan perjalanan internasional yang cukup lama, biasanya mereka akan membeli kartu perdana baru di daerah tersebut karena harga yang relatif murah.

Itu semua tergantung kepada kenyataan kamu sebagai pengguna, nyaman seperti apa? Apakah menggunakan roaming data atau membeli kartu perdana baru di daerah tersebut.

Cara Menghindari Biaya Data Roaming Ketika di Luar Negeri

Karena membeli paket data internasional butuh buget yang cukup mahal, tentu kamu harus mencari alternatif lain. Sobat tidak perlu kawatir, karena ada cara lain selain mengaktifkan data roaming dan membeli SIM Card lokal yang terbilang sulit.

Caranya dengan membeli eSIM, ada banyak penyedia layanan eSIM diantaranya ada Airola. Dengan menggunakan layanan ini Sobat bahkan bisa membeli paket data selular di mana saja tanpa harus membeli SIM card secara fisik.

Bahkan jika kuota data habis, kamu bisa langsung melakukan top up atau bisa membeli eSIM dari operator lain. Pada intinya data seluler yang ditawarkan Airola terpisah dari data selular standar atau lokal.

Apa itu eSIM ?

Sebagai informasi, sekarang ini hampir semua smartphone terbaru punya fitur eSIM, yang berfungsi sama seperti kartu SIM yang dilengkapi dengan nomor telpon dan paket data yang memungkinkan smarpthone terhubung ke jaringan seluler internet, panggilan atau SMS teks.

Ini menghemat banyak waktu, terutama jika bepergian ke negara seperti Singapura atau Prancis di mana paspor akan dipindai dan dicatat ketika membeli kartu SIM.

Beberapa smartphone yang sudah bisa menggunakan eSIM diantaranya Beberapa perangkat yang sudah mendukung eSIM antara lain iPhone, iPhone XS, XS Max, XR, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max. Beberapa ponsel Android unggulan juga mendukung eSIM.

eSIM Airola

Jika Sobat hanya memerlukan kota untuk data, Airola adalah solusinya, karena pada eSIM Airola, kamu tidak akan mendapatkan nomor telpon untuk menerima panggilan atau SMS.

Dan di dalamnya, Semua paketnya bersifat pra-bayar, tidak dapat diperpanjang secara otomatis. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin membatalkan paket ketika meninggalkan negara yang dikunjungi.

Cara Menggunakan Airola untuk Data Roaming

Kemudahan lain yang ditawarkan Airola adalah jaringan mereka ada di hampir semua negara di dunia. Sobat bisa cek ketersediaan negara di halaman resmi Airola.

Untuk membeli paket data roaming di Airola, Sobat hanya perlu mengunjungi websitenya di sini, kemudian pilih negara yang ingin dituju kemudian pilih produk yang ada di Airola dan lakukan pembelian disana sampai proses pembelian selesai.

Setelah itu Sobat bisa download aplikais Airola guna mempermudah segala transaksi dan melihat kuota data yang tersedia.

Ada banyak pilihan produk yang ada di layanan Airola, Sobat bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan, pastikan data internet yang Sobat beli cukup untuk digunakan di negara yang dituju ya, kalau pun kurang Sobat masih bisa melakukan top up.

Akhir Kata

Dara roaming memang sangat membuat kesal lantaran harganya yang cukup mahal, tapi sekarang internet lah yang menjadi kebutuhan, jadi untuk menghemat pengeluaran untuk komunikasi, menggunakan eSIM dari Airola cukup sangat membantu, dengan data internet Sobat sudah bisa mengaktifkan alat komunikasi seperti WhatsApp, Telegram dan berbagai jejaring sosial untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *