Cek Pemilik Nomor Telepon yang Tidak Dikenal? Begini Caranya!

cek pemilik nomor telepon

Sering di ganggu bahkan diteror dengan nomor yang sobat tidak kenali? Tapi nomor itu tidak diketahui siapa pemiliknya dan sobat sangat penasaran siapa di balik itu? Jangan khawatir! Sobat bisa cek pemilik nomor telepon yang tidak dikenal dan cari nomor telepon tersebut dengan bantuan aplikasi. Simak selengkapnya di artikel kali ini.

Cek Pemilik Nomor Telepon Menggunaan Aplikasi Get Contact

cek pemilik nomor telepon

Kadang ada saja nomor HP yang menghubungi kita hanya untuk sekedar iseng, atau bahkan ada yang berniat untuk menipu. Tentu saja kita menjadi geram bisa-bisanya nomor tersebut menghubungi kita padahal nomor kita sendiri tidak disebarluaskan.

Kendati begitu, Sobat bisa melaporkan dan mencari tahu siapa pemilik nomor handphone yang terus-menerrus menelpon Sobat.

Cara cek pemilik nomor telpon pertama untuk mengetahui siapa pemiliki nomer telepon tersebut adalah aplikasi Get Contact. Mungkin nama ini sudah tidak asing bagi Sobat bukan? Yup, aplikasi yang tersedia di Play Store maupun App Store ini bisa diandalkan untuk bisa mengetahui nama dari pemiliki nomor yang tidak dikenal.

Penasaran bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya :

cek pemilik nomor telepon

  1. Buka Aplikasi Get Contact

    Langkah pertama, silakan Sobat download terlebih dahulu aplikasi Get Contact. Jika sudah terinstall di HP, Sobat bisa buka aplikasinya.

  2. Tulis Nomor Yang ingin Dicari

    Jika sudah masuk ke tampilan utama, Sobat bisa tulis nomor telepon nomor yang ingin Sobat ketahui siapa pemiliknya.

  3. Pilih Negara

    Karena aplikasi ini bisa mengecek nomor dari luar negeri, maka di sini Sobat bisa pilih lokasi negara dari nomor yang ingin dicari. Sobat bisa kenali terlebih dahulu nomornya dari dua kode di depan. Misalnya +62, maka itu kode nomor dari Indonesia.

  4. Muncul Nama Si Pemilik

    Kemudian Sobat bisa search, dan Sobat akan melihat nama dari si pemilik nomor telepon, beserta nama kontak yang diberikan orang lain untuk nomor ini. Silakan Sobat klik ikon hashtag untuk melihat daftar nama kontak ini yang disimpan di ponsel orang lain.

  5. Periksa Daftar Nama

    Terakhir, Sobat tinggal scroll ke bawah dan periksa nama-nama kontak ini yang disimpan di HP orang lain. Sobat juga bisa melihat trust score dari nomor ini. Semakin besar trust score, maka semakin aman nomor ini, dan sebaliknya.

Tentu saja aplikasi ini sangat membantu bukan? nah, sekedar informasi. Sobat juga bisa menambahkan hashtag nomor orang lain pada nomor yang diinginkan.

Hal ini bisa berguna jika Sobat sedang diganggu bahkan ditipu dengan nomor yang tidak jelas. Dengan kata lain, agar tidak ada lagi korban atau orang yang merasa dirugikan dari nomor tersebut, Sobat bisa infokan melalui hashtag. Misalnya ada seller penipu yang membohongi Sobat, Sobat bisa tambahkan hashtag “#IniPenipuJanganDibeli”.

Ada ciri-ciri juga untuk nomor penipu atau orang yang tidak jelas yang selalu menghubungi, biasanya ketika di cek di Get Contact, mereka memiliki nama yang buruk, misalnya “#SiPenipu”, “#AwasDiSpam”, dan sebagainya.

Apabila saat Sobat cek nomornya tidak ada hashtag atau nama sama sekali, besar kemungkinan bahwa nomor ini adalah nomor baru. Walau tidak menutup kemungkinan, pemiliki nomor telah menghapus daftar nama hashtag yang diberikan. Jadi, itulah cara cek pemilik nomor telepon, dan tetap berhati-hati ya.

Cara Cek Pemilik Nomor Telepon Yang Tidak Dikenal Melalui Whatsapp

cek pemilik nomor telepon

Selain Sobat bisa cek pemilik nomor telepon melalui aplikasi Get Contact, Sobat juga bisa cara cari nomor telepon yang menganggu dengan melihat namanya di Whatsapp.

Walaupun cara ini klasik dan tidak sepenuhnya berhasil (karena bisa saja pemilik nomor menggunakan nama dan foto orang lain), tapi at least Sobat bisa mengetahui nama dan foto dari pemiliki nomor ini, terutama untuk teman Sobat yang seringkali mengerjai. Nah, begini cara cek pemilik nomor telepon lewat WA:

  • Pertama, silakan Sobat simpan nomor yang tidak dikenal ke kontak dengan sembarang nama.
  • Jika sudah, sobat bisa buka aplikasi Whatsapp di HP Sobat.
  • Setelah itu, di laman utama Sobat bisa klik ikon kontak yang ada di pojok kanan bawah.
  • Silakan sobat refresh, dan cari kontak tersebut sesuai dengan nama yang Sobat berikan.
  • Jika Ketemu, nantinya akan ada poto profil maupun nama dari si pemilik nomor tersebut.
  • Selesai! dengan begini sobat bisa tahu siapa pemilik nomor tersebut.

Trik ini berguna untuk nomor apapun, termasuk nomor Indosat, XL, Smartfren, dan sebagainya. Tapi tidak jarang juga pemilik nomor tidak mencantumkan nama dan poto profil. Jika dirasa cara ini kurang bagus, Sobat bisa coba cara sebelumnya, atau menggunakan trik lainnya seperti di bawah ini.

Cara Cek Nomor Telepon Tidak Dikenal Tanpa Aplikasi (Online)

cek pemilik nomor telepon

Cara mengetahui nomor HP yang tidak dikenal lainnya yaitu menggunakan layanan TrueCaller. Apabila cara diatas Sobat masih tidak dapat menemukan siapa pemilik nomor tersebut karena dia tidak menggunakan Whatsapp, di sini Sobat bisa gunakan layanan pencarian pengguna nomor HP di website bernama TrueCaller yang bisa diakses melalui PC dan HP.

Sebenarnya fitur Truecaller sendiri tidak jauh berbeda dari Get Contact, tapi situs ini juga bisa membantu block nomor tersebut agar tidak bisa lagi menghubungi nomor Sobat. Layanan ini sudah cukup populer dan terbukti work untuk menemukan nama pemilik dari nomor yang menghubungi Sobat.

Untuk cek pemilik nomor telepon, berikut adalah langkah-langkah mengetahui nomor ponsel dengan memanfaatkan TrueCaller :

  • Pertama, catat dan copy nomor yang meneror tersebut.
  • Selanjutnya Sobat bisa buka browser di HP atau laptop sobat.
  • Kemudian Sobat bisa kunjungi laman TrueCaller. Jika kesulitan menemukannya, gunakan link url berikut: https://www.truecaller.com/.
  • Apabila Sobat ingin sign in terlebih dahulu, silakan klik menu Sign In pada daftar menu yang ada, seperti dengan menggunakan akun Google yang bisa one-click sign in menggunakan akun Google (Gmail) ataupun Microsoft. Jadi ga perlu buat akun terlebih dahulu.
  • Kalau dirasa ribet, tidak perlu login dan masukkan nomor yang ingin diketahui pemiliknya ke kolom yang tersedia.
  • Terakhir, Sobat akan melihat foto profil, nama, dan alamat email dari si pemilik nomor yang tidak dikenal tersebut.

Sebagai informasi, layanan di TrueCaller versi gratis sendiri hanya hanya bisa dipakai beberapa kali saja sebelum mencapai limit, jadi pastikan sobat menggunakannya dengan benar. Mudah banget bukan? silakan dicoba ya.

Cari Nomor Telepon Menggunakan Fitur Forgot Password Facebook

Cari Nomor Telepon Menggunakan Fitur Forgot Password Facebook

Trik ini termasuk unik, dimana Sobat bisa mendapatkan clue nama dari pemilik nomor misterius dengan memanfaatkan fitur forgot password di Facebook. Memangnya bisa? Jangan salah, meski trik sederhana ini kurang meyakinkan, namun Sobat bisa mencobanya terlebih dahulu.

Facebook sendiri memang menerapkan aturan yang ketat dari pemilik nomor yang terhubung dengan akun Facebook. Untuk caranya, Sobat bisa ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama, silahkan Sobat buka aplikasi Facebook (Sobat juga bisa gunakan Facebook versi web).
  • Selanjutnya Sobat bisa logout terlebih dahulu jika ada akun Facebook yang masih tersangkut.
  • Pada saat di menu log in, di sini Sobat bisa ketik asal email atau password.
  • Maka akan muncul opsi bahwa password salah. Nah, Sobat di sini bisa klik pada tulisan “Forgot Password” atau “Lupa kata sandi”.
  • Maka muncul kolom untuk input nomor HP. Jika sobat tidak menemukan kolom tersebut, sobat bisa kunjungi lamannya disini > https://www.facebook.com/login/identify
Cari Nomor Telepon
  • Lalu, di sini Sobat bisa masukkan nomor HP yang tidak dikenal atau yang ingin dicari tahu siapa pemiliknya pada kolom tersebut.
  • Nah, jika nomor tersebut pernah dipakai untuk mendaftar Facebook, maka nantinya akan muncul foto profil serta nama identitas dari pemilik nomor.

Dengan begitu, maka Sobat akan bisa tahu siapa nama dan foto pemilik dari nomor ini termasuk nomor seluruh provider seperti Telkomsel, Axis, XL, dan sebagainya. Tentunya trik ini bisa Sobat lakukan dengan mudah. Jikalau mau lebih enak, Sobat bisa akses Facebook di PC.

Ketahui juga Website Untuk Melacak Posisi No HP Beneran yang bisa menjadi salah satu pilihan melacak seseorang.

Cari Nomor Telepon Lewat Aplikasi ShowCaller

Cari Nomor Telepon Lewat Aplikasi ShowCaller

Selain menggunakan trik-trik di atas, Sobat juga bisa cek pemilik nomor telepon menggunakan aplikasi pendukung lainnya.

Adapun pilihan aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengecek identitas nomor HP adalah Showcaller. Sebagai informasi, karena aplikasi sudah sudah populer dengan jumlah unduhan 50 juta kali, maka aplikasi ini kami rekomendasikan karena data nomor telepon yang terkumpul pun cukup akurat.

Sobat bisa daftar untuk menjadi anggota layanan premium dengan fasilitas pengecekan nomor HP yang tidak terbatas. Meski begitu, Sobat juga bisa menjadi pengguna gratisan alias akun free untuk mengecek nomor HP, nomor rumah, dan nomor kantor yang tidak dikenal.

Fitur di aplikasi ini bukan hanya untuk melakukan pengecekan nomor HP semata, namun Showcaller juga bisadimanfaatkan untuk melakukan pemblokiran dan merekam percakapan telepon. Tentunya fitur ini sangat membantu jika terjadi hal-hal yang kurang mengenakan sewaktu menghubungi nomor kita.

Dengan demikian, aplikasi ini bisa dijadikan salah satu andalan untuk keamanan nomor telepon Sobat.

Silakan Sobat unduh aplikasinya melalui Google Play Store bagi Android, dan Apps Store bagi pengguna iOS.

Cek Nomor Telepon Penipu Dengan Aplikasi CIA ID

Cek Nomor Telepon Penipu Dengan Aplikasi CIA ID

Selain cek pemilik nomor telepon dengan aplikasi di atas, Sobat juga bisa cek nomor telepon penipu dengan bantuan aplikasi CIA ID. Adapun aplikasi ini bisa diandalkan untuk mengetahui pemilik nomor HP dengan akurat.

Tentu saja kami rekomendasikan karena aplikasi ini memiliki rating 4.1 di Google Play Store, dan jumlah unduhan sebanyak 5 juta kali. Dengan begitu, maka besar kemungkinan aplikasi ini work karena telah memiliki rekaman data di database yang berlimpah.

Sama halnya seperti aplikasi lain yang serupa, di aplikasi CIA ID Sobat dapat melakukan blokir dan memberikan peringatan spam terhadap nomor-nomor tertentu yang dirasa sangat menganggu atau nomor penipuan.

Ada fitur menarik lainnya dari aplikasi ini, dimana ketika Sobat menggunakan CIA ID, Sobat akan mendapatkan rekomendasi penggunaan nomor telepon lain dari sebuah institusi atau perusahaan. 

Sebagai contoh, Sobat berusaha menelepon perusahaan A di nomor tertentu namun tidak diangkat. Nah, aplikasi ini akan memberikan rekomendasi nomor telepon lain untuk dihubungi. Karena biasanya sebuah perusahaan atau institusi pasti memiliki nomor telepon lainnya.

Ada contoh video di Youtube dari channel KamuJugaBisa yang bisa Sobat saksikan untuk cari nomor telepon dan mengetahui pemilik nomor yang tidak dikenal.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Kontak Di Handphone Kamu Yang Terhapus Tanpa Aplikasi!

Akhir Kata

Demi cara cek pemilik nomor telepon dan cara cari nomor telepon penipu dengan beberapa trik dan aplikasi yang bisa kalian coba. Dengan begitu, sekarang Sobat bisa mengetahui nomor-nomor yang mengganggu atau meneror serta menipu.

Sebaiknya jika nomor tersebut sampai melakukan tindakan yang kurang mengenakan, Sobat bisa laporkan ke pihak berwajib agar ditindak lanjuti ya.

Okedeh, selamat mencoba dan semoga berhasil! 😊

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.