Cara Ganti Kartu Debit BCA Non Chip ke Kartu Debit Chip

  • Whatsapp

Bagi nasabah bank BCA, tentunya kita sudah mengetahui bahwa BCA memberikan pelayanan yang begitu baik. Di samping itu, keamanan BCA juga bisa dikatakan lebih unggul ketimbang bank-bank lain. Nah, BCA mengeluarkan peraturan bahwa sobat harus segera mengganti kartu BCA Magnetic sobat menjadi kartu berbasis Chip.

Banyak ditemukan kasus-kasus skimming terhadap kartu ATM nasabah bank lain, disamping itu uang di rekening para korban juga ikut terkuras. Memang kejahatan siber di dunia perbankan kerap meneror para pengguna yang tidak berhati-hati.

Read More

Demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan, pihak BCA mengimbau nasabah unuk segera ganti ke Kartu Debit Chip.

Hal ini juga tertuang dalam arahan Bank Indonesia, jadi dapat dikatakan wajib bagi seluruh nasabah yang kartunya belum berbasis Chip

Perlu sobat ketahui, Efektif 1 Desember 2021 Kartu Debit BCA Non Chip tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi. Jika sobat belum mengganti juga melebihi batas waktu ketentuan, maka kartu sobat akan diblokir oleh pihak BCA.

Jika sobat sebagai nasabah BCA yang belum tahu apa itu kartu debit non chip dan kartu debit berbasis Chip, kami jelaskan secara singkat. Kartu Debit Non Chip ini meliputi Kartu ATM BCA dan Paspor BCA lama yang menggunakan teknologi magnetic strip

Cara Ganti Kartu Debit Chip ATM BCA

Untuk sobat yang sejauh ini masih menggunakan Kartu Debit Non Chip BCA, sobat bisa menggantinya segera dengan mudah. Jangan khawatir, sobat tidak perlu membayar uang ataupun mengurus dokumen ribet.

Nah, bank BCA sendiri menawarkan 3 opsi penggantian kartu Debit Non Chip ke kartu Debit Chip untuk para nasabah. Sobat bisa memilih salah satu caranya saja. Berikut 3 cara yang dapat sobat coba.

Menghubungi Call Center Halo BCA

Opsi pertama yang dapat sobat pilih yaitu menghubungi call center Halo BCA di nomor 1500888. Pasalnya cara ini yang paling praktis. Sobat hanya perlu menghubungi Customer Service BCA dan ajukan kepada pihak CS untuk melakukan pergantian kartu non chip ke kartu debit chip.

Informasi lebih lanjut terkait Syarat dan Ketentuan penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat menelepon Halo BCA.

Banyak yang bertanya-tanya, layanan Call Center BCA ini bebas pulsa atau tidak ya? Nah, berhubung pada laman resmi BCA bahwa mereka tidak menyampaikan pesan layanan Halo BCA ini bebas pulsa atau gratis dihubungi, maka dapat kami pastikan biaya telepon akan dikenakan tarif telepon sesuai dengan ketentuan yang berlaku, baik itu pengguna provider Telkomsel, Tri, atau Indosat, dan lainnya.

Jangan khawatir, tarif yang digunakan seperti pada umumnya dan tidak mahal. Dengan begitu, sobat perlu mempersiapkannya ya.

Saat sobat ingin menghubungi Halo BCA, pastikan nomor sobat telah memiliki saldo pulsa yang cukup, agar nanti saat sedang dalam percakapan penting telepon tidak terputus.

Melalui Layanan CS Digital BCA

Cara praktis untuk mengganti kartu debit non chip ke kartu debit berbasis chip yaitu sobat dapat melalui CS Digital. Tidak jauh berbeda memang dengan cara sebelumnya.

Dimana CS Digital sendiri merupakan layanan Customer Service (CS) bagi setiap nasabah BCA yang ingin melakukan transaksi perbankan dalam satu mesin digital secara self service di cabang.

CS Digital melayani Transaksi, adapun jenis transaksi yang ada di sini meliputi;

  • Pergantian kartu : Migrasi ke chip, hilang, rusak, penggantian jenis kartu, lupa PIN, cetak kartu digital ke fisik
  • Registrasi e-Banking: m-BCA, KBI, SMS BCA

Adapun ketentuan bertransaksi di CS Digital yaitu Nasabah atau calon nasabah membawa KTP eletronik (E-KTP) sebagai alat verifikasi untuk transaksi di mesin CS Digital.

Agar tidak bingung, untuk informasi selengkapnya mengenai CS Digital BCA, sobat bisa kunjungi di sini.

Datang ke Kantor Cabang BCA terdekat

Dan cara terakhir penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip yaitu sobat dapat melakukannya melalui seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

Jika sobat bingung mencari lokasi kantor cabang BCA terdekat dari tempat tinggal sobat, sobat bisa mencarinya melalui Google Maps, atau juga bisa melalui layanan di laman resmi BCA > www.bca.co.id/id/lokasi-bca .

Sekali lagi kami ingatkan, bahwa mengganti Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip ini wajib supaya kartu sobat dapat melakukan transaksi. Disamping itu juga sebagai pengamanan ekstra.

Keuntungan Ganti Kartu Debit BCA Non Chip Ke Kartu Chip

Tentunya himbauan untuk peggantian kartu bukan tanpa alasan. Adapun beberapa keuntungan yang akan sobat dapatkan jika mengganti ke Kartu Debit Chip,

Kartu Tidak Akan Terblokir

Maksud tidak terblokir yaitu kartu yang berbasis chip sudah masuk dalam kategori kartu terbaru. Jika sobat belum menggantinya, maka kartu debit no chip sobat tidak bisa melakukan transaksi maupun penarikan tunai melalui kartu.

Maka dari itu, segera urus pergantian sebelum nanti sobat kerepotan. Jika kartu debit telah menggunakan chip, maka sobat akan bisa bertransaksi, melakukan pembayaran online, penarikan tunai, transfer, dan sebagainya.

Memiliki Banyak Benefit

Jangan salah, saat sobat beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya ke Kartu Debit Chip BCA Mastercard, maka sobat bukan hanya dapat melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC.

Sobat juga dapat melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya lewat BCA mobile. Keuntungan lainnya sobat dapat melakukan pembayaran untuk belanja online misal di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan sebagainya.

Juga sobat dapat berlangganan streaming music misal di Spotify, berlangganan film misal di Netflix, hingga dapat melakukan pembelian voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard. Bagi sobat gamers, jadi semakin mudah bukan?

Mendukung Kebijakan Bank Indonesia (BI)

Alasan lainnya kenapa sobat perlu mengganti kartu debit non chip ke kartu debit berbasis cup yaitu untuk mendukung kebijaan Bank Indonesia.

Nah, sejak tahun 2015 Bank Indonesia telah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM / Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia demi keamanan dan kenyamanan.

Mengurangi Resiko Skimming / Kejahatan Kartu

Keuntungan yang akan sobat dapatkan lainnya jika mengganti kartu ke kartu debit berbasis chip yaitu mengurangi kejahatan pada kartu sobat.

Kartu Debit Non Chip sendiri menggunakan tekonologi magnetic strip dimana teknologi magnetic ini lebih mudah di Salin, dan hal itulah yang dimanfaatkan penjahat siber.

Adanya risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming yang lebih besar ketimbang kartu dengan Debit Chip yang secara teknologi sudah lebih unggul dan aman.

Apakah Ganti Kartu Debit BCA Non Chip Ke Kartu Debit Chip Berbayar?

cara daftar aplikasi kredivo

Pasti tidak sedikit nasabah yang bertanya-tanya, kira-kira pergantian kartu debit BCA non chip ke kartu debit chip bayar atau tidak. Nah, sebagai tambahan informasi yang kami rangkum melalui laman resmi BCA, bahwa penggantian atau penukaran Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip BCA ini tidak dikenakan biaya alias GRATIS lho. Jika ada yang menawarkan pergantian dengan sejumlah uang, langsung saja sobat tolak. Karena ini bukanlah dari pihak BCA resmi.

Bagaimana? Sobat ingin segera mengganti kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip BCA bukan? Silahkan sobat ikuti cara mudah di atas yang telah kami jelaskan. Pastikan sobat jangan sampai terlewat hingga 1 Desember 2021, atau sobat tidak akan bisa bertransaksi sama sekali.

Untuk nasabah BCA kami sudah membagikan beberapa tips diantaranya Cara Transfer Otomatis Bank BCA dan Cara Aktivasi KeyBCA

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang cara mengganti kartu debit non chip ke kartu debit hip, serta keunggulan kartu debit chip yang dapat kami sampaikan. Dengan begitu, harap sobat segera menggantinya sebelum batas waktu yang ditentukan ya! Semoga bermanfaat, dan bagikan artikel ini ke semua!

FAQ

Kapan Terakhir Kartu Debit BCA non Chip Tidak Bisa Digunakan?

Efektif 1 Desember 2021 Kartu Debit BCA Non Chip tidak akan bisa digunakan untuk bertransaksi. Jika sobat belum mengganti juga melebihi batas waktu ketentuan, maka kartu sobat akan diblokir oleh pihak BCA.

Bagaimana Jika Kartu Debit BCA Diblokir?

Jika kartu debit BCA Sobat terblokir, silahkan hubungi Call Center Halo BCA, atau berkunjung ke kantor cabang Bank BCA terdekat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *