Cara Bikin Video Tiktok Bagi Pemula

cara bikin video TikTok

Cara Bikin Video Tiktok mungkin adalah salah satu kata kunci yang dicari para pemula yang ingin membuat video TikTok pertama kalinya.

Pada saat sekarang ini siapa yang tidak kenal dengan sebuah aplikasi bernama tiktok. Ini merupakan aplikasi sosial media yang menyediakan konten berbasis video singkat.

Akhir-akhir ini tiktok banyak memviralkan video-video baru yang diupload ulang oleh orang lain pada platform media sosial lainnya. Akibatnya, keberadaan aplikasi tiktok ini semakin dikenal dan diketahui oleh semua kalangan.

Walaupun demikian, ternyata masih ada juga orang yang belum bisa dan belum mengerti cara membuat video di aplikasi tiktok ini. Sebab itu, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat video tiktok.

Langkah-langkah Cara Buat Akun Tiktok

cara bikin video TikTok

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat video di tiktok, alangkah baiknya kamu tahu terlebih dahulu cara bikin tiktok itu sendiri. Hari ini dikarenakan kamu tidak akan bisa membuat sebuah video tanpa mempunyai akun dari aplikasi tiktok.

Pada dasarnya pembuatan akun tiktok itu sangatlah mudah dilakukan. Apalagi dalam proses pembuatan akun tiktok, kamu bisa menggunakan berbagai cara yang disediakan.

Setidaknya untuk saat sekarang ini ada 8 cara yang bisa kamu gunakan dalam membuat akun tiktok. Berikut tata cara membuat akun tiktok tersebut :

Menggunakan Nomor Telepon

Cara pertama yang bisa kamu gunakan dalam membuat akun tiktok ialah menggunakan nomor telepon yang aktif. Cara pembuatan menggunakan nomor telepon ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut langkah-langkah membuat akun tiktok menggunakan nomor telepon :

  1. Downloadlah terlebih dahulu aplikasi tiktok di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut, di halaman awal kamu akan melihat “daftar menggunakan nomor telepon atau email”.
  3. Silakan klik menu tersebut dan pilihlah daftar menggunakan nomor telepon.
  4. Selanjutnya masukkan nomor telepon kamu yang aktif ke dalam kolom yang disediakan.
  5. Maka kamu akan menerima sms berupa kode OTP yang digunakan untuk mengkonfirmasi pendaftaran.
  6. Masukkanlah kode konfirmasi tersebut dan akun tiktok kamu sudah selesai dibuat.

Menggunakan Email Aktif

Cara kedua ini merupakan cara umum yang dilakukan oleh banyak orang dalam mendaftar ke aplikasi yang akan digunakan, salah satunya tiktok ini. Untuk melakukan pembuatan akun tiktok menggunakan email, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Downloadlah terlebih dahulu aplikasi tiktok di smartphone kamu.
  2. Selanjutnya bukalah aplikasi tersebut, di halaman awal kamu akan melihat “daftar menggunakan nomor telepon atau email”.
  3. Silakan klik menu tersebut dan pilihlah daftar menggunakan email.
  4. Selanjutnya masukkan email kamu yang aktif.
  5. Maka kamu akan menerima kode OTP yang akan dikirimkan melalui email yang kamu masukkan tadi.
  6. Selanjutnya silahkan gunakan kode tersebut untuk mengkonfirmasi pendaftaran.
  7. Masukkanlah kode konfirmasi tersebut ke aplikasi tiktok kamu dan akun tiktok sudah selesai dibuat.

Menggunakan Facebook Aktif

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan dalam membuat akun tiktok alah menggunakan Facebook yang aktif. Langkah-langkah dalam pembuatan akun tiktok menggunakan Facebook pada dasarnya sama dengan 2 langkah di atas.

Kamu hanya perlu mengklik icon facebook yang ada di beranda aplikasi tiktok. Selanjutnya lakukan pendaftaran dengan memasukkan informasi akun facebook kamu.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memberikan izin keterkaitan antara akun facebook dan tiktok. Jika kamu menginginkan maka secara otomatis akun tiktok telah berhasil dibuat.

Menggunakan Instagram Aktif

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk bikin akun tiktok ialah menggunakan Instagram aktif. Cara bikin tiktok menggunakan Instagram aktif ini terbilang cukup mudah.

Kamu hanya perlu mengklik icon Instagram saat melakukan pendaftaran di beranda aplikasi tiktok. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk login menggunakan ID dan password Instagram.

Jika sudah maka secara otomatis akun tiktok kamu sudah berhasil dibuat.

Menggunakan Twitter Aktif

Cara selanjutnya yang juga bisa digunakan dalam membuat akun tiktok ialah menggunakan twitter aktif. Cara pembuatan akun tiktok menggunakan twitter aktif ini juga terbilang mudah.

Kamu hanya perlu mengklik icon twitter yang ada di menu pendaftaran beranda aplikasi tiktok. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke menu login twitter. Silakan lakukan login menggunakan ID dan password twitter kamu, maka secara otomatis akun tiktok akan dibuat.

Menggunakan Line aktif

Cara pembuatan akun tiktok menggunakan line aktif ini pada dasarnya sama dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Kamu hanya perlu mengklik icon Line yang ada di menu pendaftaran awal aplikasi tiktok.

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke beranda login aplikasi Line. Silakan masukkan ID dan password Line kamu, maka secara otomatis akun tiktok akan terbuat.

Menggunakan Akun VK

Pada dasarnya sangat jarang orang yang memiliki akun VK ini. Namun jika kamu memiliki akun ini, kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat akun tiktok.

Cara pembuatan tiktok menggunakan akun VK ini sama dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. Kamu hanya perlu mengklik icon VK yang ada pada menu pendaftaran.

Selanjutnya lakukanlah login menggunakan ID dan password akun VK. Maka secara otomatis akun tiktok kamu akan terbuat.

Kami juga sudah membahas cara download Sound Tiktok yang biasanya digunakan untuk keperluan editing diluat sosial media tersebut.

Menggunakan KakaoTalk Aktif

Cara terakhir pada pembahasan ini yang bisa kamu gunakan dalam membuat akun tiktok ialah menggunakan media sosial KakaoTalk. Walaupun pada saat sekarang sudah jarang orang yang menggunakan media sosial yang satu ini, namun jika kamu memilikinya maka dapat dimanfaatkan untuk membuat akun tiktok.

Cara pembuatannya pun juga terbilang mudah dan sama dengan yang sudah dijelaskan di atas. Kamu hanya perlu mengklik icon KakaoTalk yang ada di beranda pendaftaran aplikasi tiktok.

Selanjutnya silakan lakukan login menggunakan ID dan password media sosial KakaoTalk kamu. Maka secara otomatis akun tiktok ikan terbuat.

Setelah berhasil membuat akun tiktok, langkah selanjutnya yang harus kamu ketahui ialah bagaimana cara bikin video tiktok.

Cara Login Tiktok

Setelah Sobat punya akun Tiktok, tentu saja sobat harus login terlebih dahulu, tapi sobat juga wajib menginstal aplikasi untuk dapat main TikTok secara leluasa.

Silahkan sobat download aplikasi Tiktok di Google PlayStore untuk pengguna Android atau di Apps Store untuk pengguna iOS apple iPhone.

Nah kalau Sobat ingin login TikTok melalui PC sobat bisa langsung ke url berikut ini https://www.tiktok.com/login, sobat hanya perlu untuk mengunjungi halaman login untuk dapat masuk ke TikTok menggunakan user yang sudah sobat buat sebelumnya.

Cara Bikin Video di Toktok Buat Pemula

Nah jika Sobat sudah download aplikasi dan login TikTok, sekarang sobat bisa melihat cara membuat video di tiktok dengan sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

cara bikin video TikTok

Setelah berhasil mendownload serta membuat akun tiktok, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam membuat video tiktok ialah mengklik icon plus “+” di bagian tengah bawah layar. Tujuan dari mengklik icon plus ini ialah untuk memulai mereka menggunakan aplikasi tiktok.

Dalam merekam video menggunakan aplikasi tiktok, kamu tidak perlu menahan tombol perekaman. Cukup dengan mengatur batas waktu rekaman, maka setelah tombol ditekan aplikasi akan merekam berdasarkan durasi yang diatur. Cara ini tentu sangat mempermudah kamu dalam melakukan perekaman video menggunakan aplikasi tiktok ini.

Setelah berhasil merekam video dan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah mengedit video yang sudah direkam tadi.

Proses editing ini berguna untuk menambahkan lagu, teks, filter dan lain sebagainya yang ingin kamu tambahkan ke video tersebut. Adalah yang ngedit ini akan tampil sejumlah opsi yang bisa kamu pilih seperti flip, speed, beauty, timer, filter, efek dan lain sebagainya.

Jika telah berhasil mengkombinasikan semua opsi tersebut dan mendapatkan video seperti yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah tab “next” untuk menuju ke halaman selanjutnya. Dia lama ini kamu diberikan ruang untuk menambahkan caption sebelum mengupload video tersebut.

Begitulah tata cara pembuatan video tiktok yang mudah dilakukan oleh pemula. Cara lain yang bisa kamu gunakan dalam membuat video di aplikasi tiktok adalah dengan memanfaatkan video orang lain.

Cara ini juga terbilang simpel karena kamu hanya perlu mencari referensi dan mengklik video tersebut. Pada video tersebut akan terdapat sebuah tulisan “buat video”, dengan menekan opsi tersebut maka kamu akan membuat video dengan template yang sama.

Video Tutorial Cara Bikin Video TikTok untuk Pemula

Jika penjabaran cara membuat video Tiktok untuk pemula diatas dirasa sulit untuk sobat ikuti, Sobat bisa menonton video tutorialnya di bawah ini.

Video tersebut akan menunjukan bagaimana cara menggunakan aplikasi TikTok untuk membuat video yang keren, jadi kami kira video ini akan sangat bermanfaat untuk Sobat yang baru ingin memulai menjadi creator di TikTok.

Jika video cara buat video TikTok ini bermanfaat jangan lupa untuk subscribe channelnya ya.

Selain itu kami juga sudah membagikan cara membuat konten foto slide di TikTok beserta tips agar konten yang sobat buat bisa masuk FYP, selain itu ada beberapa artikel terkait TikTok lainnya yang bisa sobat baca di daftar berikut ini.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai cara bikin video tiktok dan hal-hal lain yang berkaitan dengannya. Semoga sobat tidak kesulitan lagi untuk membuat video menarik di tiktok setelah membaca ulasan pada postingan ini.

Jika Sobat mencari apliksi TikTok yang lebih ringan, Sobat bisa download TikTok Lite APK resmi yang punya ukuran jauh lebih kecil.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks