Coba Tips Ini Agar Lebih Hemat Baterai HP

Hemat Baterai HP

Dalam Artikel ini Min Droidp akan membahas cara membuat HP hemat baterai, jadi untuk yang ingin tahu bagaimana caranya silahkan membacanya hingga tuntans.

Sekarang ini HP sudah semakin canggih saja, bahkan sudah dapat membantu segala aktivitas dan pekerjaan. Tapi tentu masih ada kendala dari teknologi tersebut, yaitu baterai HP masih tidak mampu bertahan lama, walaupun memang sudah ada kapasitas baterai yang cukup besar.

Tapi untuk Sobat pengguna HP lama yang memang belum dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, SObat bisa mengikuti tips agar baterai hp tahan lama. Nah untuk itu Sobat bisa membaca tips berikut hingga tuntas ya!.

Tips Baterai HP Tahan Lama

charge Baterai hp

Tips berikut ini sebenarnya lebih memanfaatkan fitur di HP secara efisien dan mengurangi beberapa fitur yang tidak penting, sehingga mampu mengurangi daya pemakaian baterai. Penasaran? Simak di bawah ini.

Kurangi Pencahayaan Layar untuk Hemat Baterai HP

Nah layar ini adalah bagian yang paling banyak mengkonsumsi baterai, semakin terang pencahayaan layar akan semakin boros penggunaan baterainya.

Jadi sebaiknya Sobat bisa mengurangi inensitas cahaya pada layar dan menyesuaikan hingga nyaman dipandang.

Selain itu Sobat juga bisa mempertimbangkan untuk tidak menggunakan fitur penerangan layar secara auto, karena fitur auto tersebut akan terus bekerja untuk mencocokan kecerahan layar dengan kondisi dimana sobat berada.

Manfaatkan Fitur Dark Mode

Sekarang ini sudah hampir semua HP memiliki fitur dark mode, ini adalah fitur yang membuat tampilan dasar HP putih menjadi hitam sehingga lebih nyaman di pandang, selain kenyamanan fitur dark mode juga dapat menghemat konsumsi pemakaian baterai loh. Jadi silahkan sobat gunakan fitur tersebut ya.

Matikan Fitur Smart Stay

Nah ini ada beberapa model HP yang sudah dilengkapi fitur bernama Smart Stay, fitur ini adalah kemampuan agar layar HP tetap menyala ketika sedang di lihat.

Jadi selama Sobat menatap layar HP, layar tersebut akan selalu menyala, memang fitur ini keren tapi kalau mau hemat baterai sebaiknya jangan menyalakan fitur ini ya, karena kalau layar selalu menyala tentu akan menguras penggunaan baterai.

Nyalakan Power Saving Mode

Kalau Power Saving mode ini sudah ada di HP yang sudah menjalankan OS Android Lolipop atau lebih baru, nah biasanya ini ada di menu navbar dibagian atas dengan icon bergambar baterai.

Jika Sobat sedang dalam perjalanan jauh dan sulit menemukan sumber daya listrik untuk melakukan pengisian baterai, saran sih mending aktifkan power saving mode supaya baterai lebih tahan lama.

Tapi kurangnya jika mengaktifkan fitur ini, berbagai aplikasi yang berjalan di background seperti WhatsApp akan dihentikan paksa, sehingga tidak akan muncul notifikasi pesan.

Dan fitur ini juga mengubah secara langsung berbagai fitur yang membuat baterai boros, seperti kecerahan otomatis dan lain sebagainya.

Matikan Fitur Motions dan Gestures

Fitur Motion dan Gestures biasanya digunakan untuk melakukan perintah hanya dengan garakan pada layar saja, misal melakukan screenshot, atau bahkan dengan melambaikan tangan untuk mengangkat panggilan telpon.

Fitur ini bisa menjadi salah satu yang memakan daya baterai, jadi kalau memang tidak memiliki fungsi yang sering digunakan sebaiknya dimatikan saja di menu pengaturan.

Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Live Wallpaper memang membuat tampilan HP menjadi menarik dan tidka membosankan, tapi dibalik itu fitur Live Wallpaper juga menjadi penyebab baterai cepat habis karena mengkonsumsi daya baterai cukup besar, jadi kalau mau lebih menghemat baterai sebaiknya untuk tidak menggunakannya ya.

Matikan Getaran dan Suara Papan Tombol

Nah ini juga menjadi salah satu penyebab baterai HP cepat habis nih, biasanya hp yang baru dibeli pengaturan defaultnya ketika mengetik ada getaran dan suara, kalau sobat tidak membutuhkan fungsi tersebut sobat bisa mematikannya melalui pengaturan HP ataupun pengaturan pada keyboard.

Tips Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

Nah selain mengehamt baterai, Sobat juga bisa mengikuti tips agar baterai HP tidak cepat rusak atau bocor sehingga kemampuan baterai menjadi tidak normal.

Ada dua cara untuk dapat membuat baterai tidak cepat rusak, dan cara ini sangat simpel dilakukan tapi memang karena mencakup kebiasaan jadi sulit untuk diterapkan. Berikut adalah caranya;

Jangan Isi Daya Baterai HP Sampai 100% Penuh

Hemat Baterai HP 80%

Nah siapa di sini yang isi baterai harus 100%, pasti banyak ya yang melakukannya karena kita berpikir kalau sudah 100% baterai akan penuh dan penggunaannya menjadi lebih awet.

Nah tapi untuk baterai lithion-ion modern sekarang ini harus diperlakukan beda, karena dengan mengisi daya baterai tidak sampai penuh ada alasan ilmiahnya nih.

Faktanya baterai HP tersebut malah memiliki usia lebih panjang jika dilakukan pengisian daya tegangan rendah, karena jika siklus tegangan meningkat, akan terjadi penurunan kapasitas yang besar.

Hal ini karena setiap penuruan 0,1 volt pada tegangan sel akan menggandakan siklus hidup daya baterai.

Jadi sebaiknya melakukan pengisian baterai HP sebaiknya sampai ke 80% saja agar voltase tetap rendah dan membuat baterai lebih awet. Atau bisa juga melakukan pengisian dengan model parsial (Tidak sampai 100%) agar baterai lebih memiliki umur panjang.

Selain itu HP jaman sekarang ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging sehingga waktu pengisian sampai ke 80% sudah pasti sangat singkat.

Jangan Gunakan HP Saat Mengisi Baterai

Cara selanjutnya juga masih banyak yang melakukannya, padahal ini juga termasuk berbahaya, yaitu menggunakan HP saat sedang di charge, hal ini akan berakibat baterai menjadi Parastic Load, atau baterai terkuras secara drastis saat sedang di isi.

Parastic load adalah hal yang menakutkan, karena hal ini akan mendistorsi siklus charging saat isi ulang. Selain itu parastic load dapat menyebabkan tenagangan lebih tinggi dan menyebabkan baterai menjadi lebih panas.

Selain itu bermain game saat HP sedang di isi daya juga sangat berbahaya untuk keselamatan, jadi sebaiknya hindari menggunakan perangkat HP saat sedang di isi daya ya.

Bagaimana?

Bagaimana sobat sudah mengetahui tips cara HP Hemat Baterai dan kuat untuk beraktivitas seharian bukan? Selain itu tips agar baterai tidak cepat rusak juga harus dipertimbangkan untuk diterapkan ya.

Jika Sobat punya tips yang berbeda, sobat bisa sampaikan langsung di kolom komentar karena itu juga sangat bermanfaat bagi pembaca lainnya.

Nah jika Sobat ingin hemat kuota nonton video Youtube, Sobat bisa membacanya di artikel sebelumnya, semoga saja bisa bermanfaat untuk para pembaca ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.