10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik

Tablet Gaming Terbaik

Main game di HP gaming mungkin sudah biasa ya, karena layarnya paling besar cuma di atas 6 incian, jika Sobat ingin dilayar yang lebih lebar tentu membutuhkan tablet gaming terbaik, untuk itu kami akan menyajikan daftar rekomendasinya untuk sobat.

Dengan bermain game menggunakan tablet sobat akan dimanjakan dengan layarnya yang lebih luas, sehingga permainan game akan menjadi lebih asik dan juga pengalamannya akan sangat berbeda dibandingkan bermain di HP.

Cara Memilih Tablet Gaming

Sebelum membagikan rekomendasi tablet gaming terbaik, ada baiknya kita mengulas cara memilih tablet untuk gaming yang baik dan benar, karena ini akan sangat penting yang harus sobat pertimbangkan sebelum membelinya.d

Karena perangkat tablet yang akan sobat beli akan digunakan untuk bermain game, jadi sobat harus mempertimbangkan spek detail terkait layar, chipset, RAM dan juga penyimpanannya. Ini sangat penting untuk sobat perhatikan ya.

Prosesor Harus Gahar

Nah pertama sobat harus teliti memilih penggunaan prosesor, karena tujuannya untuk gaming sobat harus memilih performa prosesor yang gahar agar bisa menjalankan berbagai jenis game dengan grafis yang keren.

Biasanya game game berat itu identik dengan pengaturan grafis yang tinggi, dan penggunaan prosesor adalah yang paling krusial terkait hal ini. Tapi memang kembali lagi ke buget, jika sobat hanya punya buget di entry level tentu kemampuan grafis dari game hanya terbatas di kualitas menengah.

Jika ingin menghasilkan gaming dengan grafis high tentu penggunaan prosesor di kelas atas adalah mutlak.

Selain itu penggunaan prosesor juga berpengaruh para permainan, jika prosesornya tidak kuat menjalankan game maka sobat akan merasakan permainan yang lag atau patah-patah.

Nah prosesor sendiria ada 2 yang patut dipertimbangkan, yaitu CPU dan juga GPU (grafis).

CPU

Pada prosesor ada CPU lengkap dengan inti core, jadi semakin banyak jumlah inti core nya akan semakin kuat dalam menjalankan pemrosesannya, kalau ingin bermain game sebaiknya gunakan prosesor dengan CPU yang memiliki delapan inti atau biasa disebut octa-core.

Selain itu ada juga sobat harus perhatikan kecepatannya yang disebut Clock Speed, makin tinggi clock speed akan semakin cepat juga pemrosesannya, nah biasanya standar untuk bermain game itu minimal 2.0 GHz.

GPU

Nah sedangkan GPU ini lebih terkait kemampuan proses grafis, yang menampilkan grafis dalam game ataupun multimedia apapun. CPU dan GPU ini sudah satu paket ya, kalau prosesornya flagship atau kelas atas tentu GPU yang didapatkan juga kelas atas.

Nah GPU ini memiliki tugas untuk memfokuskan diri pada grafis ketika memainkan game, jadi di sinilah peran penting grafis game akan tampil seperti apa.

Salah satu contoh chip prosesor kelas atas yang mampu menjalankan game kelas atas dengan grafis maksimal adalah Snapdragon seri 8, ini chipset premuim dari Qualcomm yang juga dibekali degan GPU kelas atas.

Pertimbangkan Spesifikasi Lainnya

Selanjutnya perhatikan spek penting lainnya, misalnya adalah RAM, Penggunaan RAM ini sangat penting karena RAM akan berguna untuk menampung data sementara ketika aplikasi berjalan, jadi semakin besar RAM semakin memiliki kemampuan menampung banyak aplikasi yang sedang berjalan.

Selanjutnya adalah penyimpanan internal, nah ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan, pasalnya game Android sekarang semakin besar dan membutuhkan kapasitas yang besar agar dapat memainkan banyak game.

Selanjutnya sobat juga harus mempertimbangkan kapasitas baterai yang besar, karena bermain game memerlukan daya yang cukup besar sehingga baterai menjadi cepat habis, jadi disarankan memilih tablet yang punya kapasitas baterai besar.

Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik

Selanjutnya sobat bisa melihat daftar rekomendasi Tablet gaming terbaik yang kami sajikan di bawah ini agar sobat mudah dalam memilih tablet yang di inginkan. Jangan lupa untuk mencocokannya dengan buget yang sobat miliki ya.

HUAWEI MatePad 11

HUAWEI MatePad 11

Tablet gaming terbaik pertama, ada Huawei MatePad 11 yang dibandrol di kisaran harga Rp 7 jutaan. Untuk performanya, perangkat ini hadir dengan chipset Qualcom Snapdragon 865 yang saja urusan performa tidak diragukan lagi.

Selain itu tablet ini hadir dengan RAM 6 GB dan juga kapasitas internal 128 GB. Dengan spesifikasi ini, sobat bisa memainkan game-game berat seperti PUBG dan Call of Duty Mobile dengan lancar di pengaturan grafis tinggi.

Tapi kekurangan menggunakan produk Huawei, sobat tidak dapat menemukan Google Play, sebagai gantinya sobat dapat mengunduh aplikasi melalui Huawei Store karena menggunakan HarmonyOS bukan Android.

Untuk spek lainnya, Tablet ini hadir dengan ukuran layar 10,95 inci WQXGA dengan resolusi 2560 x 1600 dan juga kapasitas baterai sebesar 7250 mAh dengan pengisian daya cepat 22,5W. Jika dirasa kekurangan penyimpanan, sobat bisa menambahkannya dengan microSD karena sudah tersedia slot di dalamnya.

Apple iPad Pro (Gen 5)

Apple iPad Pro (Gen 5)

Yang satu ini sudah tidak dapat diragukan lagi deh sudah wajib masuk jajaran tablet gaming terbaik, tentu saja dengan spek garah dan juga grafis yang maksimal. Harganya di angka Rp 19 jutaan.

Apple iPad Pro ini hadir dengan chiset yang dibangun sendiri oleh Apple yaitu M1 yang hadir dengan performa yang sangat gahar, tentu kualitas grafis yang sangat tinggi menghasilkan gambar yang sangat epik, kalau cuma bermain game kami rasa sudah sangat mantap, tapi sayang banget harga mahal cuma dimainkan untuk gaming ya.

Keunggulan lain pada Apple iPad Pro ini hadir apda layarnya yang sudah menggunakan Liquid Retina XDR yang menghadirkan visual yang fantastis, perangkat ini bisa digunakan untuk keperluan produksi konten kratif seperti mengedit video dan desain grafis, jadi sebaiknya jangan digunakan untuk main game saja ya.

Untuk kapasitas baterainya mendapatkan 7538 mAh dengan pengisian cepat berdaya 18W. Sedangkan RAM nya hadir dengan 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB, sayangnya tablet ini tidak ada tambahan memori eksternal ya, jadi sobat harus beli menyesuaikan kapasitas internal sesuai kebutuhan.

Evercoss Etab 10 Prime

Evercoss Etab 10 Prime

Nah jika sobat membutuhkan tablet game terbaik dengan harga murah, Sobat wajib melirik Evercoss Etab 10 Prime yang dibandrold di harga 1,6 jutaan saja. Ya walaupun bisa menjalankan game berat seperti PUBG dan Mobile Legends tapi performanya akan sangat terbatas.

Performa tablet ini dihasilkand ari chipset Unisonic SC9863A yang memiliki octa-core 1.6 GHz yang disandingkan dengan RAM 3 GB dan penyimpanan hanya 32 GB, serta kapasitas baterai hanya 5500 mAh saja.

Nah dengan spek ini memang masih mampuh menjalankan game berat tapi sangat terbatas. Tapi jika buget sobat masih sangat terbatas, sepertinya tidak masalah memilihnya karena sobat bisa menyesuaikan game mana yang ingin dimainkan dengan spek seperti ini.

Samsung Galaxy Tab S7+

Samsung Galaxy Tab S7+

Tablet game terbaik selanjutnya adalah Samsung Galaxy TAb S7+ yang didukung oleh chipset kelas atas Snapdragon 865 dan juga RAM 8GB. Dengan spek yang gahar tersebut tablet ini dibandrol di harga Rp. 16,5 jutaan.

Selain performanya, layar tablet ini sudah mengusung Super AMOLED WQXGA 12,4 inci yang juga sudah memiliki refresh rate 120Hz dan dukungan quad speaker dan juga Dolby Atmos sehingga suara yang dahasilkan memberikan pengalaman yang seru dalam bermain game.

Tak sampai di situ saja, tablet ini juga dibekali dengan kapasitas baterai super besar yaitu, 10090 mAh dan juga penyisian daya cepat 45W. Sementara kapasitas penyimpanannya sudah berbekal 256 GB dan masih bisa diperluas dengan microSD.

Teclast M40 Pro

Teclast M40 Pro

Untuk yang punya buget midel tidak kemurahan atau kemahalan bisa nih lirik tablet Teclast M40 Pro yang dibandrol di harga Rp 3 jutaan.

Tablet ini mengemas chipset Unisoc T618 (Octa-core hingga 2,0 GHz) yang disandingkan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Dengan spek ini sudah cukup untuk dapat mengakomodasi kebutuhan game dengan grafis kelas menengah.

Selain itu kapasitas baterai sudah dibekali dengan 7000 mAh , sayangnya kami tidak mengetahui apakah sudah mendapatkan pengisian cepat atau belum.

Untuk layarnya sendiri hadir dengan ukuran 10,1 inci WUXGA dengan resolusi 1920 X 1200.

Alldocube iPlay 40 Pro

Alldocube iPlay 40 Pro

Tablet gaming terbaik selanjutnya adalah Alldocube iPlay 40 Pro, tablet ini punya bobot yang cukup ringan yaitu hanya 475 gram saja dengan ukuran layar 10 inci.

Soal performa, perangkat dibekali chipset Unisoc T618 (12 nm) dengan CPU sampai dengan 2.0 GHZ yang disandingkan dengan RAM 8GB yang bisa dibilang cukup dapat menjalankan berbagai game kelas atas dengan grafis tingkat medium.

Tapi kurangnya tablet ini hanya dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 6200 mAh yang kalah dibandingkan beberapa tablet yang sudah kami sebutkan sebelumnya.

Tapi itu kembali ke penilaian sobat, apakah butuh tablet berukuran ringan yang mengalahkan kapasitas baterai, atau tidak penting bobot yang penting spek. Silahkan berikan tanggapan di komentar ya.

Harga tablet Alldocube iPlay 40 Pro berkisar di angka Rp 3,7 jutaan.

Xiaomi Pad 5

Xiaomi Pad 5

Selanjutnya adalah Xiaomi Pad 5 yang dibandrol di harga Rp 5 jutaan, buget menengah ini punya tampilan yang premium sehingga serasa punya tablet berkelas.

Xiaomi menghadirkan tablet super power di harga 5 jutaan dengan spek yang setara dengan tablet 10jutaan. Dari performanya saja sudah digukung dengan Snapdragon 860 ini adalah chip premium yang digunakan pada perangkat kelas atas.

Dengan chip tersebut, Sobat bisa memainkan game dengan grafis maksimal seperti pada game Genshin Impact dan juga PUBG Mobile.

layarnya hadir berukuran 11 inci menggunakan panel WQXGA dan mendukung kecepatan refresh rate 120Hz yang akan sangat smooth jika digunakan untuk bermain game tentunya.

Untuk menunjang performanya, tablet ini hadir dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB, serta kapasitas baterai sebesar 8720 mAh dengan pengisian cepat berdaya 33W.

Kami tentu merekomendasikan table ini ya, karena harganya yang relatif murah, dengan spek yang bernilai.

Axioo MyTab A100

Axioo MyTab A100

Selanjutnya ada Tablet Axioo MyTab A100 yang dibandrol di harga Rp 2,8 jutaan. Tablet ini dibekali dengan chipset Unisoc SC9863 (28 nm) dengan CPU Octa-core 1.6Ghz yang disandingkan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB.

Dengan spek seperti ini memang tablet bisa menjalankan berbagai game, tapi tentu grafis yang dihasilkan tidak akan bisa maksimal, tentu saja jika dipaksakan akan membuat game menjadi lag.

Tablet ini punya ukuran layar 10 inci dengan kapasitas baterai hanya 6000 mAh, jadi balik lagi Apakah sobat ingin memainkan game di perangkat ini atau pilih perangkat lain? Atau sobat ingin merekomendasikan yang lain? Silahkan berikan tanggapannya di komentar.

Chuwi HiPad X

Chuwi HiPad X

Tablet gaming terbaik selanjutnya adalah Chuwi HiPad X yang dibandrol di harga Rp 3,3 jutaan.

Pertangkat ini hadir dengan chipset Mediatek Helio P60 yang disandingkan dengan RAM 4 GB dan Penyimpanan internal 128 GB, yup spek ini masih dibilang standar tapi sudah mampu menjalankan beragam game berat namun dengan grafis yang tidak maksimal.

Spesifikasi lainnya, tablet hadir dengan ukuran layar 10,1 inci dengan panel WUXGA dan juga kapasitas baterai sebesar 7000 mAh. Jika dirasa kurang dalam penyimpanan internal, Sobat bisa menambahkannya menggunakan microSD.

Lenovo Tab P11 Pro

Lenovo Tab P11 Pro Tablet

Selain sebagai brand yang meluncurkan laptop gahar, Lenovo juga punya perangkat tablet yaitu Tab P11 Pro yang dibandrol di harga Rp 6,5 jutaan.

Tak tanggung-tanggung chipset yang disematkan adalah Snapdragon 730G, yang masih termasuk chipset kelas menengah yang tangguh diandalkan untuk bermain game, karena memang dirancang untuk memaksimalkan aktivitas gaming.

Tablet ini hadir dengan RAM 6 Gb dan penyimpanan 128 GB, tak lupa juga ada microSD yang siap menambahkan kapasitas secara eksternal. Layarnya hadir dengan ukuran 11, 5 inci WQXGA dan baterai berkapasitas 8600 mAh.

Fitur lainnya Tablet ini hadir dengan speaker 360 derajat dari JBL dan teknologi Dolby Atmos sehingga suara yang dihasilkan akan membuat seru jalannya permainan.

Rekomendasi Tablet Lainnya

Jika dirasa sobat masih kekurangan rekomendasi tablet game di atas, sobat bisa membaca beberapa rekomendasi lainnya yang sudah kami publikasikan sebelumnya, berikut adalah daftar lengkapnya:

Kesimpulan

Bagaimana daftar rekomendasi tablet gaming terbaik yang kami jabarkan di atas. Pada dasarnya semua bergantung degan kebutuhan dan buget yang sobat miliki. Jika memang menginginkan tablet yang mampu menjalankan game dengan grafis maksimal, sobat harus memiliki tablet kelas atas dengan penggunaan chipset kelas atas.

Tentu yang paling murah dengan chipset Snapdragon seri 8 ada pada Xiaomi Pad 5 yang bisa sangat dihandalkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.