Gadget  

Perbandingan Spesifikasi OPPO Reno9 VS OPPO Reno8

OPPO Reno9 vs Reno8

Perilisan Oppo Reno 9 series baru-baru ini diumumkan di pasar Cina. Ada tiga model utama yang dirilis pada tahun ini, yaitu Oppo Reno9 , Oppo Reno9 Pro, dan Oppo Reno9 Pro Plus. Masing-masing dari ketiga model tersebut memiliki harga jual yang berbeda-beda.

Dibandingkan pendahulunya Oppo Reno8, Reno9 hadir dengan spesifikasi yang tentu saja sudah mengalami peningkatan dari versi sebelumnya. Sebagai contoh, Reno9 memiliki bodi ultra-tipis 7,19mm dan konstruksi sandwich kaca seberat 170 gram dengan bingkai plastik. Faktanya, desain tipis memang merupakan salah satu nilai jual terbesar dari Reno9.

Agar lebih tergambar sejauh mana perbedaan antara Oppo Reno9 VS Oppo Reno8, di bawah ini akan disebutkan perbandingan spesifikasi di antara kedua ponsel besutan Oppo tersebut. Yuk simak detail perbandingannya di bawah ini.   

Detail Spesifikasi OPPO Reno9 VS OPPO Reno8

OPPO Reno9 vs Reno8

Segi Desain

Oppo Reno9 series memiliki ukuran 162,3 x 74,2 x 7,2 mm, sedangkan Oppo Reno 8 memiliki ukuran 160,6 x 73,4 x 7,7 mm. Dari sini bisa diketahui kalau desain Reno9 lebih tipis dan lebih ringan dibandingkan pendahulunya.    

Satu hal yang paling mengesankan dari Reno9 series adalah peningkatan ukuran layar menjadi 6,7 inci tidak menyebabkan terjadinya pengurangan masa pakai baterai.

Secara keseluruhan, Reno9 memiliki desain yang lebih bersih dan lebih halus daripada Reno 8. Pilihan warna pada Reno9 juga lebih beragam. Sebab, ada empat pilihan warna yang tersedia, yaitu hitam, gold, gradasi merah muda, dan merah. Di sisi lain, Reno 8 cuma memiliki dua varian warna, yaitu hitam dan gold.

Segi Layar

Kualitas layar pada Oppo Reno9 juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari pendahulunya. Jika layar Oppo Reno 8 berukuran 6,4 inci dengan kecepatan refresh layar 90Hz, maka layar yang disematkan pada Reno9 berukuran 6,7 inci dengan kecepatan refresh layar 120HZ. Layar ponsel seri terbaru ini juga dibekali dengan panel AMOLED dan kecerahan puncak hingga 950 nits.

Fitur perlindungan layar pada Oppo Reno9 juga mengalami peningkatan dibandingkan seri sebelumnya. Jika Reno 8 dibekali dengan fitur perlindungan layar Corning Gorilla Glass 5, maka Reno9 hadir dengan mengusung fitur perlindungan layar terbaru yaitu Asahi Glass AGC DT-Star2.

Segi Mesin & Software OPPO Reno9 VS OPPO Reno8

Reno9 mengalami penurunan pada segmen prosesor dibandingkan pendahulunya, yaitu Reno 8. Model baru ini hadir dengan mengusung chipset kelas menengah Snapdragon 778G dengan inti Cortex-A78 1×2,4 GHz clock.

Kualitas mesin yang disebutkan di atas jelas lebih rendah dibandingkan seri sebelumnya yang dibekali dengan inti Cortex-A78 3×2,2 GHz dan inti Cortex-A55 4×1,9 GHz.

Dari segi software, Reno9 mengalami peningkatan dibandingkan Reno 8. Sebab, model terbaru berjalan pada ColorOS 13 terbaru berbasis Android 13, sementara Reno 8 hadir dengan ColorOS 12.1 berbasis Android 12.

Peningkatan pada model terbaru juga terlihat jelas pada kapasitas penyimpanan internal yang disematkan padanya. Meskipun sama-sama mengusung RAM 12 GB, tetapi kapasitas penyimpanan internal Reno 8 hanya 256 GB. Berbeda dengan kapasitas penyimpanan internal Reno9 yang mencapai  512 GB.

Segi Kamera & Baterai

Oppo Reno9 juga mengalami peningkatan pada segmen kamera. Hal ini diketahui dari kamera utama yang disematkan padanya beresolusi 64MP. Hanya saja, model terbaru ini hanya dibekali dengan satu kamera.

Berbeda dengan Reno 8 yang dibekali dengan tiga buah kamera di bagian belakang ponsel. Masing-masing kamera beresolusi 50MP, 8MP, 2MP. Sedangkan untuk kamera depan, masing-masing dari kedua smartphone tersebut dibekali dengan kamera beresolusi 32MP.

Untuk segmen kamera, Oppo masih mempertahankan kapasitas baterai sebesar 4500mAh pada kedua perangkat tersebut. Hanya saja, fitur pengisian daya cepat pada Reno9 berkurang menjadi 67W. Padahal, Reno 8 dibekali dengan fitur pengisian daya cepat sebesar 80W.

Feedback: Jika ada informasi yang keliru silahkan sampaikan melalui halaman Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Instal AndroidPonsel.com di perangkat

Install
×