Kahoot! App Belajar Sambil Bermain Melalui Aplikasi!

| |

Pernah mendengar Aplikasi Bernama Kahoot App? Jika kalian baru mendengarkan, kami akan mengulasnya di halaman Ini. Kahoot adalah sebuah aplikasi untuk platform Android dan ioS, selain itu Kahoot juga punya website yang dengan fungsi yang hampir sama dengan aplikasinya.

Apa itu Kahoot! App?

Sebelum kita mengenal lebih jauh dari Kahoot! ada baiknya kita tahu apa sih Kahoot itu? Dilansir dari laman wikipedia, Kahoot! adalah platform pembelajaran berbasis game. Dalam aplikasi ini pengguna bisa membuat dan menjawab berbagai kuis pilihan ganda, bahkan tidak hanya melalui aplikasi pemain bisa memainkannya melalui browser dengan memasukan pin dari sang pembuat kuis trivia tersebut.

Sejarah Kahoot!

Aplikasi game pembelajaran ini didirikan oleh Johan Brand, Jamie Brooker dan Morten Versvik dalam proyek bersama dengan Universitas SAins dan Teknologi Norwegia. Mereka bekerja sama dengan Profesor Alf Inge Wang dan kemudian bergabung dengan pengusaha Norwegia Åsmund Furuseth. Kahoot apps versi beta hadir pada Maret 2013 yang dirilis versi pribadi, dan baru dirilis untuk beta publik pada September 2013.

Berdasarkan pantauan kami melalui laman Google Play Aplikasi Kahoot ini sudah diunguh lebih dari 10 juta orang diseluruh dunia. Selain itu apps ini mendapatkan reting bintang 4.1 yang didominasi dengan testimonial positif dari penggunanya.

Aplikasi pendidikan Kahoot ini memang gratis untuk digunakan, tapi di dalam aplikasi pengguna akan disuguhkan dengan fitur berbayar seperti yang tertulis dalam laman Play Store.

Untuk Siapa Kahoot! ini digunakan?

Berkembangnya teknologi saat ini membuat berbagai sistem dan juga cara kerja menjadi lebih baik dan lebih efisien. Salah satunya dalam dunia pendidikan. Kahoot! App sendiri diciptakan untuk membuat media belajar yang lebih baik dengan memanfaatkan teknologi, sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan oleh siapapun yang ingin belajar taupun mengajar menggunakan metode yang lebih kekinian.

Dalam fitur yang disediakan oleh Kahoot! memungkinkan jajaran didunia pendidikan termasuk sekolah membuat kuis trivia, bahkan kuis tersebut bisa digunakan untuk pre-test sebelum memulai ajaran yang baru. Sehingga siswa akan lebih interaktif menerima dan menjalankan kuis yang diberikan agar tidak monoton dan membuat siswa lebih fokus terhadap pembelajaran.

Cara Membuat Kahoot! untuk Guru

Jika Sobat ingin menggunakan Kahoot untuk media belajar atau ingin membuat metode kuis untuk para siswa yang Sobat didik, Kalian dapat menggunakannya dengan sangat mudah. Kalian dapat menggunakannya di Aplikasi Kahoot! atau melalui websitenya di kahoot.com serta membuat akun untuk mulai membuat kuis yang akan dimainkan bersama para murid Anda.

Sebelum membuat kuis trivianya, pengguna diharuskan untuk membuat akun, caranya cukup mudah. Sobat bisa download Kahoot! Apps di Play Store (Android) ataupun App Store (iOS), atau bisa membuat akun melalui websitenya di kahoot.com.Daftar secara gratis.

Jika Sobat registrasi melalui website, kalian akan disuguhkan dengan empat pilihan dengan pertanyaan “Saya Ingin Menggunakan Kahoot!”. Pilih sesuai kebutuhan, jika Sobat adalah guru, klik “As A Teacher” Begitu juga seterusnya. Dengan mendaftar sebagai Guru, Sobat dapat membuat kuis trivia yang bisa dishare ke murid kalian yang bisa dijadikan sebagai pre-test atau kuis pengetahuian yang lebih kekinian.

Baca jugaToraccino Apps, Mainkan Kuisnya Dapatkan Hadiahnya

Selanjutnya kalian akan diarahkan dengan proses pendaftaran, Akan lebih mudah jika kalian langsung sign up menggunakan email. Setelah itu Sobat dimintar untuk Isi formulir yang disediakan dan kalian sudah mempunyai akun kahoot! yang akan digunakan untuk membuat kuis di dalamnya.

Kahoot sendiri tidak 100% gratis, walaupun kalian bisa menggunakannya secara gratis, tapi untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap Sobat diharuskan melakukan upgrade ke memberi Pro ataupun Premium. Harganya terlampir pada gambar di bawah ini.

harga kahoot
Ini adalah daftar harga member premium dari Kahoot! Kalian bisa menggunakannya secara gratis namun dengan fitur yang terbatas

Cara Membuat Kuis Kahoot App

Setelah mempunyai akun sebagai “Guru” kalian bisa membuat kuis dengan mudah. Caranya bisa kalian ikuti langkah di bawah ini;

  • Pertama login di Kahoot.com atau melalui aplikasi
  • Pilih menu “Create Kahoot” Kalian akan disuguhkan dengan form untuk membuat pertanyaan kuis, lengkap dengan foto dan juga jawabannya secara pilihan ganda.
    Ini adalah form untuk membuat kuis di Kahoot!
    Ini adalah form untuk membuat kuis di Kahoot!
  • Selain itu Sobat bisa mengatur waktu menjawab berupa “detik” yang akan berjalan disetiap pertanyaan. Poin jika berhasil menjawab pertanyaan juga bisa kalian ubah sesuai dengan kebutuhan.
Tampilan hasil soal yang kami buat di Kahoot

Cara Memberikan Kuis Kahoot! App kepada Siswa

Jika Sobat sudah membuat pertanyaan dan ingin mulai berbagai kuis trivia kepada siswa ataupun teman kalian. Caranya cukup mudah;

  • Pertama klik Play Kahoot App
  • Kalian akan di bawah ke halaman berbeda yang menampilkan dua pilihan (lihat gambar di bawah). Kalian bisa memilih sesuai kebutuhan
  • Klik dan jalankan (misal memilih mode Classic)
  • Nantinya sobat akan dialihkan kehalaman yang menunjukan PIN untuk para siswa masuk ke permainan. Berikan pin tersebut kepada mereka.
  • Para siswa wajib membuka browser dengan alamat website kahoot.it atau melalui aplikasi untuk memasukan PIN tersebut dan mendapatkan akses soal-soal yang akan kalian berikan.
  • Nantinya Sobat akan melihat siapa saja siswa yang sudah masuk dalam permainan, jika semua sudah masuk. Klik Start dan mulai bermain.

Aplikasi kahoot App ini akan memberikan penilaian dan mengurutkannya siapa yang paling banyak menjawab pertanyaan dengan benar dia akan menduduki puncak dengan nilai tertinggi. Masing-masing pertanyaan bisa kalian buat dengan poin yang berbeda.

Baca juga: 6+ Aplikasi Download Video Youtube di Android Terbaik dan Tercepat [Update]

Akhir Kata

Kahoot! App ini sangat bermanfaat di dunia pendidikan. Terlebih dengan interaksi kuis trivia yang sangat unik dan kekinian akan membuat para siswa menjadi lebih fresh dalam menerima pembelajaran yang lebih kekinian. Jika Sobat memiliki informasi terkait aplikasi lainnya kalian bisa share di form komentar, nanti akan kami ulas aplikasi tersebut jika memang memungkinkan.

Previous

Inilah prediksi Harga Realme X2 Pro yang diluncurkan 27 November Mendatang

Samsung Rilis Galaxy Note 10+ Edisi Star Wars Lengkap dengan Galaxy Buds

Next

Tinggalkan komentar di sini