Apa itu Bug dan Bagiamana Cara Menghilangkannya

bug

Ketika perangkat Android Anda terkena masalah bug, maka hal ini perlu diwaspadai lantaran dinilai dapat mengganggu sistem operasi yang berjalan di perangkat tersebut.

Oleh karena itulah, diperlukan upaya untuk menghilangkan celah di perangkat Android sesegera mungkin. Nah, bagi Anda yang penasaran bagaimana cara menghilangkan bug di HP Android maka bisa simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut.

Apa yang Dimaksud dengan Bug?

Perlu Anda ketahui, bahwa bug dikenal sebagai suatu istilah yang mana mengacu pada terjadinya kesalahan pada sebuah sistem dan membuat sistem berjalan tidak normal hingga menyebabkan error.

Bug biasanya dapat kita temukan pada perangkat lunak / software yang menjadikan aplikasi hang, tertutup secara tiba-tiba dan tampilan layar perangkat menjadi hitam.

Biasanya, istilah bug sendiri tidak hanya berlaku pada aplikasi, akan tetapi juga bisa terjadi pada perangkat ponsel. Ketika ponsel mengalami masalah, maka hal ini akan menjadikan kinerja dari aplikasi ataupun perangkat ponsel berjalan dengan lambat. Maka dari itulah, diperlukan cara untuk menghilangkan bug agar performa ponsel dapat tetap berjalan lebih optimal.

Faktor Penyebab Kemunculan Bug di HP Android

Terjadinya masalah bug pada perangkat Android bisa disebabkan oleh berbagai faktor di antaranya yakni sebagai berikut :

1. Kesalahan Menginstall Aplikasi Berbahaya

Sering kali tidak disadari pengguna, bahwa mengunduh atau menginstall aplikasi dan file sembarangan ternyata bisa menjadi pemicu utama kemunculan bug di perangkat Android. Sebab tidak semua file yang kita unduh memiliki keamanan pada perangkat Android. Bahkan ada beberapa file yang mengandung virus dan menyebabkan kerusakan sistem Android.

2. Adanya Kerusakan Pada Sistem Android

Kemunculan bug selanjutnya juga berasal dari faktor internal yakni adanya kerusakan pada sistem perangkat Android. Hal ini bisa saja terjadi jika perangkat Android yang Anda gunakan memang sudah berusia cukup lama. Sehingga, bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi pemicu kemunculan bug.

Pada saat Anda menerima pesan yang dikirim orang yang tidak dikenal, disarankan untuk berhati-hati dan jangan sembarangan mengklik link tersebut. Ini bisa saja link tersebut sudah berisi virus yang dapat merusak ponsel Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk jangan langsung mengklik link tersebut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bug di HP Android?

bug

Menghilangkan bug di HP Android bisa Anda lakukan dengan mudah cukup dengan menerapkan beberapa langkah di bawah ini.

1. Lakukan Proses Update Aplikasi dan Sistem Operasi

Mengatasi masalah bug bisa Anda lakukan dengan cara meng-update aplikasi ataupun sistem operasi di perangkat Android. Apalagi seperti yang kita ketahui, bahwa kemunculan celah ini sendiri umumnya bisa terjadi karena adanya kerusakan pada sistem, baik itu pada aplikasi maupun sistem operasi. Jadi, sebagai solusi mengatasinya Anda bisa melakukan pembaruan aplikasi dan sistem operasi ke versi terbaru.

2. Unduh dan Install Aplikasi Antivirus

Mengingat kemunculan bug juga bisa disebabkan karena kesalahan pengguna yang mengklik link sembarangan, maka cara mengatasi berikutnya yakni dengan mengunduh dan menginstall aplikasi antivirus. Dengan aplikasi ini, maka perangkat Anda akan terlindungi ketika terkena serangan virus tertentu. Sehingga potensi perangkat Android terkena serangan bug akan dapat diminimalisir dengan baik.

3. Reset Perangkat Android

Jika masalah bug yang ada di perangkat Android Anda katakanlah semakin parah, maka salah satu cara paling efektif untuk dilakukan yakni dengan mereset perangkat tersebut. Sebelum melakukan cara ini, pastikan semua data yang ada di perangkat ponsel sudah di-backup terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan agar supaya data-data penting yang tersimpan di ponsel Anda tidak hilang. Demikianlah informasi penting yang perlu Anda ketahui dan pahami seputar tips mudah menghilangkan bug di HP Android.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ikuti Kami di WhatsApp Channel

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks