BATIC 2023: Mengupas Tuntas Potensi dan Implementasi Web3

batic 2023

Hey, Sobat Tekno! Pasti kalian sudah dengar kan, acara keren yang baru saja berlangsung di Bali, yaitu Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2023? Nah, kali ini kita akan deep dive ke inti diskusi mereka, yaitu soal “Membangun Infrastruktur Web3 di Kawasan Indo-Pasifik”. Mau tahu detailnya? Yuk, disimak!

Pertama-tama, kita perlu tahu nih, apa itu Web3. Dalam kata sederhana, Web3 adalah internet generasi ketiga yang menawarkan keamanan dan desentralisasi. Dibandingkan dengan Web2 yang kita kenal sekarang, Web3 memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna dan minim campur tangan pihak ketiga.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Konferensi ini dimeriahkan oleh Vincent Stevens dari Delta Partners sebagai moderator. Dia membuka mata kita soal bagaimana Web3 bisa mengubah seluruh struktur konektivitas internet menjadi lebih aman dan inklusif.

Inovasi Telkom dalam Bidang Web3

Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Business TelkomGroup, bahkan lebih spesifik lagi. Dia menjelaskan bagaimana Web3 bisa digunakan untuk memberdayakan ekonomi digital di kawasan Indo-Pasifik melalui teknologi seperti Decentralized Finance (DeFi), Decentralized Identity (DiD), dan Supply Chain Transparency. Telkom juga sudah mulai mengeksplorasi ini, loh, termasuk platform sertifikasi Halal dan platform wakaf!

AI Generatif: Mengubah Paradigma Bisnis Telekomunikasi

Tidak kalah menarik, Manprit Singh dari Microsoft juga memberikan insight soal bagaimana AI generatif bisa mempengaruhi efisiensi dan daya saing dalam industri telekomunikasi. Teknologi ini bisa mempersonalisasi pengalaman pelanggan dan meningkatkan optimalisasi jaringan.

Muhammad Buldansyah dari Indosat Ooredoo Hutchison dan Abdul Hamid Farid dari Mastercard Indonesia juga berbagi. Mereka berbicara soal bagaimana perusahaan mereka sudah memulai langkah ke arah Web3 dan apa yang bisa kita harapkan ke depannya.

Tidak hanya berbicara, BATIC 2023 juga memberikan platform untuk networking dan showcase produk melalui aplikasi BATIC. Ada sesi khusus untuk pertemuan bisnis dan diskusi lebih lanjut antar peserta.

Baca juga: BATIC 2023: Telkom Indonesia Usung Inovasi di Bali!

Jadi, itulah beberapa highlight dari BATIC 2023! Gimana, Sobat Tekno, sudah semakin paham kan potensi Web3 di masa depan? Menurut saya, ini adalah awal dari revolusi digital yang lebih besar lagi! Stay tuned ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks