Mengenal Cache2SD Salah Satu Fitur CWM Android

cache2sd

Pernah mendengar fitur atau istilah Cache2SD? Ya ini adalah salah satu fitur dari CWM Android yang sudah sangat terkenal dikelangan oprek OS Android.

Istilah CWM mungkin akan sering kali didengar pengguna ketika membaca seputar tutorial terkait perangkat Android.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Ya, CWM dikatakan sebagai sebuah akses custom recovery yang memiliki kegunaan utama sebagai instalasi sistem operasi perangkat Android, restorasi sistem operasi dan sebagai akses pemulihan serta perbaikan perangkat ponsel.

Agar supaya Anda tidak penasaran mengenai CWM Android, maka bisa menyimak ulasan dari mulai definisi dan fitur-fiturnya di bawah ini.

Sekilas Definisi CWM Android

Tahukah Anda, bahwa CWM Android ini ternyata memiliki fungsi penting dalam menghapus data cache2SD di perangkat Android. D

imana diartikan disini bahwa istilah cache2SD sebenarnya hampir sama dengan cache pada umumnya yakni merupakan data sementara yang tersimpan oleh aplikasi di perangkat Android.

Meski demikian, Anda perlu tahu bahwa tidak semua data cache bisa terhapus secara sempurna melalui pengaturan ponsel sehingga diperlukan adanya CWM Android.

Mengenai CWM (ClockworkMod) Android sendiri umumnya merupakan recovery yang populer di beberapa perangkat Android. Jenis recovery ini terbilang sudah ada sejak lama dan sejauh ini masih tetap digunakan oleh para pengguna.

Dengan menggunakan CWM Android, maka dapat membantu pengguna melakukan beberapa pemulihan sistem di ponsel Android seperti merestorasi sistem, instalasi maupun perbaikan tingkat lanjut pada perangkat Android.

Menariknya lagi, CWM Android ini juga bisa pengguna gunakan untuk menginstal custom ROM untuk memodifikasi Android dan penggunaan berbagai aplikasi mod dan kernel lainnya.

Ini wajar lantaran untuk bisa menggunakan tools tersebut, perangkat Android diharuskan sudah melakukan proses root demi memperoleh akses ke dalam sistem.

Apa Saja Fitur-fitur di CWM Android?

cache2sd

Secara garis besar, CWM Android hadir dengan menawarkan berbagai macam fitur yang terbilang hampir sama dengan fitur yang ada pada recovery bawaan Android.

bahkan secara tampilannya sendiri juga kurang lebih sama persis yakni masih tetap menggunakan tombol volume up & volume down sebagai navigasi. Sementara tombol power digunakan untuk melakukan konfirmasi perintah.

Adapun beberapa fitur yang terdapat pada CWM Android yang perlu Anda ketahui antara lain sebagai berikut.

1. Fitur Reset HP ke Pengaturan Pabrik

Fitur ini hadir dengan memungkinkan pengguna untuk bisa mengembalikan setelah pengaturan HP ke pengaturan pabrik (default) dengan sangat mudah.

Untuk caranya sendiri, kita tinggal masuk ke CWM Android dan pilih opsi Reset sehingga nantinya secara otomatis pengaturan ponsel akan kembali ke menu default.

2. Fitur Hapus Data Cache (Cache2SD)

Seperti yang sudah tadi disinggung sedikit di awal, bahwa CWM juga terdapat fitur hapus data cache (cache2SD).

Dikarenakan ada data cache yang mana tidak semuanya dapat dihapus, maka dari itu dengan menggunakan CWM Android ini Anda bisa menghapus semua data cache tanpa terkecuali. Jangan lupa untuk melakukan proses reboot jika proses penghapusan cache selesai dilakukan.

3. Fitur Install Zip

Melalui fitur install zip ini, maka pengguna dapat lebih mudah memasang custom ROM baru ke dalam perangkat Android. Tidak hanya itu saja, dengan fitur ini kita juga bisa memasang aplikasi yang mungkin saja sebelumnya tidak bisa dipasang melalui sistem default-nya.

4. Fitur Backup & Restore Data HP

Sebagai fitur andalan di CWM Android, fitur backup & restore data HP bisa membantu pengguna untuk mengembalikan data-data penting di perangkat dengan mudah.

Meski demikian, ada baiknya bagi Anda yang mungkin senang mengutak-atik perangkat ponsel sebaiknya perlu mem-backup data terlebih dahulu agar jika terjadi error bisa langsung di-restore dengan mudah.

Itulah penjelasan penting bagi Anda seputar CWM Android dan berbagai fitur-fitur menarik di dalamnya, termasuk fitur hapus data cache (cache2SD).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks