3 Cara Mengatasi Autentikasi Dua Faktor Facebook

Autentikasi Dua Faktor Facebook

Sobat, kamu mengalami masalah dengan Autentikasi Dua Faktor di Facebook memang bikin pusing ya. Tapi, tenang aja, ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini.

Menggunakan Verifikasi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan fitur verifikasi dari Facebook. Ini memang bukan solusi instan karena kamu harus menunggu peninjauan dari Facebook yang bisa memakan waktu hingga 24 jam.

Setelah melakukan verifikasi, kamu perlu menunggu balasan dari Facebook yang akan dikirim via email. Jika berhasil, kamu bisa kembali mengakses akunmu dan disarankan untuk menonaktifkan fitur Autentikasi Dua Faktor untuk menghindari masalah serupa di masa depan​​.

Ini langkah-langkah detailnya:

  1. Buka Halaman Login Facebook: Pertama, coba untuk login seperti biasa dengan memasukkan email dan password akunmu.
  2. Pilih ‘Mengalami Masalah?’: Setelah diminta kode autentikasi dan kamu tidak bisa menyediakannya, cari dan klik opsi “Mengalami masalah?”.
  3. Ikuti Instruksi untuk Verifikasi: Facebook akan mengarahkanmu ke halaman verifikasi. Di sini, kamu harus mengisi formulir dengan informasi yang diminta, termasuk mengunggah tanda pengenal yang valid.
  4. Menunggu Respon Facebook: Setelah mengirimkan permohonan verifikasi, kamu harus bersabar menunggu peninjauan dari Facebook. Proses ini bisa memakan waktu hingga 24 jam atau lebih.
  5. Periksa Email untuk Balasan dari Facebook: Facebook akan mengirimkan informasi tentang status permohonanmu melalui email. Jika berhasil, kamu akan diberi instruksi untuk mengakses kembali akunmu.

Meskipun proses ini tidak selalu menjamin akunmu akan langsung pulih, ini merupakan salah satu langkah yang paling efektif dalam mengatasi masalah autentikasi dua faktor.

Membuat Akun Facebook Baru

Jika upaya verifikasi ditolak atau kamu sudah tidak bisa mengakses nomor telepon yang terdaftar, cara terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah membuat akun Facebook baru.

Memang, ini bukan opsi yang diinginkan, terutama jika kamu telah memiliki banyak kenangan di akun lama.

Tapi jika semua cara sudah tidak memungkinkan, ini bisa menjadi jalan keluar. Pastikan untuk menggunakan nomor telepon yang aktif dan selalu update nomor teleponmu di pengaturan akun agar kejadian serupa tidak terulang​​.

Begini caranya:

  1. Buka Halaman Pendaftaran Facebook: Kunjungi situs Facebook dan cari opsi untuk membuat akun baru.
  2. Isi Formulir Pendaftaran: Masukkan detail yang diminta seperti nama, nomor telepon atau email, password, tanggal lahir, dan gender. Untuk nomor telepon atau email, pastikan menggunakan yang masih aktif dan bisa diakses.
  3. Verifikasi Akun: Setelah mendaftar, Facebook akan meminta kamu untuk memverifikasi akun baru melalui SMS atau email. Ikuti instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan proses verifikasi.
  4. Pengaturan Akun Baru: Setelah verifikasi, kamu bisa mulai mengatur profil dan privasi akun baru sesuai keinginan. Jangan lupa untuk menambahkan teman dan memulihkan konten dari akun lamamu jika memungkinkan.

Atau kamu juga bisa membaca artikel kami sebelumnya yaitu Cara Jitu Mengembalikan Akun Facebook yang Hilang siapa tahu kamu bisa mendapatkan akun mu kembali.

Cara Lain dari Pengalaman Pengguna

Seorang pengguna membagikan pengalamannya dalam menghadapi situasi serupa, di mana dia terus menerus mengajukan permohonan ke Facebook dengan menyertakan identitas diri.

Meski sempat merasa hopeless, dia tidak menyerah dan terus mengirim permohonan setidaknya dua kali sehari dari perangkat yang berbeda.

Langkah ini dilakukan agar Facebook bisa melihat IP Address dan meyakini bahwa dia adalah pemilik akun yang sah.

Selain itu, pengguna ini juga mengirimkan laporan ke Facebook dengan menyertakan bukti identitas diri dan informasi akun lainnya. Akhirnya, setelah beberapa kali penolakan, akunnya berhasil dibuka kembali​​.

Langkah yang diambil pengguna ini menunjukkan bahwa ketekunan dan penyertaan bukti identitas yang memadai bisa menjadi kunci dalam memulihkan akun yang terkunci.

Namun, penting untuk diingat bahwa proses ini bisa memakan waktu dan memerlukan kesabaran.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu, Sobat. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan akun dengan menggunakan informasi kontak yang aktual dan mudah diakses olehmu. Good luck!



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks