Kerjasama Telkom-Scala: Akselerasi Pertanian Digital Indonesia

Telkom dan Scala Jepang
EVP Digital Business & Technology Telkom Komang Budi Aryasa (kiri) dan Direktur & Presiden Scala Jepang Norikatsu Nagino (kanan) usai penandatangan kerja sama antara Telkom dan Scala Jepang dalam inovasi bagi ekosistem pertanian di Indonesia, disaksikan Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid (tengah) di Jakarta, Senin (1/4).

Jakarta – Dalam langkah signifikan menuju transformasi digital sektor pertanian, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom Indonesia) bersama Scala, Inc Japan (Scala Jepang), mengumumkan kolaborasi mereka untuk membawa inovasi ke ekosistem pertanian di Indonesia.

Kerjasama ini diharapkan menjadi solusi untuk tantangan yang dihadapi oleh sektor pertanian, termasuk masalah ketahanan pangan yang menjadi perhatian utama.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Sebagai sebuah negara dengan latar belakang agraris, Indonesia dikenal dengan potensinya yang besar di sektor ini, namun masih terbelenggu oleh beberapa kendala seperti akses pasar yang terbatas, kurangnya informasi mengenai harga dan permintaan, serta inefisiensi dalam rantai pasok dan distribusi.

Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, mengungkapkan optimisme terhadap kolaborasi ini, “Kerja sama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang turut mempercepat misi kami dalam mengakselerasi ekosistem digital di sektor pertanian Indonesia. Penandatanganan perjanjian ini akan memperkuat upaya kami dalam menyediakan solusi digital yang inovatif dan menguntungkan bagi para petani. Pemanfaatan teknologi terdepan seperti Artificial Intelligence, Internet of Things, dan Big Data Analytics, akan meningkatkan produktivitas, meningkatkan ketahanan pangan Indonesia, dan yang paling penting akan membuka peluang baru dalam pertanian yang akan berdampak pada kesejahteraan petani Indonesia.”

Kolaborasi ini menjanjikan peningkatan ekosistem agrikultur digital di Indonesia, dengan memfokuskan pada pengembangan layanan farm management untuk mengorganisasi aset pertanian, mendorong kapasitas produksi, dan mengefisiensikan proses bisnis di sektor agrobisnis.

Selain itu, kedua belah pihak juga berencana untuk mengeksplorasi usaha baru dalam bisnis agrikultur dengan memanfaatkan platform Agree, dengan fokus awal pada pasar induk virtual.

Norikatsu Nagino, Direktur & Presiden Scala Jepang, menyatakan, “Kolaborasi kami dengan Telkom menandai awal perjalanan transformatif bagi sektor pertanian Indonesia. Kemitraan strategis antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang akan menciptakan solusi berkelanjutan untuk memberdayakan petani dan menjamin ketersediaan pangan bagi generasi mendatang.”

Agree, platform dari Telkom Indonesia, telah terbukti mampu mengatasi berbagai tantangan di sektor agrikultur dengan menyediakan ekosistem komprehensif yang bertujuan untuk menjadi katalis bagi pertanian berkelanjutan.

Hingga tahun 2024, Agree telah digunakan oleh lebih dari 29 ribu petani, peternak, dan pembudidaya, serta menjalin kolaborasi dengan lebih dari 280 mitra perusahaan agribisnis.

Di sisi lain, Scala, sebagai perusahaan IT yang menerapkan pendekatan co-creation, telah memperluas inisiatifnya di Asia dan secara global, terutama dalam industri agrikultur, pendidikan, dan kesehatan, dengan fokus khusus pada pembangunan ekosistem pertanian digital.

Baca juga: Katalog Elektronik Versi 6.0 LKPP untuk Revolusi e-Purchasing Pemerintah

Kerjasama antara Telkom Indonesia dan Scala Jepang ini menjanjikan era baru bagi pertanian Indonesia, dengan menggabungkan keahlian teknologi dan inovasi untuk menghadirkan solusi-solusi yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi petani dan seluruh pemangku kepentingan di sektor pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks