Komitmen Telkom Dukung Transformasi Digital Indonesia Melalui Leap-Telkom Digital

Leap Telkom Digital Indonesia

Pemerintah Indonesia berupaya keras untuk mencapai mimpi menjadi negara maju di usia ke-100 pada tahun 2045. Sebagai bagian dari usaha tersebut, inisiasi era industri 4.0 dilakukan untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan bangsa. Kedaulatan digital menjadi fokus utama, yang mencakup peningkatan konektivitas, keterampilan, literasi, dan tata kelola data digital.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berkomitmen mendukung pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan digital melalui Leap-Telkom Digital (Leap). Sebagai umbrella brand dari produk dan layanan digital Telkom, Leap diluncurkan untuk mengakselerasi ekosistem digital yang merata di berbagai sektor di Indonesia.

Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid, menyampaikan komitmen Telkom dalam membantu pemerintah menciptakan kedaulatan digital pada perhelatan Hannover Messe 2023 di Jerman. Telkom bertransformasi menjadi digital telco dengan strategi yang fokus pada digital connectivity, digital platform, dan digital services. Leap mencakup berbagai sektor hingga pemerintahan, dengan tujuan untuk melompat menjadi perusahaan digital telco yang bermanfaat bagi negara dan masyarakat.

Berita Lain:

Leap membawa misi Telkom untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat melalui produk dan layanan digital. Produk-produk Leap diperkenalkan dalam berbagai kesempatan di event internasional, seperti Dubai Expo, London Tech Week, dan Hannover Messe 2023.

Leap menyentuh sektor penting untuk mengorkestrasikan ekosistem digital, seperti sektor UMKM melalui PaDi UMKM, Agree untuk sektor agrobisnis, dan Logee bagi sektor logistik. Kedaulatan digital juga diakselerasi lewat pemanfaatan teknologi terkini, seperti Internet of Thing (IoT) melalui Antares sebagai platform IoT dengan fitur dan kapasitas data tanpa batas.

Fajrin berharap Leap dapat mengakselerasi perkembangan ekosistem digital yang merata di Indonesia dan menjadi jawaban atas tantangan-tantangan digital yang ada. Produk dan layanan digital Leap dapat dilihat melalui https://leap.digitalbisa.id/.

Melalui Leap, Telkom juga berupaya untuk meningkatkan literasi digital dan keterampilan di berbagai sektor, terutama bagi generasi muda. Program pelatihan dan workshop yang diselenggarakan secara rutin bertujuan untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan di era digital.

Selain itu, pemerintah Indonesia bersama Telkom juga menggandeng berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintahan, dalam mengembangkan infrastruktur digital. Kerja sama antar lembaga ini diharapkan dapat mempercepat proses transformasi digital di tanah air serta membantu mewujudkan konektivitas yang lebih baik di seluruh wilayah Indonesia.

Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, Indonesia terus berupaya untuk memperkuat posisinya di panggung internasional. Melalui Leap-Telkom Digital dan berbagai inisiatif digital lainnya, Indonesia diharapkan dapat meningkatkan daya saingnya di era Industri 4.0. Kehadiran Leap juga menjadi bukti nyata konsistensi Telkom dalam mendukung pemerintah dalam mengakselerasi transformasi digital di tanah air.

Selain mengembangkan produk dan layanan digital, Telkom juga berfokus pada aspek keamanan dan tata kelola data digital. Langkah ini penting untuk menjaga kepercayaan pengguna dan memastikan bahwa data pribadi pengguna tetap aman dan terlindungi. Keamanan data juga menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan kedaulatan digital yang sejati.

Dalam upaya mewujudkan Indonesia yang lebih maju, inovasi dan kolaborasi menjadi kunci sukses untuk menghadapi era digital. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, BUMN, swasta, dan masyarakat, sangat diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Melalui Leap, Telkom berharap dapat menjadi salah satu motor penggerak untuk menciptakan ekosistem digital yang inklusif, merata, dan berkelanjutan di Indonesia.

Leap Telkom Digital
Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid (kedua dari kiri) menjadi salah satu pembicara dalam perhelatan Hannover Messe 2023, di Jerman, bulan April lalu. Dalam ajang pameran industri terbesar di Eropa tersebut, Fajrin menyampaikan bahwa Telkom sebagai BUMN berkomitmen untuk menjadi penggerak utama terciptanya kedaulatan digital di Indonesia melalui berbagai potensi yang dimiliki Telkom, termasuk infrastruktur jaringan dan layanan digital terbaik di berbagai sektor.


Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks