Fitur Kamera Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra

  • Whatsapp
Fitur Kamera Samsung Galaxy S21
Samsung Galaxy S21 Series datang dengan fitur kamera yang mumpuni dengan kemampuan merekam video profesional yang dapat diandalkan.

Sebelumnya kami sudah membahas perbandingan spesifikasi dari Samsung Galaxy S21, S21 plus dan S21 Ultra yang datang dengan berbagai peningkatan baik performa, fitur dan juga teknologi lainnya.

Perangkat baru tiba dengan pembaharuan inovasi teknologi yang dibawannya, terlebih pada model ultra yang sudah kompetibel dengan S-Pen walaupun dengan kemampuan yang tidak sama seperti S-Pen Galaxy Note.

Bacaan Lainnya

Salah satu yang menjadi sorotan pada Galaxy S21, S21 plus dan S21 Ultra adalah kameranya. Untuk itu kami akan mengulas fitur kamera dari Galaxy S21 series yang kami himpun dari lamqn XDA Developers.

Fitur Kamera Samsung Galaxy S21 Series

Fitur Kamera Samsung Galaxy S21

Single Take 2.0

Fitur Single Take diperkenalkan pada tahun lalu.
Dengan fitur Ini memungkinkan pengguna untuk menangkap skenario yang berubah cepat dengan merekam klip video pendek hingga 10 detik, bukan hanya satu foto dan kemudian membiarkan mereka memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hadirnya seri Galaxy S21, Samsung telah mengumumkan Single Take 2.0 yang sekarang menangkap lebih banyak frame setiap detiknya.

Selain itu, fitur ini juga merekam bagian tersebut sebagai klip video gerak lambat sehingga pengguna dapat membuat dan mengambil gambar detail dengan efek dramatis dari gerakan lambat tersebut

8K Video Snap

Perangkat Galaxy S21 series kini bisa merekam video pendek sampai dengan 8K. Klip video ini mampu menangkap gambar dengan resolusi 8K atau sekitar 32 MP tentu saja dengan hasil yang tajam.

Mode Potret yang Ditingkatkan dan Bokeh mirip DSLR

Menariknya, Samsung mengklaim telah meningkatkan mode potret pada Galaxy S21 series. Sekarang perangkat telah menggunakan AI yang digunakan untuk meniru kamera profesional.

Ponsel ini menggunakan AI untuk kedalaman tiga dimensi, dengan penginderaan untuk mendapatkan keburaman latar belakang yang tampak lebih alami.

Selain itu, AI juga meningkatkan potret agar terlihat seperti diambil di bawah pencahayaan studio.

Dan, smartphone Galaxy S21 juga menerima berbagai efek pencahayaan wajah dalam mode potret, mirip dengan efek pencahayaan panggung yang sudah dipopulerkan oleh iPhone. Terdapat tiga model pencahayaan yang dapat digunakan, High-key mono, Low-key mono, dan Backdrop untuk hasil seperti studio.

Sensor Samsung ISOCELL HM3 108MP pada Galaxy S21 Ultra

Dengan seri Galaxy S21, Samsung mengumumkan sensor ISOCELL HM3 terbaru yang menggantikan ISOCELL HM2. 

Sensor ISOCELL HM3 berukuran 1 / 1,33 ″ dengan piksel berukuran 0,8μm – seperti sensor ISOCELL HMX dan HM1 . Dengan bantuan binning piksel 9-in-1, sensor menangkap gambar 12MP secara default dengan piksel resultan besar berukuran 2,4μm.

Meskipun ISOCELL HM3 menyerupai sensor HMX dan HM1 dalam hal spesifikasinya, ia hadir dengan peningkatan warna dan persepsi pencahayaan.

Selain teknologi ISOCELL Plus yang meningkatkan efisiensi sensor, ia mendukung perekaman warna 12-bit dan memungkinkannya menangkap warna 64x lebih banyak daripada generasi sebelumnya. Selain itu, Smart ISO Pro memperluas jangkauan untuk fotografi HDR sementara fitur Super PD Plus memungkinkan pemusatan otomatis 50% lebih akurat.

Fotografi HDR 12-bit dan RAW 12-bit

Pada Samsung Galaxy S21 Ultra juga diberi kemampuan untuk menangkap foto dengan bidikan HDR dan RAW dalam 12-bit. Artinya, gambar dalam mode ini akan memiliki sekitar 68 juta warna – atau 64 kali lipat warna dalam gambar 10-bit.

Seperti yang bisa Anda perkirakan, ini memungkinkan transisi yang lebih halus antara satu warna ke warna lain pada foto, yang pada dasarnya menghilangkan noise warna ke tingkat yang lebih tinggi. Pengguna rata-rata mungkin tidak dapat mendeteksi perbedaan antara warna 10-bit dan 12-bit, tetapi peningkatan ini sangat penting bagi fotografer profesional.

Kamera telefoto ganda dan Zoom Luar Angkasa 100x

Samsung memperkenalkan kembali Zoom Luar Angkasa 100x dengan Galaxy S21 Ultra. Perangkat memiliki fitur kamera periskop 10x yang lebih canggih untuk gambar jarak jauh yang lebih tajam. Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu kamera telefoto tercanggih yang tersedia di perangkat genggam apa pun.

Sebagai tambahan, Samsung juga menawarkan kamera telefoto sekunder dengan zoom optik 3x. Perusahaan mengklaim ada transisi yang mulus dan otomatis antara dua kamera telefoto berdasarkan tingkat zoom atau rentang fokus yang Anda coba bidik.

Zoom Lock

Untuk memastikan bahwa jarak fokus yang jauh tidak menghalangi kemampuan pengguna untuk menggeser dan fokus, Galaxy S21 Ultra hadir dengan stabilisasi yang didukung AI untuk meningkatkan OIS. 

Smartphone ini juga memiliki fitur “Zoom Lock” yang juga menggunakan AI untuk menambahkan sedikit penundaan saat menggerakkan smartphone untuk memastikan panning halus dan tidak goyah.

Samsung mengklaim fitur Zoom Lock akan memberikan stabilisasi seperti tripod, yang mungkin benar-benar terjadi. Lihat demonstrasi fitur di artikel langsung Samsung Galaxy S21 Ultra kami atau video di bawah ini:

Fitur Video Pada Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra

Rekaman video Tanpa Batas Waktu

Dalam hal perekaman video, Samsung Galaxy S21 hadir untuk mendukung pengambilan video tanpa batas waktu, tak perlu khawatir saat merekam video yang akan terputus secara otomatis, karena hal itu tidak akan terjadi lagi dan pengguna dapat terus merekam selama yang ia mau.

Dirextor’S View

Fitur ini akan memungkinkan pengguna merekam video menggunakan beberapa kamera dan dari sudut pandang yang berbeda. Secara bersamaan, fitur ini juga memberikan kebebasan kepada pengguna untuk beralih di antara kamera mid-roll mana pun tanpa harus menghentikan atau menjeda video.

Tentu saja ini sangat mendukung aktivitas shoot video yang pengguna lakukan.

Tampilan Vlogger

Yang paling menarik, jika anda adalah seorang konten kreator. Samsung Galaxy S21 series hadir untuk Anda, karena ponsel ini hadir dengan kemampuan yang sangat mendukung para pembuat konten video.

Smartphone Galaxy S21 memungkinkan pengguna untuk menggunakan kamera depan bersama dengan kamera belakang. Ini memungkinkan produser konten video, terutama vlogger – yang dinamai mode ini, untuk menangkap reaksi mereka sambil merekam sesuatu dari kamera belakang.

Rekaman multi mic

Dengan seri Galaxy Note 20, Samsung meluncurkan mode Video Pro. Dalam mode itu, pengguna dapat beralih di antara mode mikrofon yang berbeda saat merekam video. 

Seri Galaxy S21 selangkah lebih maju dengan fitur ini yang memungkinkan pengguna menggunakan beberapa mikrofon untuk digunakan sebagai sumber audio secara bersamaan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda akan dapat merekam audio dengan mikrofon di smartphone dan Buds Pro secara bersamaan.

Rekaman 4K pada 60fps di semua Lensa kamera

Fitur selanjutnya membuat kelima kamera di Samsung Galaxy S21 Ultra dapat merekam video 60fps yang sangat mulus pada resolusi 4K. 

Di samping fitur-fitur yang disebutkan di atas, seperti perekaman video tanpa batas dan Director’s View, perekaman video 4K @ 60fps menjadikan Galaxy S21 Ultra perangkat tertinggi untuk perekaman video tentu saja ini sangat didambakan oleh konten kreator atau bahkan seorang youtuber.

Akhir Kata

Fitur kamera yang hadir pada Samsung Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra hadir dengan kemampuan yang sangat dinantikan oleh para Vlogger, tentu saja ini menjadi perangkat yang kami rasa dibutuhkan para pembuat konten video hanya dengan handphone.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *