Poco M3 Vs Samsung A21S Berdasarkan Spesifikasi dan Harga

  • Whatsapp
Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A21s

Ditahun 2020 banyak ponsel rilisan baru dengan spesifikasi yang menarik. Jika kamu ingin mendapatkan ponsel yang tepat, maka kamu dapat melihat perbandingan dari Poco M3 dan Samsung A12. Ponsel yang dirilis di tahun yang sama ini tentu perlu dipertimbangkan.

Kemunculan gadget dengan fitur terbaru tentunya membuat kamu ingin segera upgrade ponsel kamu. Agar kamu dapat memilih ponsel yang tepat, kamu dapat mendapatkan informasi yang tepat untuk mengetahui fitur yang ditawarkan. Selain itu, harga juga menjadi faktor penting sebagai bahan pertimbangan.

Read More

Perbandingan Poco M3 Vs Samsung A21S

Spesifikasi dan Harga Poco M3 Vs Samsung A21s (1)

Sama-sama diluncurkan di tahun 2020 dengan kisaran harga dibawah 3 jutaan, Poco M3 dan Samsung A21S tentu mencuri banyak perhatian. Kedua smartphone ini memiliki fitur yang tidak jauh berbeda. Untuk memilih salah satu dari kedua gadget ini, maka kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu.

Desain, Layar, Ukuran, dan Material Pembuatan

Kedua ponsel ini memiliki dimensi yang hampir sama yaitu 162,3 Х 77,3 Х 9,6 mm untuk Poco M3 dan 163,7 Х 75,3 Х 8,9 mm untuk Samsung A21S. Ukuran layar dua gadget ini juga sama yaitu 6,5 inchi. Samsung Galaxy A21s hadir dengan layar berpanel PLS TFT dengan resolusi 720 x 1600 piksel. Sedangkan Poco M3 hadir dengan panel LCD IPS dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 1080 x 2340 piksel.

Performa Chipset Prosesor dan RAM

Kedua ponsel ini telah menggunakan sistem operasi Android 10. Poco M3 menggunakan MIUI 12 sedangkan Samsung Galaxy A21s menggunakan One UI 2.0. Octa Core menjadi Central Processor Unit yang digunakan pada dua gadget ini. Prosesor grafis yang digunakan oleh Poco M3 adalah Adreno 610 sedangkan untuk Samsung A21s menggunakan Mali-G52.

Baik Poco M3 maupun Samsung A21s hadir dengan triple slot sehingga dapat menyematkan dual SIM Card dan memori eksternal. Memori internal untuk Poco M3 terdiri dari 64 GM dengan RAM 4 GB, dan 128 GM dengan RAM 4 GB. Sedangkan untuk Samsung A21s tersedia dengan kapasitas penyimpanan 32 GB RAM 3 GB, 64 GB RAM 4 GB, dan 64 GB RAM 6 GB.

Kamera dan Fitur

Dari segi kamera, Samsung A21S lebih unggul karena dibekali dengan empat kamera dengan hasil potret yang berkualitas. Lensa utama memiliki resolusi 48 MP yang sudah dilengkapi dengan phase detection auto focus. Selanjutnya, A21S juga memiliki lensa ultra wide angle dengan resolusi 8MP dan lensa makro dengan resolusi 2 MP.

Sedangkan pada Poco M3, memiliki tiga kamera saja dengan resolusi kamera utama 48 MP. Dua kamera lainnya memiliki resolusi 2 MP yaitu lensa makro dan depth. Jika digunakan untuk memotret, secara bawaan maka akan memperoleh foto dengan resolusi 12 MP. Teknologi four in one pixing yang dimiliki Poco M3 membuat hasil foto dengan warna yang dinamis.

Fitur dan Sensor

Poco M3 dan Samsung A21s sudah menggunakan SIM ganda dengan dukungan jaringan GSM, HSPA dan LTE.  Keduanya sudah memiliki dukungan terhadap GPRS, WiFi, GPS, dan USB. Penggunaan USB Pada Poco M3 menggunakan tipe C 20, USB On The Go sedangkan untuk Samsung A21s menggunakan konektor reversible Tipe-C 1.0.

Kedua ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan bluetooth 5.0 A2DP, LE. Sensor sidik jari sudah tersedia pada ponsel ini. Untuk Poco M3, sensor sidik jari berada di bagian samping, sedangkan untuk Samsung A21s sidik jari terpasang di bagian belakang body. Poco M3 dilengkapi dengan fitur infrared. Samsung A21s sudah dilengkapi dengan NFC sedangkan Poco M3 tidak.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Kapasitas baterai Poco M3 lebih tinggi jika dibandingkan dengan Samsung A21S. Poco M3 dibekali baterai dengan kapasitas 6000 mAh sedangkan samsung A21S memiliki kapasitas baterai 5000 mAh. Perbedaan ini memang sangat signifikan. Kedua perangkat ini juga sudah mendukung fitur fast charging.

Baca juga: Poco M3 vs POCO X3 NFC Mana yang Lebih Bagus?

Harga Poco M3 Vs Samsung A21S

Harga Poco M3 Vs Samsung A21S memang cukup bersaing. Xiaomi Poco M3 dibanderol dikisaran harga 2,1 – 2,4 juta. Sedangkan untuk Samung A21S berada dikisaran harga 2,8 juta rupiah saja. Tentu kamu dapat mempertimbangkan mana ponsel yang kamu inginkan dengan harga yang tidak jauh berbeda.

Cek Harga Poco M3ShopeeLazadaBlibli
Cek Harga Samsung A21sShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan

Tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Poco M3 dan Samsung A21. Dengan mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan berikut, tentu akan membantu kamu untuk menentukan pilihan ponsel terbaik.

Kelebihan Xiaomi Poco M3

  • Kapasitas baterai cukup besar yaitu 6000 mAh dan sudah mendukung fitur fast charging.
  • Resolusi layar lebih bagus jika dibandingkan dengan Samsung A21S.
  • Memiliki kapasitas penyimpanan dan RAM yang lumayan besar.
  • Sudah menggunakan corning gorilla glass sehingga layar lebih aman dari goresan.
  • Memiliki fitur Face Unlock.
  • Mendukung fast charging sehingga dapat menghemat waktu pengisian daya.
  • Dihadirkan dengan fitur Sunlight Mode sehingga membuat pengguna tetap nyaman melihat konten pada layar di bawah terik matahari.

Kekurangan Xiaomi Poco M3

  • Memiliki 3 kamera saja, walaupun kamera utama beresolusi 48 MP namun 2 lainnya hanya beresolusi 2 MP sehingga masih ketinggalan jika dibandingkan dengan ponsel keluaran 2020 lainnya.
  • Tidak memiliki fitur NSC sehingga pengguna yang terbiasa melakukan transaksi dengan e-money atau sejenisnya kurang terbantu dengan ponsel ini.
  • Tidak mendukung tekonologi 5G.

Kelebihan Samsung A21

  • Memiliki 4 kamera beresolusi tinggi untuk mengasilkan foto yang berkualitas.
  • Penggunaan PLS TFT pada Samsung A21 lebih hemat baterai jika dibandingkan dengan penggunaan IPS LCD pada smartphone pada umumnya.
  • Dilengkapi dengan fitur NSC sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi dengan e-money atau sejenisnya.
  • Samsung Galaxy A21 dihadirkan dengan teknolgi Face Unlock.
  • Memiliki dual SIM dan dapat memasang memori eksternal sekaligus.

Kekurangan Samsung A21

  • Walaupun Samsung A21s mendukung fitur fast charging, namun kapasitas baterai hanya 5000 mAh, tentunya masih jauh jika dibandingkan dengan Poco M3.
  • Masih menggunakan layar dengan panel TFT yang masih dibawah IPS LCD yang biasanya digunakan oleh ponsel dengan harga terjangkau.
  • Kapasitas penyimpanan tidak lebih besar dari Poco M3 dan ponsel pada umumnya yang saat ini sudah mencapai kapasitas 128 GB.
  • Tidak mendukung tekonologi 5G.
  • Tidak dilengkapi dengan corning gorilla glass.
  • Kamera tidak dilengkapi dengan stabilizer.

Kesimpulan

Dengan harga yang hampir sepadan, kamu dapat memilih Poco M3 karena memiliki fitur yang lebih unggul. Kamera pada Samsung Galaxy A21s memang lebih baik, namun kapasitas penyimpanannya tidak lebih besar dari Poco M3. Namun, semua itu kembali kepada kebutuhan kamu. Keduanya cukup mumpuni dan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk kebutuhan komunikasi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *